Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    BeritaMesin 1.5 Liter Plus Turbo Modal Wuling Cortez Type S Lawan Toyota...

    Mesin 1.5 Liter Plus Turbo Modal Wuling Cortez Type S Lawan Toyota Avanza CS

    Wuling Cortez CT Type S jadi varian baru yang ditawarkan PT  SGMW Wuling Indonesia (Wuling Motors) untuk pasar Indonesia. Satu hal yang cukup penting, selain harganya lebih terjangkau antara Rp 209 juta untuk MT 8-Seater dan Rp 233 juta untuk CVT-Captain Seat (Synthetic Leather), Wuling Cortez CT Type S sudah disematkan mesin 1.5 liter plus turbocharger.

    Namun fakta dibalik kemunculan Wuling Cortez CT Type S, mobil jenama China ini diam-diam menonaktifkan varian mesin 1.8 liter yang sebelumnya disematkan pada Cortez CT tipe C. Hal ini pun diakui Product Planning PT SGMW Wuling Indonesia, Danang Wiratmoko. Danang sendiri tak menampik, saat ini  Wuling ingin fokus menjual mesin 1.5 liter plus turbo.

    “Mesin 1.5 liter turbo memiliki kelebihan, seperti performa dan pajaknya yang tidak lebih besar,” ungkap Danang saat ditemui beberapa waktu lalu di kawasan Kebagusan, Jakarta.

    Lebih lanjut, Danang mengatakan, dengan mengembangkan mesin 1.5 liter plus turbo pada Wuling Cortez CT, tentunya saja hal itu sama seperti yang dibenamkan mesin Wuling Almaz.

    Baca: Wuling Cortez CT Type S  Meluncur, Ini Perbedaan Dengan Type C dan L

    “Jadi, dengan mesin yang sama di dua model, akan berpengaruh terhadap ongkos produksi dan harga jual, serta memudahkan dalam segi hal perawatan dan spare part,” ucapnya.

    Selain itu, penggunaan mesin 1.5 liter juga dianggap cukup tepat untuk konsumen di Indonesia, khususnya mereka yang ingin mobil irit bahan bakar namun tenaga yang dihasilkan lebih besar. Ya, adanya mesin turbo juga menjadi strategi Wuling di Indonesia. Sebab, dengan berkembangnya teknologi,  saat ini turbo sudah banyak diterapkan pada mobil-mobil di berbagai belahan dunia.

    Sudah Melakukan Survei

    Kehadiran Wuling Cortez CT type S bukan serta merta hanya ingin memperluas pasar Wuling di Indonesia. Setidaknya, untuk membuat sebuah inovasi atau produk Wuling melakukan survei kepada masyarakat, khususnya konsumen Wuling sendiri.

    “Hasil survei sendiri kita ingin mencocokan demand yang ada di pasar. Kebetulan kita fokus dengan rentan harga segitu (Rp 200-230 jutaan), kita sesuaikan pula dengan profil konsumen MPV. Ternyata konsumen-konsumen MPV itu sebenarnya punya pemikiran harus ada apa saja fitur-fiturnya dalam sebuah kendaraan,” kata Danang.

    Tentu saja dengan rentan harga mobil Wuling Cortez CT type S dengan range Rp 200-230 jutaan, mobil ini bisa bersaing melawan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan juga Mitsubishi Xpander.

    Lalu bagaimana dengan penjualan Wuling Cortez bermesin 1.8 liter di pasaran?

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo), ternyata penjualan Wuling Cortez 1.8 liter sepanjang 2019 saja, hasilnya kurang memuaskan, yaitu hanya 682 unit.

    Adapun spesifikasi mesin Wuling Cortez Type S yaitu Turbocharged 4 cylinders, in-line, DOHC, DVVT, berkapasitas 1.451 cc yang sanggup menyemburkan daya 140 tk pada 5.200 rpm dan torsi 250 Nm pada 1.600 – 3.600 rpm.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here