Kamis, Oktober 5, 2023
Lainnya
    MobilMobil Bekas7 Mobil Keluarga Bekas Kisaran Harga Rp 100 Jutaan, Mana Pilihan Anda?

    7 Mobil Keluarga Bekas Kisaran Harga Rp 100 Jutaan, Mana Pilihan Anda?

    Saat hendak membeli mobil keluarga, cukup banyak hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Kelegaan kabin menjadi salah satu aspek yang cukup penting. Tipikal keluarga Indonesia yang merupakan extended family, membuat banyak orang memilih mobil keluarga dengan kabin yang luas. Selain itu, mobil dengan kabin yang luas memungkinkan untuk dibawa perjalanan jauh bersama keluarga besar.

    Sayangnya, harga mobil keluarga masih tergolong cukup mahal bagi masyarakat dengan budget pas-pasan. Alhasil, banyak keluarga yang akhirnya memutuskan untuk membeli mobil keluarga bekas sebagai alternatif. Bagi Anda yang memiliki budget sekitar Rp 100 jutaan, bisa memilih beberapa daftar mobil rekomendasi kami berikut ini.

    1. Toyota Avanza (2012-2013)

    Toyota Avanza
    Toyota Avanza (olxautos.co.id)

    Sering terlihat wara-wiri di jalan, Toyota Avanza kerap dijuluki “mobil sejuta umat”. Bukan tanpa alasan mobil ini banyak dipilih masyarakat, Avanza memang cukup nyaman digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan harian hingga perjalanan jauh sekalipun. Selain itu, ruang kabinnya tergolong lega dan dapat menampung 7 hingga 8 orang penumpang. Ditambah lagi, mobil ini sudah dilengkapi banyak fitur menarik, di antaranya SRS airbag dan rem ABS.

    Terdapat dua tipe Avanza yang bisa dipilih, yaitu tipe E dan G. Kapasitas mesin yang bisa dipilih juga terdapat dua pilihan, yaitu 1.3 L dan 1.5 L. Namun, untuk Avanza dengan kapasitas mesin 1.5 L hanya terdapat pada tipe G dengan transmisi manual. Tersedia dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis. Di pasaran, harga Toyota Avanza rentang tahun 2012 – 2013 sekitar Rp 90 juta hingga Rp 150 jutaan.

    Baca juga: 6 Rekomendasi Mobil Besar yang Nyaman untuk Keluarga

    2. Suzuki Ertiga (2012-2014)

    Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga (olxautos.co.id)

    Rekomendasi mobil keluarga lainnya yang bisa dibeli bekas adalah Ertiga. generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 2012. Mobil pabrikan Suzuki ini juga cukup banyak diminati sebagian keluarga Indonesia. Bukan hanya karena kabin yang luas dan fungsinya baik, tetapi juga dari desainnya yang dinilai modern dan elegan. Suzuki Ertiga ditawarkan dalam tiga pilihan varian, yaitu GA, GI, dan GX.

    Soal dapur pacu, mobil yang bisa menampung 7 hingga 8 penumpang ini dibekali dengan mesin berkode K14B berkapasitas 1.373 cc. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 95 PS dan torsi maksimal 130 Nm. Tenaga ini dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis.

    Mobil yang satu ini sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh. Selain karena kabinnya yang luas untuk membawa penumpang dan barang-barang bawaan, mobil ini juga sangat irit bahan bakar. Suzuki Ertiga bekas bisa didapat dengan harga mulai Rp 85 jutaan hingga Rp 170 jutaan.

    3. Nissan Grand Livina (2013)

    Nissan Grand Livina
    Nissan Grand Livina (olxautos.co.id)

    Grand Livina pernah menjadi salah satu mobil terpopuler di Indonesia untuk tunggangan keluarga besar. Ruang kabin yang lega, serta kenyamanan berkendara menjadikan alasan mobil ini menjadi incaran pada masanya. Terlebih, tampilannya elegan dengan pengendalian yang serupa sedan. Mobil dengan konfigurasi 7 penumpang ini, cukup nyaman pada bagian kabinnya dan dilengkapi dengan berbagai fitur, di antaranya roof monitor, rem ABS dan EBD, sensor parkir, dan sistem audio 2 DIN dengan layar sentuh.

    Mobil yang cocok untuk perjalanan jauh ini hadir dengan dua pilihan mesin. Pertama, mesin mobil dengan kode QR15DE berkapasitas 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 107 Hp. Kedua mesin dengan kode MR18DE berkapasitas 1,8 liter yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 126 Hp. Tenaga ini disalurkan melalui dua pilihan transmisi, yaitu manual dengan 6 percepatan dan otomatis dengan 4 percepatan. Grand Livina bekas tahun rilis 2013 di pasaran, dijual mulai dari Rp 76 jutaan.

    4. Nissan Evalia (2013)

    Nissan Evalia
    Nissan Evalia (olxautos.co.id)

    Meski sudah lama tidak diproduksi, Nissan Evalia masih dicari, khususnya oleh keluarga yang biasa melakukan perjalanan jauh. Bodinya yang bongsor, membuatnya sangat layak dijadikan mobil keluarga. Selain itu, desainnya juga elegan dengan dilengkapi pintu geser di bagian samping. Selain eksteriornya yang menarik, bagian kabinnya begitu nyaman dengan dilengkapi nuansa two tone, yaitu hitam dan beige. Fitur keamanannya juga sudah cukup lengkap dengan dilengkapi sensor parkir, i0key system, dan sudah menggunakan keyless entry.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik & Terlaris di Indonesia!

    Performa mesin Nissan Evalia cukup mumpuni, yaitu dilengkapi dengan mesin 1.498 4 silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 109 Hp pada putaran 5.600 rpm dan torsi maksimum 143 Nm pada putaran 4.000 rpm. Evalia menawarkan dua pilihan dua pilihan transmisi, yaitu manual 4 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

    Menyoal harga, Nissan Evalia bekas yang rilis tahun 2013 dibanderol dengan rentang harga Rp 80 jutaan sampai Rp 140 jutaan. Jika mencari Evalia di bawah Rp 100 jutaan, Anda bisa memilih tahun keluaran 2012 yang harganya dibanderol mulai Rp 65 jutaan hingga Rp 120 jutaan.

    5. Chevrolet Spin (2014)

    Chevrolet Spin
    Chevrolet Spin (olxautos.co.id)

    Rekomendasi mobil bekas keluarga untuk perjalanan jauh selanjutnya adalah Chevrolet Spin. Mobil produksi Amerika ini mungkin memang cukup jarang digunakan di pasaran Indonesia. Namun, di pasar jual beli mobil bekas Tanah Air, mobil ini masih cukup diminati. Hal ini berkat mesinnya yang bandel dan siap dibawa berkendara ke berbagai kondisi jalan.

    Mobil jenis MPV dengan kapasitas 7 penumpang ini sangat cocok dibawa perjalanan jauh, maupun digunakan harian. Sebab, bantingannya begitu empuk dan efisiensi mesinnya tetap terjaga. Bodinya yang kokoh, ruang kabinnya yang kedap, hingga ruang bahasinya yang lapang, bisa dijadikan pertimbangan. Ditambah lagi, mesinnya yang cukup bertenaga untuk dibawa perjalanan jauh.

    Kapasitas mesin yang ditawarkan, yairu 1485 cc. Mesinnya mampu mengeluarkan tenaga hingga 109 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 142 Nm pada putaran 3.800 rpm. Jika membutuhkan spare part untuk mengganti yang rusak, bisa didapatkan dengan mudah. Harga bekas mobil ini berada di angka Rp 85 jutaan hingga Rp 120 jutaan. Tinggi – rendahnya harga Chevrolet Spin bekas tergantung dari kondisi mobil.

    Baca juga: 9 Rekomendasi Mobil Keluarga Paling Irit BBM, Mana Pilihanmu? 

    6. Toyota Calya (2017)

    Toyota Calya
    Toyota Calya (olxautos.co.id)

    Diluncurkan pada tahun 2016 sebagai mobil LCGC, Toyota Calya merupakan produk hasil kerjasama antara Daihatsu dan Toyota. Pertama kali diluncurkan, Calya hadir denga dalam dua tipe, yaitu tipe E dan G. Masuk ke bagian interiornya, mobil ini mampu menampung 7 hingga 8 penumpang. Fiturnya cukup lengkap, mulai dari fitur hiburan hingga keamanan. Di antaranya, terdapat fitur electronic power steering, dual airbag, dan sistem audio 2 DIN.

    Dari segi performa mesin. Toyota Calya dilengkapi dengan mesin 3NR 4 silinder segaris DOHC dan 16 valve berkapasitas 1.200 cc. Mesin yang dilengkapi dengan Dua VVT-i ini, mampu menghasilkan tenaga hingga 88 PS. Tenaga ini dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, manual dan otomatis. Mobil ini bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang gemar bepergian jauh dengan keluarga, karena dikenal irit bahan bakar. Toyota Calya tahun rilis 2017 bisa didapatkan mulai harga Rp 90 jutaan hingga Rp 110 jutaan.

    7. Wuling Confero (2018)

    Wuling Confero
    Wuling Confero (olxautos.co.id)

    Rekomendasi selanjutnya adalah Wuling Confero yang kehadirannya masih “hangat” di Indonesia. Tergolong sebagai mobil keluaran baru, Wuling Confero cukup eksis dan diminati di pasaran otomotif Tanah Air. Wuling hadir seakan menepis anggapan mobil pabrikan China yang mudah rusak. Sebaliknya, Confero justru menyenangkan untuk dikendarai dengan segala teknologi dan kelengkapan fiturnya yang memanjakan.

    Jenis mobil MPV ini mampu menampung 7 hingga 8 penumpang dengan dukungan kabin dan bagasi yang lapang. Performa mesinnya berkapasitas 1.5 L yang mampu menghasilkan tenaga hingga 107 Hp pada putaran 5.800 rpm dan torsi maksimum 142 Nm pada putaran 3.800 – 4.400 rpm. Mesin ini didukung oleh transmisi manual 5 percepatan.

    Itulah tadi beberapa rekomendasi mobil keluarga yang cocok untuk dibawa perjalanan jauh. Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa dipilih selalu berkondisi prima dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait