Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsMengenal Kelebihan dan Kekurangan 4 Jenis Sasis Mobil

    Mengenal Kelebihan dan Kekurangan 4 Jenis Sasis Mobil

    Sasis (chassis) merupakan rangka mobil yang punya fungsi utama sebagai penopang body mobil, mesin, dan penumpang. Melihat dari fungsi tersebut, tentunya sasis haruslah terbuat dari bahan yang sangat kuat, bisa besi ataupun baja dengan komposit tertentu.  

    Nah, sasis ini juga terdiri dari beberapa jenis (dilihat dari bentuknya), namun yang umum dipakai untuk kendaraan di Indonesia mayoritas menggunakan jenis sasis monokok (monocoque chassis). 

    Berikut merupakan jenis-jenis sasis yang sekiranya bisa menjadi wawasan pengetahuan bagi kita semua. 

    Ladder Frame Chassis

    Yang pertama adalah ladder frame chassis, jenis sasis tertua yang pernah dibuat dalam sejarah otomotif. Bentuknya mirip dengan tangga dan lebih cocok digunakan untuk kendaraan yang memiliki bobot berat (heavy duty) seperti bus, truk dan kendaraan pengangkut lainnya.

    Bahan dari sasis ladder adalah baja simetris atau model balok yang diperkuat dengan cross members sehingga konstruksinya menjadi kokoh. Karena material yang digunakan berat, maka sasis ini sangat tidak cocok diaplikasikan ke mobil penumpang.

    Keuntungan dari sasis ini yaitu mudah dilakukan pendesainan ulang (facelift) dan mudah dimodifikasi. Sedangkan kekurangannya dikarenakan material yang digunakan memiliki bobot yang berat sehingga kinerjanya lebih rendah dari jenis sasis lain serta membuatnya tidak hemat bahan bakar.

    Monocoque chassis

    Jenis sasis ini digunakan pertama kali pada tahun 1923 oleh mobil Lancia Lambda. Dulunya sasis ini berbentuk batangan, namun seiring berjalannya waktu diubah menjadi sasis satuan dengan bodi mobil yang mampu menopang mesin mobil dan segala komponen penyusun lainnya.

    Alasan mengapa sasis ini lebih banyak digunakan oleh jenis mobil ringan, salah satunya adalah untuk efisiensi proses produksi karena sudah tidak perlu membuat body mobil lagi lalu menyatukannya dengan sasis.

    Kelebihan sasis monocoque adalah jika mobil melalui medan yang kurang stabil maka ruang kabin akan tetap aman karena benturan langsung diteruskan ke body mobil.

    Sedangkan kekurangan dari sasis jenis ini yaitu sulit dilakukan facelift (pendesainan ulang) karena body mobil yang menyatu dengan sasis.

    Tubular Space Frame Chassis

    Sasis tubular menggunakan campuran material besi balok atau jenis pipa yang selanjutnya dirakit menjadi satu. Sasis jenis ini memiliki bentuk yang persis dengan konstruksi kendaraan. Contohnya adalah sasis mobil balap, hampir semua jenis mobil balap menggunakan sasis jenis tubular space frame chassis ini.

    Kelebihan sasis ini mudah didesain dan mudah dilakukan penambahan komponen. Namun, hal itu akan menemui beberapa kesulitan karena semua komponen harus sudah tersusun dan sambungan yang berbentuk segitiga.

    Aluminium Space Frame Chassis

    Sasis aluminium space frame ini pertama dikenalkan oleh Audi, bekerjasama dengan perusahaan alumunium Alcoa. Sasis aluminium diklaim akan menggantikan sasis monokok karena memiliki beberapa keunggulan, seperti bobotnya lebih ringan 40 persen dari jenis sasis monokok dan materialnya lebih rigid (keras) 40 persen dari jenis sasis lainnya.

    Itulah empat jenis sasis yang umum digunakan di mobil. Artikel tentang jenis-jenis sasis ini dirangkum dari gardaoto.com, asuransi kendaraan dari Asuransi Astra.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here