Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    BeritaYuk Kenalan dengan MIVEC, Mesin Andalan Mitsubishi Motors

    Yuk Kenalan dengan MIVEC, Mesin Andalan Mitsubishi Motors

    Mitsubishi Motors merupakan salah satu merek kendaraan yang cukup populer di dunia, termasuk Indonesia. Pajero Sport merupakan salah satu model Mitsubishi Motors yang cukup banyak peminatnya di Tanah Air sebelum hadirnya Small MPV pesaing berat Toyota Avanza, yakni Mitsubishi Xpander.

    Salah satu yang menjadikan merek mobil asal Jepang ini sangat digemari adalah kemampuan mesin-nya yang banyak diakui orang, yakni MIVEC atau Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system.

    Mekanisme kerja mesin mengandalkan pengaturan valve-timing atau waktu bukaan katup udara dalam mesin yang disesuaikan dengan kebutuhan mesin secara otomatis. Sistem mesin ini menghasilkan tenaga besar, konsumsi bahan bakar efisien, serta emisi gas buang yang rendah. 

    “Mesin MIVEC yang disematkan pada kendaraan Mitsubishi Motors memiliki teknologi yang tidak hanya mengoptimalkan performa tenaga mesin, namun juga memperhitungkan tingkat konsumsi bahan bakar dan gas buang yang efisien sekaligus juga memperhatikan keberlangsungan lingkungan,” ungkap Guntur Harling, Group Head of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam sebuah keterangan tertulis, Rabu (3/6/2020).

    Sejarah Mesin MIVEC dan Pengembangannya

    Mesin MIVEC pertama kali digunakan tahun 1992 pada Mitsubishi Mirage, dan sejak itu Mitsubishi Motors terus mengembangkan kemampuan mesin tersebut dengan sejumlah perangkat tambahan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. 

    Mitsubishi Motors mengembangkannya menjadi mesin All New MIVEC yang mengendalikan intake valve timing dan besarnya valve lift pada waktu yang sama, sepanjang waktu. 

    Dan di tahun 2011 giliran model Mitsubishi Galant Fortis dan Sportback Galant Fortis dapat kesempatan menggendong mesin All New MIVEC SOHC (Single Over Head Camshaft) yang hanya dijual untuk pasar Jepang.

    Disini kinerja mesin sudah menyesuaikan volume udara yang masuk melalui mekanisme pengaturan valve timing dan valve lift  serta bukaan throttle valve. Hasil yang didapat dari pengembangan mesin jenis 4J1 adalah berkurangnya konsumsi bahan bakar dengan peningkatan stabilitas pembakaran melalui optimalisasi struktur ruang bakar dan pengurangan gesekan melalui optimalisasi struktur piston. 

    Selain mesin MIVEC SOHC, Mitsubishi Motors juga mengembangkan seri mesin MIVEC DOHC 16valve Engine (4B1 model) yang diaplikasikan pada Mitsubishi Outlander dan Delica D:5 serta Galant Fortis. 

    Kinerja mesin menghasilkan performa yang tinggi dibarengi tingkat efisiensi bahan bakar yang sangat baik berkat pengendalian intake cam dan exhaust cam secara independen. Mesin ini menawarkan kombinasi output tenaga maksimal, efisiensi bahan bakar yang optimal, dan sangat ramah lingkungan dengan membuat kontrol katup yang lebih tepat sesuai dengan RPM dan beban engine pada sistem intake saja.

    Terakhir, Mitsubishi Motors kemudian mengembangkan mesin 4B11 MIVEC Twin-Scroll Turbo Engine. Performa mesin yang satu ini bahkan lebih baik dengan peningkatan respons sangat signifikan dibandingkan dengan model 4G63 konvensional. 

    Mitsubishi Motors memang merancangnya untuk menghasilkan torsi tinggi dari rentang kecepatan yang lebih rendah. Performa tenaganya luar biasa, termasuk perbaikan gear ratio pada drive train

    Fitur paling revolusioner di mesin ini adalah penggunaan material die-cast aluminium pada blok silinder. Lebih enteng dengan reduksi bobot hingga 12,5 kg dibandingkan blok silinder besi konvensional. 

    Begitu juga tata letak sisi intake dan exhaust yang diubah, memungkinkan penempatan pipa exhaust tidak perlu lagi di bawah mesin, sehingga posisi mesin bisa turun sejauh 10 mm dibandingkan dengan model konvensional.

    Model Mitsubishi Motors Bermesin MIVEC di Indonesia

    Mitsubishi Xpander (Gaadiwadi)

    Keunggulan mesin MIVEC ini sudah sangat dikenal di Jepang, negara asal Mitsubishi Motors. Namun pecinta Mitsubishi Motors di Indonesia juga bisa menikmati keunggulan mesin tersebut.

    Beberapa model kendaraan penumpang berlogo “Tiga Berlian” bermesin MIVEC juga ditawarkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor kendaraan penumpang dan niaga ringan merek Mitsubishi Motors di Tanah Air.

    Sebut saja Mitsubishi Xpander, Xpander Cross, Outlander Sport, Eclipse Cross dan Pajero Sport, semua menggunakan jenis mesin yang sama, yakni MIVEC. 

    Mitsubishi Xpander dibekali mesin 4A91 MIVEC 1.5L DOHC 16Valve dengan dorongan tenaga hingga 104 PS di 6.000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm yang dikombinasikan dengan berbagai fitur sehingga memberikan pengalaman berkendara terbaik untuk keluarga. 

    Mesin serupa juga dibenamkan pada Xpander Cross, bedanya untuk SUV terbaru Mitsubishi Motors ini punyai kombinasi mesin dan suspensi canggih dengan katup peredam guncangan yang memberikan kenyamanan lebih saat berkendara di berbagai medan. 

    Sementara Outlander Sport menggendong mesin 4B11 16Valve MIVEC DOHC dengan kapasitas mesin lebih besar, yakni 2.000 cc dengan tenaga maksimum 150 PS di putaran 6.000 rpm serta torsi maksimum 197 Nm di 4.200 rpm. 

    Masih di segmen SUV, Mitsubishi juga menawarkan Eclipse Cross dengan mesin 4B40 DOHC MIVEC 1.5L yang sudah pakai sistem turbo. Tentu saja tenaga yang ditawarkan jauh lebih besar di putaran mesin bawah dan menengah. Bermesin 4 silinder, mobil yang juga baru dijual di Indonesia ini memiliki tenaga maksimum hingga 150 PS di 5.500 rpm dengan torsi mesin 250 Nm di  2.000-3.500 rpm.

    Seperti yang dijelaskan di awal, model Mitsubishi Motors yang satu ini memang paling melegenda berkat kemampuannya. Pajero Sport merupakan kendaraan penumpang Mitsubishi Motors bermesin diesel dengan teknologi MIVEC.

    Hampir seluruh varian di model ini sudah menggendong mesin 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged and Intercooled. Mulai dari varian Dakar 4×4, Dakar Ultimate, dan Dakar 4×2. Muntahan tenaga cukup besar hadir di model ini, yakni 181 PS di 3.500 rpm yang dipadukan dengan teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) untuk mengoptimalkan kinerja turbin.

    Model diesel lainnya adalah New Triton yang meluncur di Indonesia tahun 2019 lalu. Mobil adventure ini dibekali juga dengan mesin teknologi MIVEC jenis 4N15 DI MIVEC DOHC 16 valve Direct Diesel Injection, Intercooled dan Turbocharged pada varian Ultimate dan Exceed. 

    Terakhir ada Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) yang juga dibekali mesin MIVEC melengkapi kecanggihan teknologi serta berbagai fitur yang dimilikinya. Mengusung mesin 4B12 2.4L DOHC MIVEC 4 silinder, tenaga yang ditawarkan oleh mobil ini mencapai 128 PS di 4.500 rpm serta torsi maksimum 199 Nm pada putaran 4.500 rpm. 

    Agar sedikit menjadi perhatian bagi pemilik Outlander PHEV, agar tidak sembarangan menggunakan jenis bahan bakar. Karena mesin ini direkomendasikan pakai bahan bakar bensin minimal RON 95. Soal mahalnya harga BBM jenis tersebut tidak perlu dikhawatirkan, karena bukan sumber energi utama menggerakkan mesin, melainkan pakai tenaga listrik, sehingga konsumsi BBM-nya tentu sangat irit. 

    Nah, itu merupakan sedikit cerita dari keunggulan teknologi mesin MIVEC milik Mitsubishi Motors. Beberapa jenis kendaraan Mitsubishi Motors yang pakai mesin tersebut bisa ditemukan di platform OLX. So, jika kalian minat silahkan klik disini

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait