Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    BeritaMasih Lariskah Daihatsu Xenia di Indonesia?

    Masih Lariskah Daihatsu Xenia di Indonesia?

    Daihatsu Xenia boleh jadi pemain lama di pasar otomotif nasional khususnya di segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV). Bagaimana tidak, mobil yang pertama kali meluncur bersama kembarannya Toyota Avanza ini sudah hadir di Indonesia sejak 16 lalu atau meluncur pada 2003 silam.

    Hanya saja, Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza rupanya beda nasib. Lihat saja dalam dua bulan terakhir, retail sales (penjualan dealer ke konsumen) Daihatsu Xenia pada September 2019 hanya menyentuh angka 1.210 unit dan pada Oktober 2019 naik menjadi 1.635 unit. Sedangkan Toyota Avanza sendiri retail sales pada September 2019 tembus 6.900 unit dan pada Oktober 2019 mencapai 7.800 unit.

    Tentu saja ada yang heran, mengapa penjualan Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza mengalami selisih yang cukup jauh. Padahal, kedua produk tersebut berasal dari rahim yang sama yaitu dibuat di pabrik Daihatsu di Sunter, Jakarta.

    Diantara produk Daihatsu lainnya, posisi Xenia hanya ada di urutan ke-6, di bawah Daihatsu Sigra, Gran Max pikap, Terios, Ayla, dan Gran Max minibus. 

    Lantas ada apa dengan Daihatsu Xenia, mengapa penjualan tergolong kecil, apa kurang peminat?

    Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra menyatakan, bahwa saat ini Daihatsu Xenia masih banyak diminati. Hanya saja, lanjut Amel, dalam beberapa bulan terakhir Daihatsu sedang mengalami masalah untuk produksi Xenia.

    “Beberapa bulan lalu ada short supply. Produksi ADM full capacity (khususnya di Sunter),” ungkap Amel dalam pesan tertulisnya. 

    Usut punya usut, masalah produksi Daihatsu Xenia diketahui terhambat karena untuk memenuhi pasar ekspor. Dimana untuk dijual ke luar negeri, brand yang ekspor bukan merek Daihatsu Xenia melainkan Toyota Avanza.

    Kendati begitu, Amel menyatakan, untuk saat ini produksi Daihatsu Xenia sudah kembali normal, dengan kapasitas produksi bisa lebih dari 1.500 unit.

    Amel sendiri mengatakan, pasar Daihatsu Xenia masih didominasi di wilayah Pulau Jawa yang mencapai 70 persen dan 35 persen diantaranya datang dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. 

    Seperti diketahui, untuk kondisi bekas, penjualan Daihatsu Xenia masih terpantau lancar. Di situs jual beli online OLX, supply demand Daihatsu Xenia masih cukup banyak peminatnya.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here