Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    InformasiManfaat dan Fungsi Tune Up di Mesin Mobil

    Manfaat dan Fungsi Tune Up di Mesin Mobil

    JAKARTA – Sebagai pemilik mobil, sudah pasti wajib hukumnya untuk melakukan perawatan secara rutin. Nah salah satu tips merawat mobil agar tetap prima adalah dengan melakukan tune up mesin. 

    Apa itu tune up? Apakah perlu melakukannya kepada mesin mobil? Tune up adalah kata yang berasal dari Bahasa Inggris, yaitu “Tune” dan “Up” yang artinya “Menyetel”. Jadi, bisa diartikan bahwa tune up pada mesin mobil adalah suatu cara atau prosedur yang dilakukan dalam tujuan perawatan kendaraan agar dapat mengembalikan kinerja mesin secara optimal dan fit kembali.

    Tune up dilakukan karena ketika digunakan sehari-hari, kinerja mesin pasti akan mengalami penurunan akibat berbagai faktor, beberapa di antaranya karena suhu yang tinggi, kualitas pelumas, dan juga kemacetan.

    Manfaat Tune Up Mesin Mobil

    Banyak yang bisa dirasakan manfaatnya ketika Anda rutin melakukan tune up pada mesin mobil, salah satunya adalah dapat menjaga kinerja mesin mobil agar bisa lebih maksimal kembali. Dengan begitu, mobil Anda akan terus dalam kondisi yang baik dan juga prima. 

    Selain itu, manfaat yang paling bisa dirasakan adalah, meskipun mobil Anda keluaran tahun lama, namun dengan rutin melakukan tune up, mobil Anda pun akan memiliki usia yang panjang. 

    Manfaatnya, ketika Anda ingin menjual mobil, mobil Anda masuk dalam kategori mobil bekas yang paling banyak dicari, apalagi di situs online jual beli mobil yang mengutamakan kondisi mobil prima.

    Apa bedanya tune up dengan servis berkala? 

    Keduanya jelas berbeda, servis berkala merupakan salah satu cara merawat kendaraan baik mobil atau motor, dengan melakukan pengecekan pada mesin dengan jadwal tertentu. 

    Nah, untuk penjadwalannya, servis berkala dapat dilakukan dalam waktu yang tidak tergolong lama dan juga harus sesuai dengan buku panduan kendaraan. Berbeda dengan tune up yang bisa dilakukan dengan durasi yang cukup lama, ketika memang dirasa mesin sudah mulai tidak dalam kondisi yang baik. 

    Servis berkala juga tidak kalah pentingnya, karena komponen kendaraan kita, salah satunya mobil, harus memeriksa secara rutin, begitu juga dengan melakukan penggantian oli. Tujuannya, agar kinerja mobil tetap prima, apalagi untuk Anda yang sering membawa mobil perjalanan jauh ke luar kota. 

    Fungsi Tune Up Mesin Mobil

    Menghindari Kerusakan pada Mobil

    Siapapun pasti tidak mau kalau mobil kesayangannya mengalami kerusakan, termasuk Anda bukan? Maka dari itu, penting sekali melakukan tune up mesin mobil secara berkala. Apabila Anda membiarkan kondisi mobil tanpa perawatan dalam waktu yang lama, tentunya kerusakan yang sebelumnya ringan akan berubah menjadi kerusakan yang parah. Jelas ini akan berbahaya jika Anda menggunakannya sehari-hari, apalagi untuk jarak jauh.

    Untuk durasi tune up mesin mobil, Anda bisa melakukannya 6 bulan atau 1 tahun sekali. Tapi kebanyakan menganjurkan untuk melakukannya selama 6 bulan sekali.

    Memaksimalkan Performa Mesin Mobil

    Salah satu fungsi utama tune up adalah untuk memaksimalkan performa mesin mobil. Jika mobil sering digunakan namun jarang melakukan perawatan, jelas mesinnya akan rentan mengalami kerusakan, contohnya penurunan performa mobil. Hal ini jelas memiliki dampak yang kurang baik untuk kenyamanan Anda pada saat berkendara.

    Parahnya lagi, jika mesin sudah mengalami masalah yang parah, bukan nggak mungkin kalau tiba-tiba mesin mobil Anda mati di tengah jalan. Nah salah satu cara jual mobil agar cepat laku, dengan memastikan performa mobil Anda dalam kondisi baik. Jika memang Anda berniat ingin menjual mobil.

    Memastikan Seluruh Komponen dalam Kondisi Stabil

    Fungsi lainnya dari tune up mesin mobil adalah memastikan seluruh komponen mobil dalam kondisi yang stabil dan baik. Bukan cuma itu, dengan perawatan ini, komponen pada mobil akan dapat bekerja secara optimal. Hasilnya, mobil akan terasa lebih nyaman saat kita gunakan.

    Memastikan Fungsi Saringan Udara Berfungsi dengan Baik

    Fungsi tune up yang satu lagi adalah untuk memastikan apakah saringan udara berfungsi dengan baik dan atau tidak. Apabila saringan udara rusak, maka suhu udara di dalam mobil akan meningkat. Akibatnya performa mesin mobil pun menurun.Itulah pentingnya tune up berkala.

    Menjaga Kondisi Mesin Mobil

    Nah, kita semua sepakat bahwa mesin mobil merupakan salah satu komponen yang paling penting. Apabila mesin mobil mengalami kerusakan akibat tidak terawat, dampaknya akan terjadi pada performa dan komponen mobil lainnya. 

    Jadi, sangat penting melakukan tune up mesin mobil, dengan begitu, kondisinya akan selalu terpantau. Sekalipun terjadi kerusakan, Anda akan lebih mudah memperbaikinya.

    Cara Melakukan Tune Up Mesin Mobil

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tune up mesin mobil, nah beberapa caranya sebagai berikut:

    Pengecekan pada Baterai dan Aki Mobil

    Perlu Anda ketahui, bahwa tegangan aki saat kondisi mesin mobil mati, harus berada di angka 12 Volt. Kemudian ketika kondisi mesin menyala, tegangan aki maksimal hanya boleh mencapai 14 Volt. Selain tegangan, Anda juga harus melakukan pengecekan pada kapasitas arus menggunakan battery tester. Caranya, Anda bisa melihat standar arus listrik yang digunakan pada aki Anda di cover baterai aki.

    Pengecekan pada Karburator serta Throttle Body

    Untuk mobil dengan sistem non-injeksi, Anda harus melakukan pengecekan serta pembersihan karburator secara berkala. Jangan lupa juga untuk melakukan penyetelan RPM pada karburator.

    Pengecekan pada Berbagai Fluida

    Sebagai pemilik mobil, Anda juga harus memperhatikan dan mengecek seluruh fluida yang digunakan di dalam mobil. Misalnya oli power steering, oli gardan, oli mesin, oli transmisi, hingga minyak rem.

    Pengecekan pada Tegangan V Belt

    Kenapa V belt harus selalu dicek kondisi dan tingkat tegangannya? Karena V belt yang terlalu kendor dapat berakibat fatal, maka harus segera disetel ulang. Tapi Anda perlu ingat, proses penyetelan tersebut cuma berlaku hanya pada mesin yang memiliki tensioner manual (tensioner ulir).

    Pengecekan serta Pembersihan pada Celah Busi

    Hal ini juga penting dilakukan, meskipun celah busi sudah diatur dari pabrikan, tapi karena penggunaan serta interaksinya dengan tekanan kompresi, maka kemungkinan celah busi mengalami perubahan itu akan tetap ada. Maka dari itu Anda harus selalu mengecek dan membersihkannya, agar api yang keluar dari busi tidak terlalu besar maupun terlalu kecil.

    Pengecekan serta Pembersihan Filter Udara

    Ini juga penting, bagian filter udara wajib banget Anda cek kebersihannya secara berkala. Proses pembersihannya pun mudah, Anda bisa menggunakan angin bertekanan, supaya debu-debu yang berada di permukaan filter bisa hilang.

    Pengecekan serta Penyetelan Celah Katup

    Apabila mesin mobil yang Anda gunakan itu memiliki sistem katup konvensional (mesin non-injeksi), maka wajib hukumnya bagi Anda untuk melakukan proses penyetelan celah katup. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar katup tetap berada di posisi standar.

    Menjaga kondisi mobil sangat penting untuk dilakukan. Selain membuat mobilmu jadi berumur panjang, harga jual kembalinya bisa tetap tinggi dengan menjaga kondisinya. 

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait