Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaMitsubishi L300, Mobil Pick Up yang Tetap Laris Manis Selama Pandemi

    Mitsubishi L300, Mobil Pick Up yang Tetap Laris Manis Selama Pandemi

    Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross, jadi produk yang mendominasi penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen pemegang merek kendaraan Mitsubishi di Tanah Air.

    Namun yang perlu OLXer tahu, masih ada produk Mitsubishi yang ternyata mampu mendulang banyak penjualan di pasar otomotif nasional, yaitu Mitsubishi L300. Mobil ini berhasil menyumbang 23 persen dari total penjualan Mitsubishi di Indonesia Januari-Juli 2021.

    Ya, mobil ini bukanlah jenis mobil penumpang, melainkan komersial yang kerap jadi tumpuan para pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menjalankan bisnisnya.

    Menurut Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, Mitsubishi L300 mendominasi di segmen 4×2 dengan pencapaian 66 persen pangsa pasar selama semester pertama di 2021. 

    “L300 seiring recovery pemulihan ekonomi dan industri. Penjualannya meningkat dari periode yang sama tahun lalu mencapai 60 persen,” ungkap Irwan.  

    Berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi L300 yang sudah diluncurkan sejak tahun 1979 sepanjang Januari-Juli 2021 secara wholesale tercatat 14.910 unit. 

    Angka tersebut cukup tinggi jika melihat model mobil yang laris saat ini lantara baru mendapatkan potongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) menjadi 0 persen yang berlaku sejak Maret 2021 lalu. Sedangkan untuk pick up sendiri tidak, karena sejak awal mobil komersial tidak dikenakan PPnBM.

    Kelebihan Mitsubishi L300

    Mitsubishi L300 sejatinya memiliki tiga pilihan varian yaitu pick up standar, pickup flat bed, dan cab chassis. Untuk harga, L300 tipe standar dijual Rp Rp 189,5 juta, tipe standard Rp 194 juta dan tipe flat bed Rp 194,5 juta.

    Oia, tingginya penjualan Mitsubishi L300 tak lepas karena mobil ini dianggap menjadi pick up yang awet dan bandel. Tak heran, jika L300 kerap digunakan berbagai usaha mulai dari mobil angkutan di perkotaan, ekspedisi, hingga perkebunan. 

    Ya, ini juga tak lepas dari dimensi L300 yang lapang, dengan bagian cargo bed panjang 2.430 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 360 mm untuk tipe standard serta  tinggi 310 mm untuk tipe flatbed, sehingga daya angkut mobil ini mampu membawa beban hingga 1,26 ton. 

    Ketangguhan dalam membawa beban ini, ditunjang dengan ketahanan pada bagian suspensi yang sudah menggunakan double wishbone dan coil spring di bagian depan dan semi elliptic leaf spring pada bagian belakang. 

    Belum lagi kaki-kaki sudah menggunakan velg berukuran 14 inch yang dibalut ban 185, ditambah sistem pengereman cakram berventilasi di bagian depan dan tromol pada bagian belakang.

    Untuk jantung pacu, Mitsubishi L300 mengusung mesin diesel Cyclone 4D56 berkapasitas 2.500cc yang memuntahkan daya 72,9 Tk pada 4.200 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 2.500 rpm. Tenaga yang dimiliki mobil ini disalurkan melalui transmisi lima percepatan. 

    Promo Mitsubishi L300

    Oia, jika OLXer ingin memiliki Mitsubishi L300 di bulan Agustus 2021, maka akan mendapatkan program cashback Rp 5 juta, dan penawaran khusus dari leasing Dipo Star Finance berupa DP ringan 10 persen (berlaku untuk area tertentu). 

    Tidak hanya itu, OLXer juga bisa mendapatkan hadiah langsung berupa LED TV (program tidak berlaku untuk area Jabodetabek, Banten, dan Sumatera).

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here