Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaLibur Imlek, Polisi Gelar Rapid Antigen Gratis Secara Acak di Rest Area

    Libur Imlek, Polisi Gelar Rapid Antigen Gratis Secara Acak di Rest Area

    Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menyiapkan sejumlah anggotanya selama masa liburan Tahun Baru China jatuh pada hari Jumat 12 Februari dan disusul libur akhir pekan 13-14 Februari 2021. 

    Menurut Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal  Istiono, dengan adanya libur panjang, Korlantas tidak hanya melakukan pengamanan selama di jalanan namun juga melakukan langkah-langkah antisipasi pencegahan penyebaran virus Covid-19, dengan cara rapid test antigen.

    “Antisipasi libur panjang ini, kami sudah lakukan antisipasi yaitu kita lakukan random tes, di rest area. Di beberapa rest area di jalan tol akan kita lakukan rapid test antigen,” ungkap Istiono seperti dilansir situs Korlantas Polri. 

    Tidak disebutkan secara rinci di mana saja titik pemeriksaan random test antigen akan dilakukan. Akan tetapi kata Istiono, pemeriksaan ini rest akan diterapkan di jalan tol area pulau Jawa. Dengan adanya tes antigen di beberapa rest area, diharapkan dapat mengurangi lonjakan Covid-19.

    “Kita lihat sama-sama genose rapid secara random diberikan kepada penumpang. Nah, aturan SE 3 khusus untuk Bali wajib, baik darat maupun udara. Kemudian untuk di Jawa sifatnya random. Kemudian untuk umum dan pribadi juga random,” kata Istiono.

    Istiono juga menyatakan, beberapa titik keberangkatan di setiap jalur darat juga dipersiapkan untuk pencegahan, tak terkecuali Terminal Pulo Gebang yang dikatakan sudah cukup baik dalam melakukan langkah-langkah protokol kesehatan COVID-19 yang harus dilakukan oleh penumpang.

    Oia, rapid test antigen ini dilakukan secara gratis alias tidak dipungut biaya. 

    Persiapan rekayasa lalu lintas

    Meski pemerintah tidak menganjurkan untuk melakukan liburan, termasuk perayaan Imlek. Namun besar kemungkinan moment tersebut tetap akan dilakukan sebagian masyarakat untuk berpelesiran.

    Maka dari itu, untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow baik dari arah timur atau barat. 

    “Mulai hari Kamis, diperkirakan akan ada lonjakan arus penumpang menuju ke arah timur (Jabar),” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

    Oleh karena itu, Polda Metro Jaya menyiapkan pos-pos keamanan antara lain KM 10, KM 19 rest area dan KM 29, serta antisipasi jika terjadi kecelakaan atau kemacetan, maka jalan akan dilakukan buka tutup.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here