Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    BeritaMenguak Rahasia Rumitnya Pembuatan Daihatsu Sigra, Mobil Rancangan Anak Indonesia

    Menguak Rahasia Rumitnya Pembuatan Daihatsu Sigra, Mobil Rancangan Anak Indonesia

    Daihatsu Sigra kini jadi salah satu andalan PT Astra Daihatsu Motor untuk pasar otomotif nasional. Nah, sejak pertama meluncur 2016, pada pertengahan September 2019 mobil yang masuk segmen Low Cost Green Car tersebut mengalami ubahan ringan atau facelift. 

    Meski sekadar ubahan ringan, ternyata proses pengembangannya tak bisa dianggap enteng. Pasalnya, ada sejumlah orang yang berdarah-darah untuk membuatnya. Setidaknya hal tersebut dirasakan R&D Design Engineering Executive Coordinator PT ADM, Soni Satriya. 

    Kata Soni, proses pengembangan New Astra Daihatsu Sigra, merupakan keberhasilan pertama anak bangsa dalam melakukan semua proses pengembangan minor change ini di garap R&D ADM Indonesia yang dilakukan di pabrik PT ADM di Karawang, Jawa Barat.

    Kata Soni, untuk membuat Sigra seperti saat ini, setidaknya ada tiga tahapan utama proses produksi, yaitu dimulai dari styling process, engineering process, dan test & validation process.

    “Masing-masing punya stage untuk menyempurnakan prosesnya dan dari styling process ke engineering process itu mengalami iterasi atau perbaikan terus menerus. Styling dan Engineering ini akan selalu tektok dan dalam prosesnya ada iterasi,” ucap Soni saat ditemui di sela acara New Sigra Media Test Drive di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/10/2019) malam.

    Adapun tahapan Styling Proces sendiri, ternyata ada lima tahapan yang harus dilalui mulai dari survey pasar, pencarian konsep, sketsa gambar, clay modeling, dan perwujudan Data 3 Dimensi. 

    Survey yang dilakukan juga tak mudah, karena tim R&D akan melakukan survei langsung kepada masyarakat, mobil seperti apa yang diinginkan, termasuk keberadaan fitur-fitur yang dibenamkan. 

    Setelah survei akan dibuat gambar hingga clay model mulai dari 1:5 sampai 1:2. Setelah itu, maka gambar clay model dibuat dalam data tiga dimensi yang nantinya akan diserahkan ke Engineering Process. 

    Setelah masuk tahap kedua yaitu Engineering Process, maka gambar dari tim desain akan sebuah bentuk mobil tadi diubah menjadi gambar teknis untuk menerapkan desain konstruksi terbaik pada setiap bagian dan diwujudkan dengan proses pembuatan prototype yang siap untuk diproduksi. 

    Namun perlu OLXer tau, kalau tahap Engineering ini tak semudah yang dibayangkan.Sebaliknya, para engineering kerap kali dibuat harus memutar otak, karena mereka yang menentukan bahan material apa yang digunakan, termasuk hitung-hitungan berapa banyak mur atau baut yang harus diterapkan pada sebuah titik pada mobil. 

    Engineering process juga termasuk melakukan tahapan press atau stamping, body welding (pengelasan), painting (pengecatan), assembling (perakitan), dan inspection (pemeriksaan). Engineering Process juga melibatkan supplier lokal dalam pembuatan beberapa komponen. 

    Tahapan ketiga atau terakhir yaitu proses test & validation, produk prototype tadi diuji performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya untuk memastikan mobil yang diproduksi Daihatsu sesuai dengan kondisi Indonesia dan berkualitas global.

    “Mobil yang dibuat juga dilakukan di Test Course lengkap yang memiliki 24 macam kondisi jalan yang mewakili medan jalanan di Indonesia, serta 4 tipe tanjakan, test banjir dan lumpur,” terangnya. 

    Nah, OLXer jadi tau kan sebenarnya cukup rumit untuk membuat sebuah mobil. Sedangkan untuk menghina tanpa tau prosesnya memang sangat mudah diutarakan. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here