Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMau Beli Motor? Sudah Sesuaikah Dengan Postur Tubuh Kita

    Mau Beli Motor? Sudah Sesuaikah Dengan Postur Tubuh Kita

    Beragam sepeda motor kini semakin variatif. Ya, berbagai pabrikan otomotif khususnya roda dua terus memutar otak untuk menghadirkan sepeda motor keren, modern, dilengkapi teknologi dan fitur canggih, serta yang pasti ingin diterima masyarakat.

    Namun OLXer juga perlu tahu, meski dengan memiliki uang dalam jumlah banyak, namun pernahkan berpikir apakah saat membeli sepeda motor kita sudah menyesuaikan dengan postur tubuh?

    Secara teori, memang OLXer tak perlu memperdulikan seberapa penting kondisi tubuh apakah tinggi atau pendek, kurus atau gemuk dengan sepeda motor yang ingin dimiliki. Apalagi jika punya uang, maka beli saja bila mampu.

    Akan tetapi untuk membeli sepeda motor biasanya bukan diukur dari postur tubuh saja, sebab ada juga aspek terpenting lainnya seperti dari segi kenyamanan saat berkendara.

    Hanya saja, jika OLXer ingin merasakan apakah sepeda motor yang hendak dibeli cocok untuk postur tubuh seperti saat ini? Oleh karena itu sebaiknya melakukan beberapa tips yang perlu diketahui, yaitu:

    Lakukan Uji Coba

    Cara terbaik tentunya bisa mengunjungi dealer motor resmi untuk memastikan jika motor yang ingin dibeli sudah sesuai kebutuhan, baik dari segi tinggi, lebar, tingkat kenyaman, dan fitur-fitur yang diinginkan.

    Pastikan Memiliki Fitur Keselamatan

    Pastikan juga tidak gegabah dalam memilih. Untuk mengukurnya, silakan coba untuk melakukan pengecekan jarak antara tangan ke bagian kontrol transmisi motor, hingga jarak dari kursi ke kaki, serta pastikan seberapa mudah bisa menjangkau tanah.

    Jika kaki tidak sepenuhnya bisa menyentuh tanah dan nampak hanya berjinjit, jangan sekali-sekali berpikir untuk membeli motor tersebut sekalipun semua fitur, harga, dan modelnya sudah disukai.

    Ya, jika mengabaikan tips ini, OLXer bisa berakibat fatal pada keselamatan berkendara di jalanan.

    Pilih Jenis Motor

    Masing-masing orang tentu memiliki selera yang berbeda, pastikan juga jika jenis motor pilihan bisa sesuai dengan yang diinginkan dan tentunya sesuai dengan postur tubuh untuk memaksimalkan fungsi dan keselamatan.

    Sebagai contoh, motor sport kurang cocok digunakan untuk orang berpostur agak pendek karena jangkauan kaki ke dasar akan jauh lebih sulit. Belum lagi, tubuh harus condong dan tangan menahan bodi.

    Pengalaman Berkendara

    Tak bisa dipungkiri jika jam terbang berkendara juga akan menjadi pengaruh dalam proses pemilihan motor baru. Jika jam terbang sudah tinggi, tak salah jika mencoba untuk sedikit ‘nakal’ dan mencoba jenis motor yang agak kurang sesuai postur tubuh, seperti jenis motor touring misalnya.

    Namun jika ini merupakan motor pertama, coba dulu pilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan dalam berkendara.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait