Selasa, April 23, 2024
Lainnya
    BeritaKurangi Produksi, Mitsubishi Motors Tutup Pabrik Pajero di Jepang

    Kurangi Produksi, Mitsubishi Motors Tutup Pabrik Pajero di Jepang

    Mitsubishi Motors Company telah membuat keputusan akhir untuk menutup Pajero Manufacturing dalam waktu tiga tahun mendatang (2023). Hal ini terkuak setelah sumber yang mengetahui rencana tersebut membeberkannya pada Nikkei Asia. 

    Pajero Manufacturing yang berbasis di kota Sakahogi, Prefektur Gifu, Jepang sudah menghasilkan mobil-mobil SUV andalan Mitsubishi, salah satunya Pajero Sport. Bahkan rencananya Mitsubishi Motors juga bermaksud menghentikan produksi Pajero yang sampai sejauh ini masih terus diekspor ke berbagai negara. 

    “Rencana ini akan masuk dalam rencana baru manajemen untuk jangka menengah yang akan diumumkan pada 27 Juli 2020,” sebut sumber tersebut seperti dikutip dari Nikkei Rabu (22/7/2020).

    Seperti kita ketahui Pajero Manufacturing memang sudah berhenti memproduksi model Pajero untuk pasar domestik Jepang di tahun 2019 lalu. Mereka hanya membuat Pajero untuk kebutuhan ekspor, Delica dan Outlander. 

    Pabrik ini pada tahun fiskal 2019 memproduksi sebanyak 63.000 mobil Mitsubishi, 10 persen dari keseluruhan produksi domestik Mitsubishi Motors.

    Dengan penutupan pabrik tersebut, produksi mobil Delica dan Outlander akan dipindahkan ke Okazaki Manufacturing, anak perusahaan Mitsubishi Motors yang berbasis di kota Okazaki, Prefektur Aichi, dan di tempat lain. Sementara sebagian karyawan yang berjumlah total 900 orang akan dipindahkan. 

    Pajero Manufacturing menjadi pabrik Mitsubishi Motors domestik pertama yang ditutup dalam kurun waktu 20 tahun. Terakhir di tahun 2001, pabrik Ooe di ibukota Prefektur Aichi, Nagoya ditutup.

    Tapi Mitsubishi Motors bukan satu-satunya merek yang merasakan betul dampak dari pandemi COVID-19 ini. Dua raksasa otomotif lainnya, Toyota dan Honda juga mengalami nasib serupa. 

    Masih di Jepang, Toyota Motor juga memutuskan untuk menutup pabrik perusahaan Higashi-Fuji di kota Susono di Prefektur Shizuoka akhir tahun ini, sementara Honda Motor akan menutup pabrik Sayama di kota Sayama di Prefektur Saitama pada tahun 2021.

    Aksi tutup pabrik ramai-ramai ini bertujuan untuk mengurangi kapasitas produksi yang berlebihan karena di pasar domestik (Jepang) penjualan mobil baru memang menyusut cukup tajam efek pandemi. 

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait