Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaHonda Brio Mobil Terlaris 2020, Ini Alasannya!

    Honda Brio Mobil Terlaris 2020, Ini Alasannya!

    Industri otomotif nasional tahun 2020 ditutup dengan sebuah data yang tidak biasa. Mobil yang paling banyak terjual sepanjang tahun kemarin tidak lagi datang dari jenis mobil MPV atau mobil keluarga berkapasitas 7 penumpang. 

    Jika di beberapa tahun belakangan, mobil small MPV merek Toyota yakni Avanza selalu muncul di pucuk tertinggi daftar mobil paling laku di Indonesia, sekarang gelar mobil terlaris itu diraih oleh Honda Brio, yang notabene adalah mobil City Car dengan kapasitas 5 penumpang.

    Hal ini didukung karena adanya perubahan perilaku konsumen di era pandemi, dimana konsumen lebih banyak menggunakan media online untuk proses pembelian mobil serta pergeseran dari penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi. 

    Kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda yang tentunya mencari mobil sesuai kebutuhan, berkapasitas 5 penumpang dengan harga yang sangat affordable, seperti yang ditawarkan oleh Honda Brio.

    “Pencapaian ini didukung oleh jaringan dealer Honda di seluruh Indonesia yang terus menjalin komunikasi dengan konsumen terutama melalui platform digital, serta menyediakan program-program penjualan yang meringankan dan memudahkan pembelian bagi pembeli mobil pertama,” papar Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM dalam sebuah siaran pers, Senin (18/1/2021).

    Honda Brio Jadi Mobil Terlaris Untuk Pertama Kalinya

    Honda Brio mengumpulkan total penjualan sebanyak 43.021 unit di seluruh Indonesia, dengan komposisi untuk Honda Brio Satya yang bermain di segmen LCGC menyumbang 31.713 unit, sementara Honda Brio RS laku sebanyak 11.308 unit.

    Ini sekaligus merupakan prestasi untuk pertama kalinya yang dicatatkan Honda Brio sejak diperkenalkan di tahun 2012 lalu. 

    Jika di total, penjualan Honda Brio sejak pertama kali meluncur hingga saat ini sudah mencapai angka 376.304 unit. Mobil City Car andalan PT Honda Prospect Motor ini juga berkontribusi di sektor ekspor dengan total pengiriman tahun lalu hingga 5.970 unit ke Filipina dan Vietnam.

    “Kami bangga bahwa Honda Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan produk istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, khususnya anak-anak muda dan pembeli mobil pertama, dengan fitur lengkap, tampilan dan performa yang sporty, serta harga dan biaya operasional terjangkau. Dengan kesuksesan Brio di Indonesia, Honda berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk sesuai dengan karakter dan keinginan konsumen di Indonesia di masa mendatang,” ungkap Takehiro Watanabe, President Director HPM.

    Kinerja penjualan Honda Brio sepanjang 2020 boleh disebut cukup istimewa. Keduanya (Brio Satya dan Brio RS) menyumbang hingga 54 persen dari total penjualan mobil Honda yang mencapai angka 79.451 unit. 

    Honda Brio Satya menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2 persen, sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7 persen di segmen City Car.

    “Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk semua konsumen yang telah mempercayakan Honda Brio sebagai mobil mereka. Kami juga berkomitmen untuk terus memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik bagi setiap konsumen Honda di Indonesia,” pungkasnya.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here