Minggu, Mei 29, 2022
More
    BeritaMazda CX-5 Compact Crossover SUV Keren, Meski Berstatus Bekas

    Mazda CX-5 Compact Crossover SUV Keren, Meski Berstatus Bekas

    Mazda CX-5, mobil bergaya Compact Crossover Sport Utility Vehicle (SUV) kini telah hadir dengan wajah baru. Model Mazda CX-5 paling anyar ini sudah diluncurkan di Jepang terlebih dahulu.

    Lantas bagaimana untuk di Indonesia? Saat ini belum tahu kabar kedatangan mobil tersebut.

    Nah, bicara soal Mazda CX-5, mobil ini pamornya memang kurang menggaung khususnya di pasar otomotif nasional.

    Padahal, secara total penjualan, mobil berkapasitas lima orang penumpang ini jadi tulang punggung dan menyumbangkan penjualan cukup tinggi di deretan keluarga Mazda.

    Bahkan secara global, Mazda CX-5 ini mampu menyumbangkan penjualan sampai hampir 29 persen.

    Nah, OLXer mau lebih jauh mengetahui soal Mazda CX-5, lihat ulasannya di bawah ini.

    Sejarah Mazda CX-5 di Indonesia

    Jika dilihat dari usianya, Mazda CX-5 ini masih tergolong belum terlalu lama dipasarkan. Karena Mazda CX-5 baru meluncur pertama kali pada tahun 2012, dan masuk ke Indonesia sekitar bulan Mei di tahun yang sama.

    Disebutkan pula, Mazda CX-5 hadir dengan memberikan unsur kenyamanan, keamanan, dan keselamatan.

    Mazda CX-5 juga sudah menggunakan platform yang sama dengan Mazda3 dan Mazda6. Selain itu, mobil ini sudah mengusung desain bertema ‘Kodo- Soul of Motion’, yang kokoh dan fungsional.

    Sedangkan untuk teknologinya sudah dibenamkan Skyactiv dan fiturnya tak kalah canggih.

    Meski tergolong anak baru, di masanya, Mazda CX-5 suda mendapatkan predikat dengan keamanan terbaik dari lembaga Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), sebagai Top Safety Pick dalam uji tabrakan.

    Mazda CX-5 generasi pertama

    Untuk pasar Indonesia, Mazda CX-5 generasi pertama hadir pada tahun 2012 dengan dua pilihan, yaitu Sport dan Touring.

    Secara tampilan, desain Kodo-Soul of nation ini membuat Mazda CX-5 cukup menarik dengan gaya yang dinamis.

    Untuk interior, kala itu Mazda CX-5 sudah dijejali sistem hiburan berupa layar sentuh berukuran 5,8 inci, yang terintegrasi dengan kamera, sehingga sangat berguna ketika parkir.

    Belum lagi, mobil tersebut sudah dilengkapi berbagai fitur seperti, 6 airbags (front, side, and curtain), dynamic stability control system dan traction control system, emergency stop signal system, hill launch assist system dan tire pressure monitoring system.

    Ada juga beberapa fitur standar seperti, power window, power steering, dan noise, vibration & harshness (NVH).

    Saat hadir ke Indonesia, Mazda CX-5 hadir dengan warna blue sky mica, zeal red mica, crystal white pearl mica, aluminum metallic, metropolitan gray mica dan black mica.

    Untuk jantung pacu, Mazda CX-5 disematkan mesin bensin Skyactiv 4 silinder segaris 16 valve DOHC  Skyactiv 2.0 liter (tipe Sport) menghasilkan tenaga 155 PS pada 6.000 rpm dan torsi 200 Nm. Sedangkan Mazda CX-5 2.5L Grand Touring powernya mencapai 187 PS pada 5.700 rpm dan torsi 250 Nm.

    Facelift

    Selang tiga tahun, atau sekitar tahun 2015, Mazda CX-5 mengalami penyegaran ringan dan menawarkan dalam beberapa tipe, yaitu CX-5 2.0L 6AT SPORT, CX-5 2.5L 6AT URBAN, CX-5 2.5L 6AT TOURING, dan CX-5 2.5L 6AT GRAND TOURING.

    Nah, untuk versi Mazda CX-5 penyegaran paling terlihat terjadi pada bentuk desain, dan mengadopsi fitur yang lebih lengkap.

    Mazda CX-5 generasi kedua

    Memasuki tahun 2017, Mazda CX-5 generasi kedua akhirnya terlahir. Hanya saja, untuk memberikan pilihan kepada konsumen, varian mobil ini jadi lebih sedikit, yaitu hanya tipe GT dan Elite.

    Baca juga  Mobil Jenis SUV Semakin Disukai Orang Indonesia

    Sekilas, kedua varian ini tampak sama mulai dari desain, hingga mesin. Namun ada sejumlah yang membuat CX-5 ini berbeda.

    Hanya saja, Mazda CX-5 ini untuk kedua tipe memiliki fitur standar, berupa sunroof, rear camera dengan sensor parkir, power liftgate, sistem infotainment MZD Connect, sampai Bose.

    Pengaturannya menggunakan multi-function commander control,  yang ada di konsol tengah, layaknya mobil premium. Selain itu ada juga smart keyless entry, push start button, brake auto hold, rear AC dan dua power outlet, serta reclining rear seat.

    Untuk tipe Elite terdapat perangkat sensor pada bagian tengah kaca depan (windshield) dan pada bagian dashboard pengemudi cluster meter yang berfungsi sebagai head-up display atau mereka sebut Active Driving System.

    Selain itu, untuk tipe Elite memiliki kursi pengemudi dapat diatur dengan delapan pengaturan secara elektronik plu memory. Sedangkan tipe GT hanya enam pengaturan tanpa memory.

    Untuk tipe Elite lebih lengkap, kursi penumpang depan dapat diatur secara elektrik dengan enam cara pengaturan, kemudian ada juga Hi-Res Full Color Projection-Type Active Driving Display, lampu LED Adaptive Headlamps, Lane Departure Warning, Lane Keep Assist, Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert.

    Mazda CX-5 baik tipe GT maupun Elite, sama-sama dipersenjatai mesin Skyactiv-G berkapasitas 2.5 liter yang mampu memuntahkan daya hingga 190 Tk dengan torsi 251 Nm.

    Facelift

    Lanjut pada tahun 2019, Mazda CX-5 kembali melakukan penyegaran ringan. Ubahan ringan ini meliputi, disematkannya signature wing dengan dua lampu LED lebih sipit.

    Velg berukuran 19-inci dibalut ban 225/55, dan jarak pijak roda lebih lebar, demikian juga dengan bagian grille.

    Kabin Mazda CX-5 dilengkapi fitur Active Driving Display (head-up display) yang mampu memproyeksikan informasi data kecepatan dan informasi lain tepat di depan mata pengemudi.

    Kemudian ada juga panel instrument menampilkan layar Multi-Information Display (MID) berukuran 7 inci TFT, 10 buah speaker plus surround sound system centerpoint dan ambient noise compensation audiopilot.

    Mazda CX-5 ini menawarkan teknologi G-Vectoring Control Plus (GVC Plus), kemudian ada juga fitur keselamatan, dengan paket i-ACTIVSENSE, seperti adaptive front-lighting system (AFS), Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart City Brake Support (SCBS) serta Driver Attention Alert (DAA).

    Mazda CX-5 Bekas

    Jika OLXers ingin punya Mazda CX-5, namun dirasa kurang pas harganya di kantong. Maka tidak ada salahnya cari di platform jual beli mobil bekas OLX Autos.

    Sebab, di platform ini hadir Mazda CX-5 bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan hingga 150 titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga, Mazda CX-5 bekas dibanderol sekitar Rp 210 juta. Bahkan jika beruntung masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan + ganti oli 30.000 km atau 18 bulan.

    Mau liat wujudnya bisa klik di OLX Autos.

    Atau mau lihat sekilas ulasannya lihat videonya di bawah ini.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here