Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaMenperin: Industri Otomotif Nasional Berikan Kontribusi Cukup Besar Bagi Perekonomian Nasional

    Menperin: Industri Otomotif Nasional Berikan Kontribusi Cukup Besar Bagi Perekonomian Nasional

    Bagi sebagian orang khususnya di kota besar, keberadaan kendaraan bermotor cukup dilema. Selain memberikan kontribusi sebagai alat transportasi seperti halnya mobil, namun keberadaan kendaraan bermotor dianggap menjadi salah satu penyebab kemacetan.

    Namun OLXer harus tahu dari sisi lainnya. Pasalnya, Industri otomotif nasional dianggap sangat berfaedah bagi masyarakat Indonesia. Hal ini juga diakui Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto.

    “Industri otomotif nasional saat ini telah berkembang dengan baik dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian nasional melalui peningkatan ekspor, investasi dan penyerapan tenaga kerja,” jelas Airlangga saat membuka acara Indonesia Modification Expo 2019 di Balai Kartini, Kuningan, Jakarta, Sabtu (28/9/2019).

    Airlangga juga tak menampik, dari  sisi produksi kendaraan roda empat dan lebih, penjualan otomotif nasional sejak 2013 sampai dengan 2018, telah mencapai rata – rata di atas 1,2 juta unit per tahun.

    Yang lebih menariknya, kata dia, di mana banyak industri komponen lokal yang turut tumbuh sejalan dengan peningkatan produksi tersebut.

    “Produksi kendaraan bermotor roda empat atau lebih, periode Januari-Juli 2019 tercatat sebesar 712 ribu unit, dimana penjualan domestik sebesar 570 ribu unit (berasal dari produksi lokal maupun impor) dan ekspor CBU sebesar 169 ribu unit, CKD 423 ribu set dan komponen sebesar 48,9 juta pieces,” ucapnya.

    Airlangga juga mencatat, meski sejumlah brand otomotif mendirikan pabrik produksi di Indonesia, namun faktanya mereka turut memasarkannya secara ekspor ke lebih dari 80 negara di dunia termasuk lima negara tujuan utama ekspor yaitu Filipina, Saudi Arabia, Jepang, Mexico dan Vietnam.

    “Pada 2019, ekspor kendaraan CBU ditargetkan mencapai 400 ribu unit dan diharapkan terus meningkat setiap tahunnya sehingga pada tahun 2025 industri otomotif nasional dapat melakukan ekspor kendaraan CBU sebesar 1 juta unit,” tutupnya. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here