Senin, Agustus 8, 2022
More
    BeritaIni Alasan Mengapa Mobil Hatchback Digemari Banyak Orang

    Ini Alasan Mengapa Mobil Hatchback Digemari Banyak Orang

    Terkadang masih banyak konsumen mobil di Indonesia yang masih sulit membedakan antara mobil hatchback dan city car. Karena kalau bicara karakter, dua-duanya hampir mirip, yakni sama-sama memiliki bentuk body yang compact.

    Karakter yang paling melekat dari keduanya adalah mudah diajak bermanuver karena body compact-nya tadi.

    Lebih lincah dan juga mudah nyelip di kemacetan jalan Ibukota. Dan untuk urusan parkirnya juga lebih gampang. 

    Selain itu, model hatchback dan city car sama-sama berkapasitas muat 5 penumpang dan tidak memiliki buntut.

    Cara mudah untuk membedakan dua model ini bisa dilihat dari dimensinya. Rata-rata model hatchback punya dimensi sedikit lebih besar dibandingkan dengan city car

    Jadi secara umum, kabin mobil hatchback itu lebih luas dibandingkan dengan mobil city car

    Pembeda lainnya adalah dari kapasitas mesin yang diusung. 

    Kebanyakan kalau mobil hatchback dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500cc, city car biasanya antara 1.000cc sampai 1.300cc. 

    Sejauh ini kedua model mobil tersebut masih menjadi pilihan konsumen di Indonesia. 

    Baca Juga: Suzuki Baleno Terbaru Harganya Naik Rp 3 jutaan, Ini Perubahannya

    Suzuki New Baleno Hatchback

    Dengan desain yang aerodinamis, modelnya juga cukup modern, mobil hatchback dan city car tidak pernah sepi peminat.

    Kalau bicara khususnya hatchback, model ini jika berdasarkan data GAIKINDO, masih mampu memberikan kontribusi penjualan secara nasional hingga 5-7% dalam lima tahun terakhir (2018 – April 2022).

    Mobil Hatchback Suzuki Kuasai 12,7% Pasar Nasional

    Di segmen ini (hatchback), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengandalkan Baleno untuk mengisi kebutuhan di segmen itu. 

    “Target pasar hatchback mirip dengan target pasar city car, yaitu konsumen yang menginginkan mobil dua baris dengan dimensi yang compact. Tapi, hatchback menyasar pada konsumen yang menginginkan kendaraan dengan fitur yang lebih canggih, dengan mesin 1.500 cc atau lebih, dan memiliki ruang kabin yang lebih luas. Umumnya, konsumen hatchback adalah kalangan dewasa muda yang tinggal di perkotaan dan memiliki mobilitas yang cukup tinggi,” tutur Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) dalam siaran pers, Jumat (22/7/2022). 

    Suzuki New Baleno Hatchback

    Disebutkan juga, bahwa umumnya model hatchback berdimensi sedikit lebih kecil dari jenis mobil SUV maupun MPV sehingga bobotnya jadi lebih ringan yang ujungnya mempengaruhi konsumsi bahan bakar. 

    Keunggulan-keunggulan inilah menurut Donny yang menjadikan mobil hatchback masih terus diminati sampai sekarang.

    Suzuki Baleno awalnya adalah mobil yang diluncurkan pertama kali oleh Suzuki dalam bentuk sedan. Baru di tahun 2017 mobil ini hadir dalam bentuk hatchback

    Selama tahun 2021, Baleno yang kini sudah bertransformasi menjadi hatchback menguasai 12,7% dari total penjualan seluruh mobil hatchback yang dijual di Indonesia.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here