Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    TipsMasih Perlukah Motor Dipanaskan Terlebih Dahulu?

    Masih Perlukah Motor Dipanaskan Terlebih Dahulu?

    Pemilik kendaraan khususnya sepeda motor pasti pernah melakukan rutinitas seperti halnya memanaskan sepeda motor. Apalagi, saat pertama kali mempunyai si kuda besi, rasanya tak ingin berpisah layaknya seorang kekasih.

    Tak pelak, setiap di pagi hari sepeda motor kesayangan selalu dibawa ke luar lalu dipanaskan dalam waktu beberapa menit.

    Ya, memanaskan mesin dianggap memiliki banyak karena bertujuan melakukan hal ini untuk menjadikan mesin dan beberapa komponen si kuda besi bisa tampil optimal.

    Memanaskan mesin sepeda motor, dianalogikan seperti seseorang atlet yang melakukan peregangan sebagai persiapan sebelum beraktivitas.  

    Jadi, ketika motor dipanaskan akan membuat sirkulasi oli mesin akan berjalan baik. Kalau sudah begitu kendaraan tidak akan kaget bila tiba-tiba diajak ngebut. Selain itu, memanaskan motor juga membuat komponen mesin lebih awet, lantaran tidak tiba-tiba bekerja setelah berhenti lama.

    Namun begitu, seiring perkembangan zaman, sejumlah penelitian dan teknologi terbaru menghadirkan sejumlah fakta, dimana motor-motor modern dengan teknologi mutakhir saat ini ternyata tidak perlu melakukan ritual atau memanaskan mesin motor terlebih dahulu.

    Adapun jika memang ingin memanaskan motor, maka ada perhitungannya, dan tidak boleh asal-asalan.

    Masih menurut Wahana Honda, kegiatan memanaskan motor boleh tidak dilakukan. Di mana hal ini disebabkan oleh penggunaan teknologi Fuel Injection (FI atau Injeksi), yang mana bisa membuat kendaraan roda dua tidak perlu dipanasi layaknya motor yang masih menggunakan sistem karburator.

    Dengan sistem injeksi yang telah diatur oleh Engine Control  Module (ECM) bila melakukan pemanasan kendaraan tidak perlu menarik gas secara berulang-ulang. Sebaliknya OLXer cukup biarkan motor menyala dengan sendirinya.

    Adapun untuk memanaskan sepeda motor ternyata dianjurkan untuk tidak perlu dilakukan secara berlama-lama. Sebab waktu yang baik untuk memanaskan sepeda motor adalah 3-5 menit saja. Lebih dari waktu itu tidak dianjurkan.

    Alasanya kenapa kendaraan roda dua tidak baik untuk dipanaskan terlalu lama adalah, agar motor tidak mengalami overheating atau panas berlebihan.

    Ya,  ini lantaran sirkulasi udara di mesin motor tidak berjalan saat dipanaskan. Sebab, motor pasti selalu dalam keadaan diam. Kegiatan tersebut bila dilakukan terlalu lama dapat membuat knalpot cepat menguning dan boros terhadap bahan bakar.

    Perlu dicatat, ketika hendak memanaskan sepeda motor, sebaiknya untuk menyalakan mesin terlebih dahulu menggunakan kick starter. Tujuan dari hal tersebut adalah meringankan beban kelistrikan di kendaraan.

    Seperti yang kita tahu, sistem elektrik starter memakai baterai sebagai sumber tenaga. Jadi jika tanpa kick starter saat menghidupkan mesin motor, maka akan membebani benda tersebut.

    Alhasil, potensi aki soak atau sistem kelistrikan rewel sangat tinggi. Apalagi untuk motor yang sudah nonaktif selama beberapa minggu, tegangan baterainya bisa drop.

    Pada intinya, memanaskan sepeda motor tetap perlu dilakukan meski sebuah kendaraan punya teknologi baru. Namun, saat menerapkannya harus sesuai prosedur. Jangan sampai lantaran berniat memanaskan sepeda motor justru menyebabkan terjadi masalah, dan wajib dilakukan service besar.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here