Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    BeritaEver Betters Cars dari Toyota Lengkapi Pilihan Berkendara Menyenangkan di Indonesia

    Ever Betters Cars dari Toyota Lengkapi Pilihan Berkendara Menyenangkan di Indonesia

    News.OLX.co.id – Indonesia mendapat kado ulang tahun kemerdekaan ke-76 yang spesial dari Toyota Indonesia berupa kehadiran brand baru bernama Toyota Gazoo Racing (GR). 

    Toyota Gazoo Racing resmi hadir di Indonesia, Kamis, 18 Agustus 2021 melalui channel Youtube Toyota Indonesia. 

    Lini baru dari Toyota ini menjadi bagian dari upaya pabrikan mobil nomor satu dunia tersebut dalam menghadirkan ever-better cars yang menyenangkan, serta memenuhi kebutuhan pelanggan yang berjiwa sporty di Indonesia melalui 8 model.

    Line up tersebut terdiri dari GR Supra, Raize GR Sport, GR Yaris, Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport dan yaitu Veloz GR Limited yang dijual dengan jumlah terbatas.

    “Setelah 6 tahun resmi berdiri dan berkompetisi di berbagai ajang motorsport global, hari ini kami hadirkan Toyota Gazoo Racing untuk masyarakat Indonesia,” sambut President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.

    Sejarah Toyota Gazoo Racing

    Toyota Gazoo Racing - Sejarah

    Sejarah terbentuknya Toyota Gazoo Racing dimulai pada tahun 2007. Gazoo Racing merupakan nama tim balap Toyota yang dipersiapkan untuk berlaga di Nurburgring. 

    Uniknya tim racing Toyota ini tidak diisi dengan nama-nama pembalap profesional, melainkan karyawan Toyota Motor Corporation (TMC), termasuk Akio Toyoda, petinggi sekaligus pewaris tahta dari perusahaan otomotif paling besar di Jepang tersebut. 

    Saat itu tidak banyak yang tahu jika Akio Toyoda adalah pewaris Toyota karena menggunakan nama samaran, Morizo. 

    Uniknya lagi, mobil yang dipakai untuk balapan bukanlah mobil Toyota keluaran terbaru, melainkan Toyota Altezza yang notabene sudah disuntik mati pada tahun 2005. 

    Sejak Toyoda menjabat sebagai Presiden Toyota di tahun 2009, ruang lingkup Gazoo Racing berkembang lebih pesat dan mendapat perhatian khusus. 

    Dan pada tahun 2015, semua kegiatan motor sport di bawah brand ini, seperti Gazoo Racing, Toyota Racing dan Lexus Racing dilebur dalam satu payung besar bernama Gazoo Racing. 

    Dua tahun sejak berdiri sebagai brand baru Toyota, Gazoo Racing kemudian mulai melakukan pengembangan kendaraan berperforma tinggi. Dan sebagai perusahaan in-house, Gazoo Racing memperkuat independensinya dan berkontribusi dalam pembuatan mobil Toyota dengan merek GR.

    Dan di 2019, Gazoo Racing akhirnya merilis mobil eksklusif GR Supra, mobil eksklusif merek GR pertama. Menyusul di 2020 GR Yaris yang menjadi mobil Gazoo Racing kedua juga diluncurkan. 

    Filosofi Dasar Toyota Gazoo Racing

    Melalui Gazoo Racing, Toyota mencoba menjawab keberagaman dan perkembangan teknologi kendaraan yang membawa spirit motorsport yang nyata banyak diidamkan oleh kaum muda dunia, termasuk di Indonesia.

    “Untuk itu, kami selalu mencoba menghadapi tantangan baru dan berjuang untuk perubahan, dengan visi membuat mobil yang sangat menyenangkan untuk dikendarai, sehingga pengemudi tidak ingin berhenti. Sebuah mobil yang akan disukai oleh banyak orang selama 100 tahun ke depan,” ujar Susumu Matsuda.

    Menuju kesana, Toyota Gazoo Racing sudah menetapkan empat filosofi dasar sebagai acuan:

    Roads Build People and People Build Cars

    Toyota Gazoo Racing (TGR) percaya ada begitu banyak jenis jalan di seluruh dunia. Masing-masing menantang untuk menjadikan mereka lebih kuat dan lebih pintar. TGR juga percaya bahwa jalan adalah guru terbesar yang membantu mengasah indra untuk membangun mobil dengan benar.

    The Harsh Environment of Racing

    Lingkungan balapan sangatlah keras. Oleh karena itu, dunia balap merupakan tempat latihan yang ideal bagi Toyota Gazoo Racing. Dalam lingkungan sangat ekstrim, banyak kejadian tak terduga terjadi dan keputusan sepersekian detik harus dibuat. Pengalaman tersebut, menantang dan menginspirasi untuk belajar sampai batas kemampuan untuk mendukung pengembangan mobil yang semakin baik.

    Dialogue with The Road

    Tidak hanya melihat dan menguji mobil di berbagai permukaan jalan yang berbeda, Toyota Gazoo Racing juga berdialog dengan jalanan. Dari jalanan pegunungan yang membekukan hingga jalur yang sangat panas melintasi gurun, di tikungan yang berkelok-kelok dan jalan lurus tidak berujung, di atas permukaan halus dan medan berbatu, mereka berdialog dengan semua jenis jalan yang menantang, menginspirasi, dan mengajarkan untuk membuat mobil yang lebih baik.

    Driver-centric

    Pengemudi merupakan fokus utama dalam sebuah pengembangan kendaraan. Toyota Gazoo Racing menciptakan mobil yang dapat dikendalikan dan membuat pengemudi merasa nyaman. Di belakang kemudi, pengemudi berkomunikasi dengan kendaraan, menggunakan semua indra. Umpan balik dari pengemudi membantu dalam membuat ever-better cars.

    Kiprah Toyota Gazoo Racing di Dunia Balap

    Toyota Gazoo Racing - WEC Champions

    Meski baru berdiri di tahun 2015, sejarah Toyota Gazoo Racing sudah dimulai di 2007. Untuk pertama kalinya, tim balap Toyota tersebut mengikuti balap ketahanan Nürburgring 24 Jam di Jerman. 

    Meski tidak melibatkan para pembalap profesional di dalamnya, melainkan hanya karyawan yang menjadi pembalap dan mekanik, termasuk Akio Toyoda yang menjadi master driver Toyota, tim ini sukses menyelesaikan lomba sampai akhir mengandalkan dua unit Toyota Altezza RS200.

    Sejak itu, TGR konsisten berpartisipasi di berbagai ajang balap dunia, dengan fokus utama di World Endurance Championship (WEC), World Rally Championship (WRC), dan Dakar Rally. 

    Prestasi yang diraih juga cukup gemilang. Di ajang WEC, TGR berhasil meraih FIA World Endurance LMP Drivers Championship (2018-2019 & 2019-2020) dan FIA World Endurance LMP1 Championship (2018-2019 & 2019-2020). 

    Lalu di ajang WRC, tim ini mampu meraih kembali gelar World Rally Championship Constructors' Champions (2018) setelah absen cukup lama yang disusul dengan capaian World Rally Championship Drivers' Champions (2019 & 2020). 

    Sedangkan di ajang Dakar Rally, untuk pertama kalinya Toyota Gazoo Racing berhasil meraih kemenangan secara menyeluruh sehingga dinobatkan sebagai Dakar Rally Winner di tahun 2019.

    Toyota Gazoo Racing Lengkapi Pilihan Berkendara di Indonesia

    Toyota Gazoo Racing - Raize GR Sport

    Dengan hadirnya brand Toyota Gazoo Racing di Indonesia, maka kini Toyota menawarkan tiga brand kepada konsumen, Toyota, Lexus dan Toyota Gazoo Racing.

    Tentunya pilihan mobil Toyota bagi konsumen sudah sangat lengkap di sektor passenger cars, mulai dari mobil LCGC, low MPV, middle MPV, high MPV, low SUV, middle SUV dan high SUV, serta di segmen mobil luxury lewat brand Lexus, dan terakhir di segmen mobil performa tinggi melalui TGR.

    PT Toyota Astra Motor (TAM) berharap dengan pilihan yang semakin lengkap, konsumen punya lebih banyak pilihan lagi dalam menunjang kebutuhan mobilitas sehari-hari.

    “Kami memahami bahwa masyarakat Indonesia memiliki kebutuhan serta ketertarikan yang lebih terhadap model kendaraan sport dan sporty. Untuk itu, hari ini dengan bangga kami hadirkan Toyota Gazoo Racing di Indonesia, untuk menjawab kebutuhan mobilitas setiap individu yang berjiwa sporty,”ungkap Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM). 

    Melalui brand barunya, TAM ingin memastikan pelanggan merasakan sensasi berkendara menyenangkan dari DNA motorsport Toyota Gazoo Racing yang sudah diterjemahkan pada line-up produk GR di Indonesia.

    Toyota Indonesia juga akan terus berkomitmen untuk selalu berinovasi menjadi lebih baik dengan menyediakan line-up produk GR yang lebih lengkap kedepannya. 

    “Kedepan, kami akan senantiasa berinovasi menjadi semakin baik, tidak hanya di tataran global namun juga di Indonesia, untuk terus memenuhi kebutuhan sports car serta model kendaraan dengan sporty feeling yang kuat, yang dapat digunakan untuk mendukung mobilitas pelanggan sehari-hari,” lanjut Henry Tanoto.

    Tak hanya itu saja, Toyota juga nantinya akan berpartisi aktif dalam dunia motorsport global dan nasional demi mendapatkan pengalaman serta pelajaran berharga yang menjadi modal utama menghadirkan ever-better cars di masa yang akan datang.

    Line-up Toyota Gazoo Racing di Indonesia

    Toyota Gazoo Racing - GR Yaris

    1. GR Supra
    2. GR Yaris
    3. Raize GR Sport
    4. Rush GR Sport
    5. Fortuner GR Sport
    6. Yaris GR Sport
    7. Agya GR Sport
    8. Veloz GR Limited

    Harga Toyota Varian GR Sport

    Avanza Veloz GR Limited

    Tipe

    Harga

    1.3 VELOZ M/T GR LIMITED

    Rp. 221.400.000

    1.3 VELOZ A/T GR LIMITED

    Rp. 232.200.000

    1.5 VELOZ M/T GR LIMITED

    Rp. 232.800.000

    1.5 VELOZ A/T GR LIMITED

    Rp. 243.800.000

    1.3 VELOZ M/T LUX GR LIMITED

    Rp. 225.450.000

    1.3 VELOZ A/T LUX GR LIMITED

    Rp. 236.250.000

    1.5 VELOZ M/T LUX GR LIMITED

    Rp. 236.850.000

    1.5 VELOZ A/T LUX GR LIMITED

    Rp. 247.850.000

    *Penyesuain harga: 8.500.000 dr sebelumnya karena perubahan desain di exterior (Aero Kit).

    Agya GR Sport

    Tipe

    Harga

    1.2 MT GR SPORT

    Rp. 154.545.000

    1.2 AT GR SPORT

    Rp. 170.390.000

    *kenaikan harga sekitar 5 juta dari sebelumnya karena penyesuaian fitur baru

    Yaris GR Sport

    Tipe

    Harga

    1.5 S M/T GR SPORT 3 Airbags

    Rp. 268.800.000

    1.5 S M/T GR SPORT 7 Airbags

    Rp. 273.400.000

    1.5 S CVT GR SPORT 3 Airbags

    Rp. 279.500.000

    1.5 S CVT GR SPORT 7 Airbags

    Rp. 284.000.000

     

    Rush GR Sport

    Tipe

    Harga

    1.5 S M/T GR SPORT

    Rp. 256.600.000

    1.5 S A/T GR SPORT

    Rp. 266.200.000

    1.5 S M/T LUX GR SPORT

    Rp. 259.180.000

    1.5 S A/T LUX GR SPORT

    Rp. 268.780.000

     

    *kenaikan harga sekitar 5 juta dari sebelumnya karena penyesuaian fitur baru.

    Fortuner GR Sport

    Tipe

    Harga

    2.4 VRZ 4X2 A/T DSL GR SPORT

    Rp. 544.200.000

    2.7 SRZ 4X2 A/T BSN GR SPORT

    Rp. 605.200.000

    2.4 VRZ 4X2 A/T DSL LUX GR SPORT

    Rp. 547.950.000

    2.7 SRZ 4X2 A/T BSN LUX GR SPORT

    Rp. 608.950.000

    *Penyesuaian harga sekitar 1 jutaan dari sebelumnya karena ada penambahan fitur.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here