Kamis, Desember 9, 2021
OLX Auto
More
    TipsManfaat dan Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

    Manfaat dan Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

    Sebuah mobil kini tak hanya sekedar alat transportasi, tapi sudah menjadi salah satu aset berharga yang harus dilakukan dijaga. Ya, untuk membeli mobil tak sedikit orang rela menabung, bahkan mereka mengeluarkan uang jutaan rupiah demi melunasi cicilan yang ternyata harganya bisa dua kali lipat.

    Namun perlu diketahui, membeli mobil tidak hanya sebatas punya dan dikendarai setiap hari. Tetapi butuh perlindungan ekstra untuk menghindari hal yang tak diinginkan. Salah satunya dengan cara membeli polis asuransi.

    Daftar Isi

    1. Pengertian Asuransi Mobil 
    2. Perbedaan Asuransi Mobil
    3. Manfaat Asuransi Mobil 
    4. Cara Memilih Asuransi

    1. Pengertian Asuransi Mobil

    Jika OLXer merasa awam memiliki mobil, sejatinya secara umum asuransi jadi hal yang patut dimiliki, kenapa?

    Merujuk catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi adalah sebuah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk :

    a. ​memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti;atau

    b. memberikan pembayaran yang didasarkan meninggal atau hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

    Nah, itulah arti dari asuransi yang notabenenya bisa sangat menguntungkan bagi para pemilik kendaraan, sehingga bisa merasa aman saat berkendara.

    Seperti diketahui juga, asuransi sudah memiliki dasar hukum dan tercatat dalam Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian, ada juga Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74/PMK.010/2007 Tentang Penyelenggaraan Pertanggung Asuransi Pada Lini Usaha Asuransi Kendaraan Bermotor, dan asuransi diawasi OJK.

    Belum lagi hal-hal mengenai aturan asuransi khususnya untuk kendaraan bisa diketahui melalui Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia yang dikeluarkan dirangkum dan disahkan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

    2. Perbedaan Asuransi Mobil

    Sebelum memilih atau membeli sebuah produk asuransi, sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya, dan memahaminya isi dari polis asuransi yang ditawarkan.

    Biasanya, untuk mengasuransi mobil, kita perlu juga mengetahui dua jenis asuransi. Apa saja berikut penjelasannya yaitu :

    1. Total Loss Only (TLO)

    Total Loss Only (TLO) atau hanya kehilangan total. Asuransi mobil ini hanya akan menanggung atau membiayai perbaikan untuk kerugian yang terjadi nilainya lebih dari 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum mengalami kerugian. Jenis asuransi ini menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri.

    2. Comprehensive/All Risk

    Comprehensive atau keseluruhan risiko. Biasanya perusahaan asuransi akan membayar klaim untuk semua jenis kerusakan, baik ringan, berat, termasuk terjadi kehilangan. 

    Jika OLXer bertanya bagaimana jika mengalami kerusakan akibat kerusuhan, huru-hara, angin topan, badai, banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, dan tanggung jawab hukum pihak ke-3, maka pilihlah penambahan perluasan jaminan dalam polis asuransi.

    3. Manfaat Asuransi Mobil 

    Memiliki polis asuransi mobil memang sangat penting. Setidaknya, saat membeli polis asuransi, maka sebagai nasabah atau tertanggung telah melakukan perjanjian dengan perusahaan asuransi, di mana perusahaan tersebut bertindak sebagai penanggung. 

    Alhasil jika mobil kita terjadi hal yang tidak diinginkan, maka penanggang akan menyelesaikan masalah pihak tertanggung. Pada dasarnya dengan menggunakan asuransi mobil, OLXer akan mendapatkan berbagai manfaat antara lain;

    1. Meminimalisir kerugian karena pencurian

    Aksi pencurian bisa saja terjadi setiap hari tanpa mengenal waktu. Karena menurut Bang Napi “Kejahatan bukan hanya karena ada niat pelaku, tapi juga ada kesempatan”.

    Nah, dengan asuransi mobil OLXer akan merasa aman, karena kendaraan yang dicuri termasuk polis asuransi yang termasuk diganti sesuai dengan perjanjian awal.

    2. Memberikan perlindungan dari risiko kecelakaan

    Dengan menggunakan asuransi, mobil akan mendapatkan perlindungan dari risiko kecelakaan yang menyebabkan mobil rusak besar atau kecil.

    3. Memberikan ketenangan dan kenyamanan

    Jika mobil telah tercover polis asuransi, maka hal ini akan memberikan kenyamanan. Pasalnya, saat mobil mengalami kecelakaan atau kerusakan, mobil bisa dijemput di lokasi, sehingga OLXer tak perlu cemas dan bingung.

    Selain itu, OLXer tak perlu panik karena kerusakan mobil dan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Karena sesuai dengan perjanjian di awal tentu akan diselesaikan oleh Asuransi.

    Dengan asuransi pula OLXer akan menghemat waktu karena tidak perlu sibuk mencari bengkel, dan keperluan lainnya.

    4. Menanggung kerusakan pihak ketiga

    Asuransi mobil juga bisa digunakan untuk tanggungan selain Anda selain pengemudi. Artinya, asuransi mobil bisa digunakan untuk pertanggungjawaban kepada pihak ketiga, seperti jika terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak lain.

    Contoh, OLXer menabrak kendaraan lain sampai mengalami kerusakan. Maka pihak asuransi akan membantu dan menanggung semua kerusakan kerugian atau kerusakan kendaraan lain.

    Tentu saja dengan adanya Asuransi, OLXer tidak perlu membiayai pihak ketiga yang ikut dalam kecelakaan tersebut.

    5. Perencanaan keuangan lebih matang

    Dengan memiliki asuransi, maka OLXer termasuk telah merencanakan keuangan secara lebih matang. Sebab, hal-hal pada kendaraan seperti pencurian, kecelakaan, hingga mengalami kerusakan, OLXer tak perlu pusing memikirkan biaya, karena sudah ditanggung asuransi.

    Maka dari itu, tabungan tidak akan terganggu sehingga perencanaan keuangan bisa lebih matang.

    6. Lebih tenang berkendara

    Dengan memiliki asuransi mobil biasanya membuat OLXer lebih tenang saat mengemudi di jalanan. Pasalnya, seperti kita ketahui kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan dan dimana saja. Bahkan, jika kita sudah berhati-hati, bisa saja kita jadi pihak yang dirugikan.

    Namun, dengan adanya asuransi OLXer tak perlu pusing memikirkan atau sampai mengeluarkan biaya. Sebaliknya, OLXer cukup santai dan tenang menghadapinya, apalagi sampai terpancing emosi. Sebab, asuransi akan menanggung nya.

    7. Mempertahankan harga mobil

    Manfaat asuransi juga mampu mempertahankan harga jual mobil yang setiap tahun menurun. Kenapa? Karena dengan adanya asuransi mobil kita terlindungi dari kerusakan, termasuk saat kecelakaan, bencana alam, hingga kerusuhan.

    Ya, setidaknya jika terjadi hal-hal seperti disebutkan di atas, maka dengan adanya asuransi kerusakan mobil dapat diperbaiki dan menjadi tanggung jawab mereka. Nah, jika mobil tetap dalam kondisi bagus, maka harga jual mobil pun tak akan turun drastis.

    4. Cara Memilih Asuransi

    Jika OLXer sudah mengetahui jenis dan manfaat dari asuransi, tidak ada salahnya untuk melakukan perlindungan kendaraan dengan cara membeli polis asuransi.

    Jika sekarang OLXer bingung memilih asuransi karena jumlah perusahaan asuransi yang semakin banyak dengan menawarkan berbagai jenis produknya, maka ada sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut:

    1.  Pilih perusahaan asuransi dengan reputasi baik dan memiliki kredibilitas

    Untuk memilih asuransi yang reputasi baik memiliki kredibilitas sudah pasti OLXer harus cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan tersebut, mulai dari jumlah jaringan kantor, agen asuransinya, keberadaan call center 24 jam, aplikasi online, hingga pelayanannya seperti mobil derek jika terjadi hal yang tak diinginkan.

    Menurut beberapa sumber, ada beberapa hal yang perlu dicari informasi mengenai sebuah perusahaan asuransi, yaitu Risk Based Capital, rasio likuiditas, dana jaminan, dan kondisi keuangannya.

    Namun yang tak kalah penting, ketahui juga latar belakang, dan apakah perusahaan asuransi tersebut terdaftar dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan Otoritas Jasa Keuangan.

    2. Pilih jenis asuransi

    Jika ingin membeli polis asuransi mobil pastikan sesuai dengan kebutuhan. Karena itu pilih jenis asuransi yang OLXer yakini sesuai kebutuhan apakah Total Loss Only atau All Risk.

    Perlu diingat kembali, jika memilih asuransi mobil TLO, maka biaya perbaikan untuk kerugian yang terjadi nilainya lebih dari 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian itu bisa diganti. Selain itu, jika mobil dicuri, maka asuransi akan menjamin kerugian

    Sebaliknya, jika kecelakaan atau kerusakan kecil, maka hal jangan harap OLXer mendapatkan ganti rugi atau jamin.

    Sementara jika memilih asuransi Comprehensive, maka perusahaan asuransi akan membayar klaim ‘paket lengkap’, dimana semua jenis kerusakan akan diganti, mulai dari yang ringan, rusak berat, hingga kehilangan.

    Adapun, jika ingin diganti kerusakannya apabila terkena dampak kerusuhan, huru-hara, angin topan, badai, banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, dan tanggung jawab hukum pihak ke-3, maka agar lebih optimal OLXer bisa menambahkan perluasan jaminan dalam polis asuransi Anda.

    3. Jangan tergoda premi, ketahui dan pahami polis asuransi

    Saat memilih asuransi, OLXer jangan hanya tergoda harga premi murah atau biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli asuransi setiap bulannya.

    Memang mengetahui premi asuransi penting untuk mengetahui dan menimbang berapa pengeluaran kebutuhan rumah tangga. Namun begitu, OLXer juga perlu mengetahui polis asuransi yang ditawarkan.

    Sebab, polis asuransi ini sangat penting, karena menjadi bukti perjanjian tertulis yang sah antara perusahaan asuransi (penanggung) dengan nasabah pengguna layanan (tertanggung) mengenai hak dan kewajiban antara kedua belah pihak.

    4. Pilih asuransi yang memiliki bengkel rekanan

    Saat memilih perusahaan asuransi, pastikan mereka memiliki daftar bengkel rekanan yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut baik bengkal rekanan umum dan bengkel authorized.

    Banyaknya bengkel rekanan, biasanya perusahaan asuransi sudah cukup dikenal memiliki reputasi baik, sehingga disukai baik oleh tertanggung maupun pihak bengkel.

    5. Rekomendasi dealer

    Selain menanyakan dari pihak asuransi, tidak ada salahnya OLXer juga mencari tahu soal perusahaan asuransi terbaik dari dealer.

    Sebab, dalam kasus ini dealer memiliki jam terbang bagaimana menangani kendaraan yang jadi tanggungan pihak asuransi. Selain itu, dealer juga tahu mana asuransi yang memiliki reputasi baik.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here