Rabu, Juni 29, 2022
More
    MobilMINI Electric, Si Mungil yang Kini Jadi Mobil Listrik

    MINI Electric, Si Mungil yang Kini Jadi Mobil Listrik

    MINI Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan mobil full listrik premium kompak ke pasar Indonesia. Ya, mobil tersebut adalah MINI Electric dan MINI Electric Collection.

    Menurut Head of MINI Asia, Kidd Yam, menyampaikan, bahwa MINI Electric adalah MINI ikonik dan tetap pertahankan semua nilai historis MINI, namun ditambahkan dengan sentuhan masa depan. 

    “Kendaraan ini padukan sensasi go-kart legendaris, desain khas, dan kualitas premium dengan pengalaman mengemudi bebas emisi,” ungkap Kidd Yam saat peluncurannya di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

    Sementara President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan, dengan hadirnya mobil listrik, hal ini menjadikan MINI menjadi pelopor dalam mobilitas perkotaan.

    “MINI Electric membuka jalan menuju pengalaman berkendara yang berkelanjutan dan tetap tawarkan desain yang unik khas MINI,” ujar Ramesh.

    Nah, OLXers mau tahu lebih lanjut bagaimana dan apa saja kelebihan dari MINI Electric? Lihat ulasannya di bawah ini. 

    MINI Electric dan MINI Electric Collection

    MINI Indonesia akhirnya meluncurkan MINI Electric ke pasar otomotif nasional.

    Eksterior

    Sekilas tampilan MINI Electric ini mirip dengan model konvensional atau bensin. Akan tetapi secara eksterior ada beberapa elemen ikonik untuk seri ini.  

    Pada bagian depan, bumper tampil modern, kemudian dilengkapi lampu khas MINI yang bulat dengan teknologi LED, serta lampu kabut dilengkapi lubang udara vertical. 

    Mobil ini juga dilengkapi Strip bumper tengah, yang berfungsi sebagai dudukan plat nomor.

    Interior 

    Desain interior MINI Electric

    Pada bagian interior, MINI Electric dengan warna Piano Black diklaim banyak fungsi dan elemen desain yang baru. Akan tetapi mobil ini memiliki gaya MINI Cooper S konvensional, termasuk bagasi. 

    Desain setir mobil ini dilengkapi tombol multifungsi yang terintegrasi, kemudian Instrument cluster yang baru. Desain panel baru berwarna hitam juga diterapkan pada layar sentuh berukuran 8,8 inci.

    Dekorasi baru untuk panel kokpit dengan tampilan horizontal, desain baru untuk permukaan interior dengan dekorasi bezel pintu Piano Black Ambient light warna untuk menerangi kokpit.

    MINI Electric Collection

    Selain MINI Electric, MINI Indonesia juga menghadirkan varian MINI Electric Collection, dimana tipe ini memiliki aksen desain istimewa dan fitur peralatan terbaru.

    MINI Electric Collection menggabungkan visual yang dikembangkan untuk edisi terbaru MINI, seperti desain front-end dan Multitone Roof, serta fitur desain eksklusif di eksterior dan interior, serta detail equipment berkualitas tinggi.

    Varian MINI Electric Collection memiliki lampu depan dan gril radiator heksagonal dipertegas sebagai fitur desain khas bagian depan kendaraan pada MINI Cooper SE.  

    Equipment MINI Electric Collection mencakup balutan cat eksterior Island Blue metallic.  

    MINI Electric Collection juga mendapatkan Multitone Roof dengan bantuan teknik pengecatan baru yang diproduksi MINI di Oxford, sehingga menciptakan gradasi warna dari San Marino Blue ke Pearly Aqua hingga Jet Black.

    Kap desain varian ini memiliki garis-garis samping lebih tegas, kemudian penutup kaca spion luar berwarna hitam, dan velg berukuran 17 inci dengan desain MINI Electric Collection Spoke.

    Oia, elemen eksterior dibalut warna Piano Black gloss seperti pada grille, lampu depan, lampu belakang, logo MINI, huruf model di belakang, gagang pintu, dan scuttle samping untuk tampilan yang berkarisma dan sporty.

    Baca juga  Sejarah Honda Civic di Indonesia, Favoritmu Generasi Berapa?

    Selain itu, MINI Electric Collection hadirkan lampu depan LED Adaptive, door sill dengan logo MINI Electric, sport seats dengan kombinasi Light Grey fabric/leatherette, interior dengan finishing Aluminium MINI Yours dan lapisan atap berwarna antrasit.

    Untuk menambah kesan premium, tipe ini dilengkapi dengan setir yang dilapisi finishing nappa, serta dilengkapi logo MINI Electric.

    Spesifikasi mesin

    Bagian mesin MINI Electric

    MINI Electric maupun MINI Electric Collection sudah dibenamkan motor listrik berkode IB1P25B dan baterai Baterai lithium-ion berdaya 93,2 Ah dan 350,4 V atau sekitar 28,9 kWh, yang disimpan di lantai mobil.

    Dengan mesin tersebut, power yang dikeluarkan bisa mencapai 135 kW atau 184 Tk pada 7.000 rpm dan torsi maksimal 270 Nm. 

    MINI Electric dapat diisi daya, baik di rumah atau fasilitas pengisian daya umum. 

    Untuk pengisian baterai dengan charger Wallbox AC fase 3 berdaya 11 kW, setidaknya daya sampai 80 persen bisa terisi dalam waktu 2,5 jam. 

    Sedangkan menggunakan travel charger dengan daya pengisian 2,3 kW membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk mengisi sampai 80 persen.

    Sementara jika menggunakan charger DC berdaya 50kW pengisiannya lebih cepat, yaitu 1 jam 24 menit. Sedangkan untuk menggunakan fast charging membutuhkan waktu sekitar 36 menit.

    Jika baterai terisi penuh, maka mobil ini bisa menjangkau hingga 232 km (WLTP) dan kecepatan tembus 150 km per jam. 

    Di atas kertas, MINI Electric mampu berakselerasi dari 0-60 km per jam dalam 3,9 detik dan 0-100 km per jam dalam 7,3 detik. 

    Harga dan Promo

    Mobil listrik MINI Electric dan MINI Electric Collection masing-masing ditawarkan dengan harga Rp 945 juta dan Rp 955 juta, kedua banderol ini berstatus off the road. 

    Akan tetapi, harga ini sudah termasuk MINI wallbox, kabel untuk public charging, serta travel charger, termasuk biaya pemasangannya.

    Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan:

    • Garansi Baterai: 8 tahun per 100 ribu km 
    • Wallbox atau aksesoris pendukung: 2 tahun – hanya berlaku bila pemasangan dilakukan oleh vendor resmi yang ditunjuk oleh BMW Group Indonesia.
    • Service Inclusive: perawatan regular tanpa biaya selama enam (6) tahun tanpa batasan jarak tempuh.
    • Warranty: selama tiga (3) tahun tanpa batasan jarak tempuh.
    • Tire Coverage: selama 2 tahun, termasuk penggantian hingga 4 ban per tahun yang mencakup biaya pembelian ban dan tenaga kerja 100%. 
    • Perlindungan ini mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, menggembung, torehan, ledakan, robek dan kerusakan akibat kendaraan terus berjalan di atas ban kempes. Ban akan diganti dengan yang asli dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

    Bagi pelanggan yang melakukan pembelian unit MINI di MINI Exhibition, PIK Avenue selama periode 8 hingga 12 Juni akan mendapatkan hadiah langsung berupa voucher belanja MAP senilai Rp 1 juta dan berbagai voucher belanja lainnya.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here