Minggu, Juni 26, 2022
More
    TipsMau Jual Mobil? Simak Tips Agar Tidak Tertipu Calon Pembeli

    Mau Jual Mobil? Simak Tips Agar Tidak Tertipu Calon Pembeli

    News.OLX.co.id – Hai OLXers, menjual mobil bekas mungkin bisa dikatakan susah-susah gampang ya bagi sebagian orang. Selain karena mobil merupakan barang premium bernilai tinggi, proses transaksi jual beli mobil juga kerap menghadapi berbagai tantangan, salah satunya kekhawatiran ditipu oleh calon pembeli.

    Ketika menjual mobil, mungkin kita terlalu fokus dengan berapa jumlah uang yang akan didapatkan ketika menjual mobil. Memang tidak salah fokus pada hal tersebut karena bisa jadi kita membutuhkan uang tersebut untuk hal yang sangat penting. Namun demikian, nilai jual bukanlah satu-satunya yang harus dipikirkan, kita juga harus memikirkan keamanan dan kenyamanan kita.

    Ya, di tengah pandemi Covid-19 ini, keamanan dan kenyamanan adalah hal yang paling penting. Penting bagi kita merasa aman tanpa khawatir ditipu oleh calon pembeli dan juga merasakan transaksi yang nyaman tanpa harus bertemu dengan banyak calon pembeli. Nah, lalu gimana sih biar kita bisa tetap aman dan nyaman menjual mobil? Yuk simak sejumlah tips di bawah ini!

    Memilih Platform Digital yang Kredibel

    Di era teknologi digital saat ini, hampir semua kegiatan bisa dilakukan secara online, termasuk transaksi jual beli mobil. Di tengah banyaknya platform digital jual beli mobil bekas, tentunya kamu harus pilih platform yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas. Kamu bisa mengecek kredibilitas platform yang kamu pilih dari latar belakangnya, yang bisa kamu lihat dari websitenya. Platform yang dipilih harus memiliki nama besar, identitas, kebijakan, dan tanggung jawab yang jelas. Misalnya saja seperti OLX dan OLX Autos. OLX sendiri merupakan situs iklan baris yang menghubungkan penjual dan pembeli berbagai jenis barang, termasuk mobil bekas. Di OLX ada jutaan unit mobil bekas yang ditawarkan. Begitu juga dengan iklan yang mencari jenis mobil tertentu juga gak kalah banyak sehingga OLX menjadi platform yang paling pas untuk menjual mobil.

    Sementara itu, OLX Autos merupakan comprehensive platform  yang menyediakan omnichannel solutions bagi kenyamanan bagi pelanggan dalam setiap produk dan pelayanannya. Melalui platform OLX AUtos, kamu bisa menjual mobil dengan layanan OLX Autos Jual Mobil Instan, yang prosesnya sangat gampang dan cepat.

    Proses yang Transparan

    Kamu juga harus pilih platform yang jelas dan transparan dalam mengungkapkan prosesnya. Dalam proses transaksi jual mobil, lewat layanan OLX Autos Jual Mobil Instan kamu akan dapatkan pengalaman yang lebih relevan dan instan, termasuk penjualan dan pembayaran yang cepat, serta menyediakan layanan inspeksi mobil di mana tim mekanik berpengalaman dari OLX Autos akan membantu kamu untuk melakukan pengecekan mobil serta memastikan mendapatkan harga yang kompetitif berdasarkan dengan kondisi mobil hasil inspeksi dan penawaran yang dilakukan oleh jaringan dealer-dealer rekanan OLX Autos. 

    Tahapan menjual mobil di OLX Autos mulai dari mengecek perkiraan harga jual mobil website di www.olxautos.co.id, booking jadwal inspeksi sesuai keinginan & kebutuhan di website, dan juga kunjungi inspection center OLX Autos sesuai jadwal yang dipilih. Setelah itu, Tim ahli akan memeriksa kondisi mobil secara langsung dan konsumen tinggal menunggu harga penawaran dari OLX Autos. Jika pengguna setuju dengan harga penawaran, uang akan langsung ditransfer ke rekening pengguna. 

    Meminimalisir Bertemu Calon Pembeli Secara Langsung

    Modus penipuan jual beli mobil biasanya terjadi saat penjual bertemu atau melakukan transaksi secara langsung dengan calon pembeli, yang kemungkinan besar adalah orang yang tidak dikenal. Ketika akan bertemu dengan calon pembeli yang tidak dikenal, maka sulit untuk mengetahui, apakah calon pembeli tersebut berniat untuk menipu atau memang ingin membeli mobil. Maka itu, alangkah baiknya bila proses tatap muka ini bisa diminimalisir, salah satunya dengan menjual mobil di platform digital terpercaya seperti yang udah dijelasin di atas, ya OLXers. Dengan menjual mobil di platform digital, ini bisa mengurangi kekhawatiran akan ditipu oleh orang lain. Selain itu, di masa pandemi ini akan sangat lebih aman bila kita tidak bertemu dengan banyak orang lain guna mengurangi penyebaran Covid-19.

    Hindari Tempat Sepi Bila Harus Bertemu Tatap Muka

    Nah, kalau kamu menjual di situs jual beli mobil yang mempertemukan antara penjual dan pembeli, maka mau tidak mau kamu harus bertemu tatap muka dengan calon pembeli ketika proses test drive atau transaksi. Pertama, kamu harus pastikan bahwa lokasi pertemuan kalian bukanlah tempat yang sepi, jadi kalau ada hal mencurigakan, kamu bisa langsung minta bantuan orang sekitar. Kemudian, ajak teman atau keluarga untuk mendampingi agar kamu merasa lebih aman. 

    Selain itu, sebelum kamu memutuskan bertemu dengan calon pembeli, ada baiknya kamu melakukan komunikasi awal melalui telepon terlebih dahulu dengan calon pembeli. Selain mencari tahu lebih banyak informasi tentang calon pembeli, kamu juga bisa memastikan kebutuhan calon pembeli. Pada dasarnya, ketika kamu menjual mobil kepada orang yang baru di kenal, tentu kamu tidak mengetahui identitas calon pembeli seperti apa. Melalui komunikasi, kamu bisa merasakan apakah calon pembeli tersebut benar-benar ingin membeli atau justru mencurigakan. Hal ini harus diwaspadai ya OLXers!

    Nah, sekarang gimana OLXers? Udah yakin mau jual mobil di OLX Autos? Yuk langsung aja klik 

     

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here