Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    InformasiKomunitasMau Touring Akhir Pekan? Perhatikan Ini Tips dari Anak Komunitas

    Mau Touring Akhir Pekan? Perhatikan Ini Tips dari Anak Komunitas

    Touring, jadi salah satu kebiasaan yang dilakukan pengendara sepeda motor atau mobil. Mereka kerap melakukan perjalanan ke suatu tempat untuk bertamasya atau hanya sekadar melihat dan merasakan pemandangan yang tak biasa dilakukan setiap hari.

    Touring memang sangat menyenangkan. Apalagi, dilakukan bersama teman-teman atau komunitas, yang biasanya jumlahnya cukup banyak. Namun perlu diingat, tetap harus mematuhi aturan lalu lintas.

    Kegiatan touring juga kerap dilakukan para pecinta Chevrolet. Bahkan beberapa waktu lalu mereka berkunjung ke situs-situs sejarah, termasuk ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. 

    Ya, peristiwa Rengasdengklok menjadi bagian sejarah Indonesia. Karena, kala itu atau Agustus 1945 tempat tersebut digunakan untuk memproklamasikan kemerdekaan RI, dan dilakukan beberapa tokoh pendiri bangsa, seperti Ir Soekarno dan Mohammad Hatta.

    “Melalui kesempatan ini, kami ingin menanamkan rasa cinta terhadap Indonesia sejak dini kepada anak dan keluarga kami diantaranya dengan mengenal situs-situs bersejarah bangsa Indonesia, termasuk yang berkaitan dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia,” ujar Dandi Birdy.

    Foto Komunitas Chevrolet

    Nah, kalau OLXer mau ikut touring baik ke Rengasdengklok atau tempat lainnya, Dandi juga memberikan beberapa tips touring, antara lain:

    1. Persiapan memadai

    Saat akan berangkat menuju lokasi tujuan gunakan kendaraan yang memadai guna menghadapi kondisi jalan yang penuh tanjakan, kelokan, dan turunan. 

    Pastikan Anda memperhatikan dan memeriksa hal-hal dasar kondisi kendaraan sebelum bepergian, seperti lampu, oli, rem, ban dan wiper. Selain itu, periksa apakah ada cairan yang berasal dari kebocoran pada kendaraan.

    Jangan lupa memeriksa kondisi ban cadangan dan persiapkan nomor layanan yang dapat dihubungi saat darurat termasuk layanan derek mobil.

    2. Tentukan titik beristirahat

    Dalam menempuh perjalanan jarak jauh, terutama tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, dibutuhkan pemahaman yang baik akan kondisi rute perjalanan. 

    Fitur seperti MyLink yang dapat terkoneksi dengan Google Maps yang terdapat pada smartphone, dapat berguna bagi pengemudi untuk mengetahui jalur terbaik menuju lokasi. 

    Selain itu, sebaiknya utamakan jalur utama untuk menemukan titik beristirahat yang terbaik.  Sebelumnya, cek rute perjalanan  untuk memastikan tempat pemberhentian penting yang mungkin diperlukan, seperti tempat peristirahatan, pom bensin dan bengkel. Anda juga bisa memanfaatkan fitur petunjuk arah untuk menghindari kemacetan atau salah arah.

    3. Pastikan bahan bakar cukup.

    Melewati tanjakan terjal tentu membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih banyak pada kendaraan. 

    Maka dari itu, anda perlu memantau persediaan bahan bakar kendaraan agar selalu cukup ketika digunakan untuk melewati kondisi jalan yang menantang.

    4.    Servis mobil berkala

    Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya periksa catatan servis rutin kendaraan . Bila sudah mendekati jarak tempuh yang tertera pada buku servis, segera kunjungi bengkel resmi terdekat, agar kondisi mobil tetap prima selama dalam perjalanan.

    6.    Barang Bawaan

    Rencanakan barang-barang bawaan untuk memastikan segala kebutuhan dalam perjalanan maupun di tujuan wisata dapat terpenuhi dan kabin serta bagasi tidak penuh sesak dengan barang-barang yang tidak diperlukan.

    Beberaoa perangkat seperti power bankcharger ponsel mobil, lampu senter, cable jumper sangat diperlukan terutama dalam keadaan darurat. Mainan atau perangkat hiburan sangat membantu agar-anak-anak dapat menikmati perjalanan tanpa mengganggu konsentrasi pengemudi. Jangan lupa untuk menyiapkan tali pengikat bagasi, agar barang pada bagasi Anda tidak bergeser dan mengganggu konsentrasi.

    7.    Kebugaran

    Berhentilah setiap 2 jam untuk beristirahat dan melakukan senam ringan terutama bagi Anda yang mengemudi. Berilah kesempatan bagi penumpang terutama anak-anak untuk berganti suasana sejenak untuk menghilangkan rasa bosan duduk lama di kendaraan.(Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here