Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruMazda CX-30 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

    Mazda CX-30 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

    Mobil bergaya crossover semakin menjamur. Kali ini giliran PT Eurokars Motor Indonesia yang meluncurkan produk paling barunya yaitu Mazda CX-30 untuk pasar otomotif nasional.

    Mazda CX-30 memang barang panas, karena secara perdana mobil yang satu ini baru diluncurkan di ajang Geneva International Motor Show pada Maret 2019 lalu.

    Nah, menurut Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia Ricky Thio, Mazda CX-30 dikembangkan sama seperti mobil Mazda lainnya yang dirancang dengan tujuan untuk memperkaya kehidupan para konsumen dalam membantu merasakan penemuan baru di kehidupan sehari-hari.

    “Di masa mendatang, produk dan teknologi terbaru Mazda akan memastikan konsumen kami terus melihat nilai-nilai terbaik dalam memiliki Mazda. Mazda ingin dapat diakui sebagai merek yang memiliki ikatan terkuat dengan setiap pengendaranya,” ungkap Ricky saat peluncurannya di Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

    Nah, mau tau apa saja yang menarik dari Mazda CX-30, berikut ulasannya:

    Eksterior

    Mazda CX-30

    Mazda CX-30 mengusung evolusi terbaru desain Kodo-Soul of Motion yang sangat khas dari Mazda. Mobil ini dikembangkan untuk menciptakan desain yang baru bagi sebuah compact crossover. Berdasarkan konsep desain 'Sleek & Bold', diklaim proporsinya menggabungkan ketangguhan sebuah SUV dengan keindahan yang mengalir dan luwes layaknya coupe.

    Desain Mazda CX-30 ini disebut ‘Charge and Release.’ Bahasa desain ini berasal dari garis sapuan kuas yang digunakan dalam kaligrafi Jepang dan dikembangkan untuk mengintegrasikan tiga faktor kunci dari tema desain KODO terbaru, yaitu Yohaku, keindahan ruang kosong; Sori, kurva yang menggambarkan ketenangan dan keseimbangan; serta Utsuroi, permainan cahaya dan bayangan.

    Mazda CX-30

    Untuk lebih detail, Sori  dimaksudkan tampil dalam garis bahu yang mengalir dari fender depan ke roda belakang, memberikan kesan kecepatan dan kekuatan. Permukaan bodi di bawah garis bahu tersebut mencerminkan lingkungan sekitar dalam bentuk kurva S yang dapat berubah saat mobil bergerak, ini merupakan penggambaran Utsuroi. Seluruh bentuk ini akhirnya bersatu dalam satu bentuk gelombang yang menyebar di bagian belakang.

    Adapun bagian lampu utama depan dan lampu kombinasi belakang dilengkapi susunan LED berbentuk silinder. Sedangkan sinyal lampu sein LED pancaran daya penuh dan kemudian secara bertahap menurun, memberikan kesan kuat.

    Interior

    Mazda CX-30 kabin

    Desain kabin CX-30 didasarkan pada filosofi desain yang berpusat pada manusia (human-centric) khas Mazda dan arsitektur tradisional Jepang dengan memanfaatkan penggunaan Ma atau ruang kosong.

    Secara kasat mata memang terkesan mewah, layaknya mobil-mobil Eropa. Lihat saja konsol tengah, lokasi tuas transmisi berada mendapatkan desain baru dengan teknologi “two-layer molding” mirip kepunyaan Mazda 3. Dengan panel berwarna smoke-gray juga jadi terkesan istimewa.

    Hal menarik lainnya yaitu keberadaan panel instrumen tengah yang dikombinasikan dengan layar lebar berukuran 8,8 inci, yang juga dapat dioperasikan dengan tombol-tombol di bagian lingkar kemudi.  Belum lagi suara yang dikeluarkan atau sistem audio standar dilengkapi speaker 3-way sebanyak 8 buah speaker dengan Woofer 3L yang dipasang di bagian dalam dashboard, tweeter 2,5 cm di bagian kanan-kiri dashboard, serta squawkers 8cm di bagian atas trim depan dan belakang.

    Mazda CX-30 juga diklaim menawarkan kabin dan ruang bagasi yang luas yang dikombinasikan dengan kemampuan manuvernya yang luar biasa di lalu-lintas perkotaan dan kemudahan akses untuk menjadikannya kendaraan serbaguna dan mudah digunakan.

    Bahkan kursi depan dilengkapi sandaran tangan (armrest) agar mendapatkan posisi duduk yang nyaman dan santai. Ruang kaki yang lapang termasuk di kursi belakang dengan lantai rendah dan langit-langit tinggi membuat posisi duduk di kursi baris belakang mampu memberikan kenyamanan bahkan untuk penumpang dengan postur yang tinggi.

    Di bagian paling belakang, kompartemen bagasi Mazda CX-30 mampu menampung 430 liter. Cukup untuk menampung kereta bayi berukuran besar berstandar global dan tas jinjing. Bukaan pintu bagasi mencapai 1.020 mm, sedangkan ketinggian bibir bagasi mencapai 731 mm yang relatif rendah, membuatnya lebih mudah untuk memuat dan membongkar muatan berat atau besar.

    Fitur

    Mazda CX-30 dibenamkan  filosofi Mazda Proactive Safety, yang merupakan filosofi keselamatan milik Mazda untuk memaksimalkan kondisi dimana pengemudi dapat mengendarai mobil secara aman dan dengan kepercayaan diri yang tinggi.

    Teknologi  i-ACTIVSENSE juga telah dikembangkan yang merupakan pengendali semua fitur keselamatan di mobil-mobil Mazda. Adapun fitur-fitur yang dimaksud antara lain sistem Driver Monitoring, fitur yang menggunakan kamera dan LED infrared dapat mengobservasi kondisi pengemudi saat berkendara sehingga mampu mengetahui tingkat kelelahan pengemudi.

    Jika fitur mendeteksi kondisi berkendara yang bahaya, sistem ini akan mengeluarkan bunyi peringatan untuk mengingatkan pengemudi dan bekerja bersama Smart Brake Support (SBS) untuk mengantisipasi kebutuhan pengereman yang lebih baik.

    Mesin

    Mazda CX-30

    Untuk jantung pacu, Mazda CX-30 mengadopsi mesin berbahan bakar bensin SKYACTIV-G 2,0 liter yang mampu menghasilkan daya maksimal 153 Tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 200 Nm pada 4.000 rpm dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

    Dengan mesin ini, tenaga disalurkan ke transmisi transmisi otomatis 6-speed SKYACTIV-DRIVE.

    Harga

    Soal harga, berikut daftarnya dengan status On The Road Jakarta.:

    • Mazda CX-30 Touring Rp 478,8 juta
    • Mazda CX-30 Touring Rp 482,8 juta (warna Soul Red Crystal atau Machine Grey)
    • Mazda CX-30 GT Rp 518,8 juta
    • Mazda CX-30 GT Rp 522,8 juta (Soul Red Crystal dan Machine Grey). (Her)
    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here