Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    TipsMasalah Pada Filter Udara Bisa Biang Keladi Bahan Bakar Boros

    Masalah Pada Filter Udara Bisa Biang Keladi Bahan Bakar Boros

    Salah satu komponen yang cukup penting pada sebuah mobil dan sepeda motor adalah filter udara. Dengan adanya filter udara, maka hal tersebut dapat menyaring kotoran atau debu dari udara luar yang akan masuk ke ruang pembakaran yang ada dalam mesin sebuah kendaraan.

    Namun OXLer harus tau pada dasarnya filter udara wajib  diperiksa setiap 10 ribu kilometer dan diganti setiap 20 ribu kilometer atau setiap setahun sekali mana yang paling cepat.

    Sebaliknya, jika filter udara tidak rutin diganti, maka hal tersebut ternyata dapat berimbas pada borosnya bahan bakar. Ehm, kok bisa, apa korelasinya?

    Usut punya usut, menurut Assistant Section Manager PT Denso Sales Indonesia, Yusup Budi Setio filter udara yang jarang diganti atau tidak diganti sama sekali akan memiliki kotoran yang menumpuk pada filter tersebut.

    “Akibatnya, penyaringan udara kotor dan debu tidak maksimal, selain itu, serat-serat udara pun menjadi tipis,” ujarnya.

    Kata Yusuf, dampak dari kotoran yang menumpuk pada filter udara juga bisa menyebabkan bertambahnya konsumsi bensin. Sebab, hal ini bisa terjadi karena adanya sumbatan kotoran sehingga langkah hisap piston menjadi berkurang dan tidak maksimal. 

    Karena terjadi sumbatan pada filter udara, maka mengakibatkan adanya kotoran yang masuk ke ruang bakar dan akhirnya menghambat supply udara di ruang bakar.

    Jika hal tersebut terjadi maka beban tenaga di ruang bakar terhambat dan harus mengeluarkan tenaga lebih besar sehingga bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan keadaan normal kendaraan.

    Untuk itu, ada baiknya menjaga kebersihan pada filter udara kendaraan sangat penting dan wajib diperhatikan untuk menjaga performa kendaraan.

    Sebaliknya, jika filter udara disepelekan, maka bukan tak mungkin selain bahan bakar menjadi boros, serta dapat menimbulkan domino effect seperti ruang bakar dan mesin yang bermasalah. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here