Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    BeritaMINI Countryman Rakitan Sunter Hadir di IIMS Hybrid 2021, Apa Menariknya?

    MINI Countryman Rakitan Sunter Hadir di IIMS Hybrid 2021, Apa Menariknya?

    Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang dihelat di JIExpo, Kemayoran, Jakarta dimanfaatkan merek mobil legendaris asal Inggris, MINI, untuk meluncurkan model terbaru MINI Countryman.

    Mobil yang memiliki dimensi paling besar dari keluarga MINI ini diklaim telah mengalami ubahan mulai dari eksterior, hingga interior sehingga semakin melengkapi kebutuhan dan antusiasme penggunanya – tidak hanya dalam lalu lintas sehari-hari tetapi juga dalam perjalanan jarak jauh.

    Bahkan menurut Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania, selama lebih dari 10 tahun sejak awal diluncurkan secara global, MINI Countryman telah hadirkan ragam petualangan seru dan inspirasi bagi para fans MINI.

    “Hari ini MINI Indonesia kembali hadirkan ragam penyempurnaan untuk terus penuhi permintaan pelanggan akan sebuah kendaraan premium kompak dengan desain modern, teknologi inovatif, dan serba bisa untuk jalanan di perkotaan bahkan off-road. The new MINI Countryman dioptimalkan dalam hal tata ruang, versatilitas, fungsionalitas, dan kenyamanan berkendara,” ungkap Jodie saat acara peluncurannya di IIMS Hybrid 2021, Kamis (22/4/2021).

    Oia, semua seri MINI Countryman ini sudah dirakit secara lokal tepatnya di BMW Group Production Network (PNW) 2, Gaya Motor, Jakarta. Oleh karena itu, lanjut dia, MINI telah melakukan transfer teknologi, namun tetap menghadirkan produk berteknologi terkini dengan standar global.

    Nah, OLXer mau tahu apa saja yang membuat New MINI Countryman jadi special? Berikut ulasannya:

    Eksterior

    Seperti disebutkan di atas, new MINI Countryman memang memiliki postur paling besar dari keluarga MINI lainnya. Perawakan mobil ini lebih yang tegak dan ground clearance lebih tinggi sehingga mampu menciptakan ruang interior lapang dengan karakter maskulin, dan mampu dikendarai di jalanan on road maupun offroad.

    Selain itu, tampilan eksterior new MINI Countryman juga memiliki khas MINI ALL4 dan roof rail untuk seluruh varian, Adapun bahan yang sangat terlihat pada new MINI Countryman seperti struktur baru penutup bumper, Radiator Grille yang didesain ulang dengan kontur heksagonal dan dikelilingi oleh bingkai brushed-chrome. Sedangkan new MINI Cooper S Countryman terdapat corak grid heksagonal dengan simbol “S” merah dan garis dalam warna piano-black.

    Penyegaran dari new MINI Countryman juga terlihat pada seluruh lampu yang menggunakan teknologi LED sebagai bagian dari standar mobil ini mulai dari depan, sein sampai lampu belakang. Desain baru dari fascia depan, selain itu kontur lampu depan didesain sedikit asimetris, kemudian terlihat garis cahaya yang berfungsi sebagai daytime running light serta lampu sein.

    Trim standar dari MINI Countryman baru juga mencakup LED fog lights, dengan garis cahaya setengah lingkaran atas dari setiap lampu kabut tersebut yang berfungsi sebagai lampu parkir.

    Selain itu, pada bagian belakang ubahan terlihat pada bagian bumper, apron belakang, hingga lampu belakang yang tegak dengan bingkai krom. Oia, semua fungsi pencahayaan sudah menggunakan teknologi LED sebagai model standar,

    New MINI Countryman hadir dengan warna baru berupa White Silver metallic dan Sage Green metallic. Adapun bagian atap maupun tutup spion new MINI Countryman dapat dipilih dengan warna hitam, putih atau silver sehingga menciptakan kontras menarik dengan warna bodinya. Pada varian MINI John Cooper Works Countryman atap dan side-mirror cover dalam warna Chilli Red menjadi standar.

    Selain itu ada juga pilihan warna Trim Piano Black Exterior (standar untuk the new MINI Cooper S Countryman dan MINI John Cooper Works Countryman), dimana ada warna hitam high-gloss sebagai pengganti krom yang menempel pada bingkai lampu depan, lampu belakang, gril radiator, dan elemen-elemen indikator samping – atau side scuttles, gagang pintu dan penghurufan model pada tutup kompartemen bagasi.

    Fitur identifikasi tambahan dalam warna hitam high-gloss tersebut tersedia dari MINI Original Accessories, termasuk logo MINI dan tulisan “Cooper S” dalam desain Piano Black. Tutup spion dan side scuttles yang serasi dengan corak bendera berwarna abu-abu/hitam dalam desain.

    Pada bagian samping mobil ini juga terlihat, bahwa model new MINI Countryman ditawarkan dengan velg alloy berukuran 17 inch atau 19 inch. Velg alloy 18 inch dalam desain Blackpink Spoke hadir untuk the new MINI Cooper Countryman, begitu pula velg alloy 19 inci dalam varian desain Turnstile Spoke 2-tone yang ada pada new MINI Cooper S Countryman. Sedangkan untuk MINI John Cooper Works Countryman menggunakan velg alloy 19 inci dalam desain JCW Circuit Spoke.

    Interior

    Masuk ke dalam kabin, new MINI Countryman memiliki baris kedua yang mampu menampung tiga orang, kemudian baris kursi ini dapat diratakan menjadi split 40:20:40. Alhasil ruang penyimpanan dapat diperpanjang dari 450 menjadi hingga 1.390 liter.

    Mobil ini juga dibalut leather Chester Indigo Blue dan Chester Malt Brown menjadi pilihan baru. Colour Line untuk bagian bawah panel instrumen dan trim pintu, yang sebelumnya tersedia sebagai pilihan tunggal, kini menjadi bagian integral dari trim leather yang dirancang agar sesuai dengan skema warna yang digunakan. Pada varian MINI Cooper Countryman kulit Carbon Black menjadi pilihan baru, sedangkan pada MINI Cooper S Countryman kulit Cross Punch Carbon Black juga tersedia sebagai standar.

    Versi baru permukaan interior MINI Yours tersedia secara opsional untuk semua varian model. MINI Yours Interior Style Shaded Silver (standar untuk the new MINI Cooper S Countryman) hadirkan gaya sporty. Hal ini dipertegas dengan memadukan bezel kokpit teriluminasi dalam varian Shaded Silver dengan bezel pintu dalam warna Dark Silver dan strip aksentuasi dalam Hazy Grey.

    Ketika berada di baris depan di balik kemudi, interior new MINI Countryman kini dilengkapi Park Distance Control depan dan belakang dengan Park Assist untuk MINI Cooper S Countryman dan MINI John Cooper Works Countryman. Sebagai bagian standar, MINI Cooper S Countryman baru pada kursi depan dapat disetel secara elektrik, difasilitasi oleh fungsi memori di sisi pengemudi.

    Digital Cockpit hadir sebagai standar untuk MINI Countryman baru, dimana desain Black Panel di belakang roda kemudi memiliki diameter 5,0 inci. Sistem audio dan navigasi di kendaraan telah direstrukturisasi. The MINI Navigation System, yang juga merupakan fitur standar hadir dengan layar sentuh berukuran 8,8 inci yang terletak di instrumen sentral. Unit kontrol melingkar di MINI Countryman ditambah panel kontrol audio dan tombol untuk lampu hazard.

    Sementara itu, adanya tombol bookmark dan Piano Black high-gloss membuat mobil ini semakin berkelas. Selain mobil ini menyediakan sistem panduan rute yang mudah, lalu pengisian daya nirkabel untuk ponsel yang kompatibel, serta soket USB tambahan.

    Performa mesin

    Untuk jantung pacu, MINI Countryman terbaru ini hadir dengan tiga varian, di mana ketiganya mengusung dengan teknologi MINI TwinPower Turbo Technology terbaru. Hanya saja, yang membedakan ketiganya yaitu soal tenaga yang dihasilkan, seperti new MINI Cooper Countryman mengeluarkan daya 136 Tenaga kuda (Tk), lalu new MINI Cooper S Countryman mampu menyemburkan daya 192 Tk, kemudian MINI John Cooper Works Countryman power yang dimuntahkan mencapai 306 Tk.

    Untuk detailnya lihat di bawah ini:

    Spesifikasi MINI Countryma

    MINI CountrymanStandarS

    John Cooper Works

    MesinBensin tiga-silinder dengan MINI Twin Power Turbo Technology (turbocharging, direct injection, VALVETRONIC).
    Kapasitas1.499 cc1.998
    Output maksimum136 hp @4.500-6.500 rpm192 hp @4.750-5.000 rpm.

    306 hp @4.750-5.000 rpm.

    Torsi220 Nm @1.480-4.100 rpm.280 Nm @1.350-4.200 rpm

    450 Nm @1.350-4.200 rpm.

    Akselerasi 0-100 km/jam9,7 detik7,5 detik5,1 detik
    Kecepatan puncak: 203 km/jam226 km/jam250 km/jam
    Konsumsi bahan bakar6,3 liter/100 km6,7 liter/100 km7,6 liter/100 km
    Emisi CO2:143 g/km153 g/km175 g/km
    Transmisi7-percepatan Dual Clutch otomatis.

    8-percepatan Steptronic otomatis

     

    Harga New MINI Countryman

    ModelHarga
    MINI Cooper CountrymanRp. 629.000.000,-
    MINI Cooper S CountrymanRp. 799.000.000,-
    MINI John Cooper Works CountrymanRp. 1.250.000.000,-

     

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here