Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruMobil Konsep Mitsubishi Ini Bikin Gemas

    Mobil Konsep Mitsubishi Ini Bikin Gemas

    Mitsubishi memang gak pernah mau kalah dengan merek mobil lainnya dalam urusan teknologi. Terbukti dalam gelaran Tokyo Motor Show 2019 yang dibuka hari ini, Rabu, 23 Oktober 2019, Mitsubishi tampil all-out dengan dua model konsep terbarunya, MI-Tech Concept dan K-Wagon Super Height.

    Dua mobil konsep Mitsubishi ini berdesain imut, lucu dan pastinya canggih. Menarik semua mata pengunjung pameran yang berlangsung di Tokyo Big Sight, Jepang.

    Tapi yang paling menggemaskan adalah MI-Tech Concept, sebuah SUV electrified yang bentuknya boleh dibilang rada-rada nyeleneh tapi bikin semua mata seakan gak mau lepas darinya.

    Penasaran bagaimana tampilan mobil konsep terbaru Mitsubishi ini kan? Yuk, kita lihat lebih jauh bagaimana detailnya.

    Small plug-in hybrid electric SUV

    Mitsubishi lagi-lagi mengedepankan model SUV sebagai andalannya untuk pasar global. Gak perlu diceritakan lagi bagaimana model Pajero Sport menjadi mobil SUV paling digemari dunia, termasuk di Indonesia.

    Nah, kali ini Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menghadirkan small plug-in hybrid electric SUV yang fun to drive dan menciptakan rasa percaya diri tinggi saat melaju di jenis medan manapun.

    “Kami berdedikasi untuk teknologi elektrifikasi, khususnya plug-in hybrids (PHEVs). Kami akan memperluas jajaran kendaraan listrik kami dengan memberikan lebih banyak variasi dan memanfaatkan beragam teknologi elektrifikasi dalam aliansi untuk menjadikan MMC pemimpin dalam kategori PHEV di masa mendatang,” ujar Takao Kato, Chief Executive Officer MMC saat mempresentasekan MI-Tech Concept di TMS 2019.

    Mobil konsep ini mewujudkan komitmen brand MMC “Drive Your Ambition” dalam satu paket small electrified SUV yang ringan, kompak, drivetrain PHEV baru, penggerak motor listrik 4WD, canggih serta memiliki teknologi keselamatan preventif.

    Mengusung konsep “Stimulated the driver's adventure”, MI-Tech Concept dirancang sebagai kendaraan yang mewujudkan inti dari Mitsubishi-ness.

    Secara progresif hal ini ditunjukkan melalui warna body blue light serta warna tembaga pada sisi grille, pelek dan interiornya.

    Pada bagian ujung mukanya mengadopsi konsep desain Dynamic Shield. Sementara di bawah bumper disematkan plat aluminium sebagai pelindung body. 

    Nampak dari sisi samping, ada overfender yang sangat tinggi dengan ban diameter besar sebagai gambaran karakter mobil SUV yang punya mobilitas tinggi serta stabilitas dalam mencengkeram aspal ataupun tanah. 

    Dari belakang, tail light berbentuk T dibuat hampir menyerupai pola desain di bagian depan. 

    Masuk ke bagian dalamnya juga gak kalah futuristik nih OLXer. Kalian bisa melihat pola panel instrumen horizontal dengan desain fungsional yang  memudahkan saat dikendarai. 

    Tema horisontal ini ditekankan oleh garis-garis tembaga yang ditambahkan pada panel instrumen dan roda kemudi. 

    Saklar berbentuk keyboard diposisikan di atas konsol tengah dengan tema horizontal, dan arm rest depan berfungsi sebagai bantalan tangan dalam mengoperasikan setiap tombol yang ada di konsol tengah. 

    Drivetrain PHEV yang ringkas dan kompak

    SUV konsep ini menyematkan drivetrain PHEV terbaru sebagai salah satu sumber tenaganya. Generator mesin turbin gas yang ringan ini menjadi pengganti mesin konvensional. Output tenaga yang dihasilkan sangat kuat untuk mengimbangi ukuran dan berat kendaraan.

    Mobil ini juga bisa memanfaatkan berbagai jenis bahan bakar, mulai dari diesel, minyak tanah dan alkohol, tergantung daerahnya. 

    Sistem Penggerak 4WD

    MI-Tech Concept menerapkan S-AWC Integrated Vehicle Dynamics Control System ke Quad Motor 4WD System dengan Dual-Motor Active Yaw Control (AYC) di depan dan belakang. 

    Sistem ini membuat kaliper rem elektrik bekerja dengan respon yang tinggi. Kontrol akurasi yang tinggi dari penggerak dan gaya pengereman dari keempat roda sekaligus menghasilkan peningkatan kinerja drastis saat belok dan traksi. 

    Teknologi keselamatan preventif

    Lebih jauh, SUV dari Mitsubishi ini juga dibekali dengan advanced driver assist serta teknologi keselamatan preventif

    Human Machine Interface (HMI) akan menampilkan berbagai informasi potensi kecelakaan yang terdeteksi melalui teknologi penginderaan termasuk sensor optik canggih pada kaca augmented reality (AR) yang akan membantu pengemudi menghindari kecelakaan. 

    Menginformasikan kondisi di sekitar kendaraan lewat layar kaca depan, pengemudi bisa membuat keputusan yang akurat meski dalam kondisi visibilitas yang buruk.

    Rencananya MMC akan menggunakan salah satu teknologi elektrifikasi untuk SUV menengah dan kompak baru pada 2022. Artinya mobil konsep ini masih menunggu waktu untuk diproduksi dan dipasarkan. 

    Hmmm, jangan lama-lama dong, feeling sih kalau masuk Indonesia bakalan laku banget seperti Xpander, kalian setuju gak? (Z)

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here