Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    BeritaMengemudi Sambil Merokok Atau Vaping Sama-sama Membahayakan

    Mengemudi Sambil Merokok Atau Vaping Sama-sama Membahayakan

    Bagi sebagian orang, merokok dianggap menjadi cara ampuh untuk menemani pengemudi atau penumpang dalam sebuah perjalanan. Hanya saja merokok sangat dilarang karena dianggap mengganggu kesehatan tubuh. Demikian juga dengan vaping.

    Adapun merokok atau vaping sambil mengemudi, dianggap melanggar Pasal 106 ayat satu Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), yang berbunyi:

    “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.”

    Lebih rinci lagi, mengemudi sambil merokok dijabarkan secara tegas dan dianggap melanggar pasal 6 huruf c Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 Tahun 2019 tentang Pelindung Keselematan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat. Berikut isi dari pasal tersebut:

    “Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor.” 

    Bahkan, jika pengendara nekat merokok sambil mengemudi bisa dikenakan sanksi  pidana kurungan sesuai pasal 283 UU 2009 yaitu paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp 750 ribu.

    Namun perlu dicatat, selain adanya aturan tertulis, merokok ketika mengemudi bisa membuat beberapa masalah lain, seperti pakaian dan kabin mobil ikut menjadi bau asap. 

    Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kanker, stroke, penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi (hipertensi), gagal jantung, dan penyakit lainnya.

    Nah, bau asap yang menempel tersebut masih dapat terhisap, sehingga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh. Demikian juga jika kita berkendara bersama keluarga, rekan kerja dan teman-teman. 

    Lalu bagaimana jika merokok di dalam mobil, namun kaca dibuka?

    Hal ini bukan menjadi solusi agar asap tidak menempel di baju atau kabin. Sebab, hal ini hanya sebagian asap saja yang terbawa angin keluar. Sebaliknya, ada masalah baru, yaitu abu atau bara bisa tertiup angin seketika menempel pada material kain dan menjadi berlubang. 

    Lantas dari pada merokok apakah lebih baik menghisap vape? Tentu saja sama saja, karena hal tersebut mengganggu konsentrasi saat mengemudi. Selain itu vaping juga masih mengandung nikotin yang jumlahnya memang tak sebanyak rokok. 

    Artinya merokok atau vaping juga sama saja cukup membahayakan ketika mengemudi dan juga dapat mengganggu kesehatan. 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here