Kamis, Desember 9, 2021
OLX Auto
More
    TipsMenerobos Banjir Pakai Mobil, Begini Caranya!

    Menerobos Banjir Pakai Mobil, Begini Caranya!

    Tahun 2020 dibuka dengan kondisi banjir dimana-mana. Ini sudah pasti menghalangi rencana OLXers untuk jalan-jalan menikmati waktu libur. Jika tidak terlalu terpaksa untuk keluar rumah, sebaiknya pilih untuk bertahan dan menghabiskan libur di rumah saja.

    Namun bila OLXers memang terpaksa harus keluar rumah karena sebuah kepentingan, ya mau tidak mau. 

    Tapi agar tidak menyusahkan, sebaiknya baca dulu tips bagaimana cara melewati banjir dengan aman yang OLX tulis berdasarkan tulisan dari Nissan.co.id sebagai sumber. 

    Jangan Diteruskan Bila Ketinggian Sudah Melebihi Setengah Ban Mobil

    Ada baiknya OLXers bukan menjadi pembuka jalan di tengah kondisi banjir. Kalau bisa, tempatkan posisi di belakang agar kendaraan di depan bisa menjadi acuan seberapa tinggi batas air. Dengan cara seperti ini OLXers bisa membuat keputusan untuk terus melewati banjir atau putar balik. Lihat apakah ketinggian air mencapai setengah ban atau kurang dari itu. Bila lebih dari setengah ban, maka jangan teruskan. Berputarlah dan cari alternatif jalan atau tunggu sedikit surut.

    Jalankan Mobil Secara Perlahan

    Jika OLXers berpikir bisa melalui genangan air tersebut dengan selamat, silahkan melaju dalam kecepatan yang rendah atau berjalan pelan. Tetap pakai gigi satu sambil memainkan kopling untuk menjaga kecepatan tetap rendah. Ingat, melaju terlalu kencang bisa menimbulkan gelombang air yang berpotensi air masuk ke busi atau pompa bensin yang mengakibatkan mesin mobil mati.

    Keuntungan lain berjalan pelan di tengah banjir adalah membantu mengantisipasi hal-hal yang tidak terlihat seperti lubang di jalan atau parit yang melintang. Konsentrasi untuk tetap bisa menjaga kecepatan mobil tetap stabil serta mengatur momentum. 

    Air Masuk Knalpot, Tidak Usah Panik

    Banyak yang khawatir saat menerabas banjir maka air akan masuk ke dalam knalpot dan membuatnya mogok. Ini tidak akan terjadi selama mesin tetap menyala dan kendaraan tetap bergerak. Kalau ternyata mesin mobil mati, usahakan secepat mungkin OLXers nyalakan. Tapi bila tidak bisa, sebaiknya jangan dipaksa dan biarkan saja. kemungkinan besar air sudah masuk ke mesin. 

    Jika Genangan Semakin Dalam, Sebaiknya Jangan Dipaksakan

    Saat mobil terus melaju perlahan di tengah banjir, OLXers juga harus bisa membaca kondisi di depan. Bila ternyata jalur banjir yang dilewati semakin dalam, lebih baik segera mundur dan jangan memaksakan diri untuk tetap melibasnya. Konsekuensi yang OLXers terima jika memaksakan diri adalah, selain mobil bisa mengalami rusak berat, juga membahayakan diri karena mobil bisa terbawa arus. Ini bisa menempatkan OLXers dalam posisi yang bahaya. 

    Untuk menghadapi kondisi jalan seperti ini memang dibutuhkan kendaraan yang punya ground clearance tinggi seperti Nissan Navara. Dengan fitur Anti-Lock Braking System (ABS) mampu mencegah kelainan pada rem sehingga tidak akan terjadi kerusakan meskipun telah terendam banjir sekalipun.

    Keringkan Rem dan Segera Lakukan Servis

    OLXers juga bisa membuat kondisi rem menjadi kering dengan cepat setelah melewati banjir dengan cara menginjak pedal rem sedikit diiringi pedal gas secara bersamaan selama 20 detik.

    Yang terakhir, kalau sudah berhasil lolos dari jebakan banjir, jangan lupa untuk membawa kendaraan OLXers ke bengkel melakukan servis ganti oli serta pemeriksaan menyeluruh kondisi mobil. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here