Kamis, September 29, 2022
More
    BeritaDaftar 15 Mobil Listrik yang Dijual di Indonesia

    Daftar 15 Mobil Listrik yang Dijual di Indonesia

    Pemerintah memutuskan menaikkan harga BBM yang sedikit banyak mempengaruhi dunia otomotif Indonesia.  Dengan naiknya harga bahan bakar, pamor motor dan mobil listrik pun naik, dan dianggap sebagai solusi kendaraan yang hemat dan efisien.

    Pasar mobil ramah lingkungan ini sudah ada, meskipun masih untuk kalangan tertentu saja karena harga beli kendaraan yang relatif lebih mahal.  

    Ada sekitar 9 model mobil elektrifikasi yang dirangkum oleh News.OLX dan sudah dijual di Indonesia sepanjang tahun lalu, ini daftarnya : 

    1. BMW iX

    Mobil listrik BMW iX
    BMW iX

    BMW menjadi pabrikan otomotif pertama yang berhasil memasarkan mobil listrik murni di Indonesia. Tahun 2022 ini, tren tersebut berlanjut dengan rilisan mobil listrik terbarunya yang hadir pertama kali di GIIAS 2022.

    BMW iX adalah mobil listrik yang berkonsep sport activity vehicle. Bodi yang garang, namun tetap bergaya dan mewah ala mobil BMW. 

    Dapur pacu mobil ini menggunakan sistem penggerak xDrive 40, dimana mobil listrik ini dijejali baterai Lithium-ion 76,6 kWh, yang sanggup menyemburkan daya 326 Tk dan torsi 630 Nm.

    Untuk segi performa, BMW iX tak kalah dari mobil listrik lainnya. Dari pengetesan, iX  mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 6,1 detik, dan top speed yang mampu berlari hingga mencapai kecepatan 200 km per jam.

    Harga BMW iX : Rp2.332 miliar

    2. Hyundai Ioniq 5

    Mobil listrik Hyundai IONIQ 5
    Hyundai Ioniq 5

    Mobil listrik yang paling banyak menyedot perhatian publik di Tanah Air adalah duet Hyundai, Ioniq dan Kona Electric. Ini adalah merupakan mobil listrik termurah jika mau dibandingkan dengan merek mobil listrik lainnya yang dijual di Indonesia.

    Hyundai Ioniq 5 menjadi suksesor dari generasi pendahulunya yakni Ioniq Electric. Dirilis dengan 2 tipe, yakni varian prime dan signature. Perbedaannya ada dari kelengkapan fitur, dimana tipe signature sudah disematkan fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), vision roof, dan beberapa fitur kenyamanan lainnya.

    Sedangkan untuk kapasita baterai. Mobil ini dibekali baterai lithium-ion polymer dengan kapasitas 58 kWh  (365 km) untuk varian standard range, dan 72,6 kWh (451 km)  untuk long range. 

    • Harga IONIQ 5 Prime – Standard Range: Rp748.000.000
    • Harga IONIQ 5 Prime – Long Range: Rp789.000.000
    • Harga IONIQ 5 Signature – Standard Range: Rp809.000.000
    • Harga IONIQ 5 Signature – long Range: Rp859.000.000

    Baca juga: Mobil Listrik Mungil Harga Rp 71,4 Jutaan

    3. Hyundai Kona Electric

    Mobil listrik indonesia kona electric
    Hyundai Kona Electric

    Kona Electric bisa dibilang sangat mempersuasi konsumen untuk beralih ke mobil listrik.  Mobil ini memiliki segudang kelebihan, fitur, dan efisiensi bahan bakar yang mencengangkan.  

    Mobil SUV ini hadir dengan motor listrik magnet synchronous bertenaga 150 kW. Tenaganya sebesar 201 tk dan torsi maksimum 394 Nm. Baterai berjenis lithium-ion dengan kapasitas 64 kWh. Untuk sekali pengisian, Kona Electric mampu melaju hingga sejauh  484 km.  

    Maka dari itu, secara penghitungan Kona Electric dapat mencapai 7,5 km dengan daya listrik 1 kWh yang saat ini tarifnya hanya Rp2.466 per kwh. Dari segi harga, Kona Electric juga relatif murah dibanding mobil lain dikelasnya.

    Harga Kona Electric: Rp859.000.000

    4. Wuling Air ev

    Mobil listrik Wuling Air ev
    Wuling Air ev

    Dengan tingginya minat mobil listrik yang kini masuk di pasar otomotif di Indonesia, Wuling tidak ketinggalan untuk ikut merilis mobil terbarunya. Wuling Air ev pun diperkenalkan sebagai mobil listrik compact, dan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau dikelasnya.

    Mobil ini dirilis dengan 2 tipe, yakni tipe standar harga 200 jutaan dan tipe long range dengan harga 300 jutaan. Mobil ini digerakkan dengan sumber daya menggunakan baterai Lithium Ferro-Phosphate.

    Kapasitas baterai sebesar 26.7 kWh / 115 V untuk tipe long range yang daya jelajah maksimalnya hingga 300 km. Sedangkan untuk tipe standar berkapasitas 17.3 kWh / 115 V dengan jarak tempuh maksimal 200 km.

    • Harga Wuling Air ev Standard Range : Rp238 Juta
    • Harga Wuling Air ev Long Range : Rp311 Juta

    Baca juga: 10 Fakta Menarik Wuling Air ev Si Mobil Listrik Harga Terjangkau

    5. MINI Electric

    Mobil Listrik MINI Electric
    MINI Electric

    Siapa yang tak mengenal mobil premium satu ini. MINI menjadi pabrikan otomotif populer berkat Cooper dan sedikit banyak pengaruh dari Mr. Bean yang menjadikan MINI sebagai mobilnya yang mungil.

    Jika anda pecinta MINI dan ingin beralih ke teknologi terbaru yang ramah lingkungan, pabrikan asal Britania ini merilis MINI electric yang menjadi kendaraan listrik pertamanya.

    Mobil ini memadukan sensasi go-kart legendaris, desain khas, dan kualitas premium dengan sistem penggerak bebas emisi. 

    Mobil ini disematkan baterai 96 sel dengan kapasitas 32,6 kWh. Jarak tempuh maksimal mobil ini sejauh 270 km (Pengetesan NEDC)

    Harga MINI Electric: Rp1.050 miliar

    6. Lexus UX300e 

    Mobil listrik Lexus-UX300e
    Lexus-UX300e

    Model ini menjadi istimewa karena merupakan mobil full listrik atau battery electric vehicle (BEV) pertama Lexus untuk dijual di Indonesia. Istimewanya lagi karena Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang menjual model Lexus UX 300e. 

    Menggunakan baterai jenis Lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54.35 kWh dengan tenaga maksimal mencapai 201 HP serta torsi 300 Nm. 

    Butuh waktu antara 5 hingga 6 jam untuk mengisi baterai tersebut sampai full untuk kemudian diajak berkendara hingga jarak 300 km sekali pengisian daya listrik.

    Harga Lexus UX300e : Rp 1,245 miliar

    7. Mitsubishi Outlander PHEV

    Mobil Listrik Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV

    Mobil selanjutnya di daftar ini. Outlander bukan mobil listrik murni, melainkan berteknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Dimana mesin hybridnya mampu digerakkan dengan tenaga listrik bersumber dari input colokan, dan juga memiliki penggerak berbahan bakar minyak.

    SUV dari Mitsubishi Motors ini memadukan mesin 2.4-l DOHC MIVEC berdaya 126 hp dan torsi 199 Nm dengan baterai listrik 13,8 kWh dan motor di bagian depan dan belakang. Untuk motor penggerak bagian depan berdaya 80 hp dengan torsi 199 Nm, sedangkan untuk motor penggerak bagian belakang bertenaga 93 hp dengan torsi 195 Nm.

    Keunggulan mobil berpenggerak empat roda ini adalah bisa menjadi generator untuk menyalurkan tenaga listrik cadangan hingga 1.500 Watt.

    Harga Mitsubishi Outlander PHEV : Rp 1,309 miliar

    Baca juga: Ingin Beli Mobil Listrik? Simak Kelebihan dan kekurangannya!

    8. DFSK Gelora Electric

    Mobil listrik DFSK Gelora Electric
    DFSK Gelora Electric

    DFSK Gelora Electric adalah salah satu mobil listrik yang bisa Anda beli di Indonesia. Dirakit langsung di pabrik Cikande, Banten, mobil ini didesain menjadi mobil komersial untuk mengangkut banyak penumpang.

    Mobil ini dilengkapi dengan sumber daya baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 42 kWh. Jarak tempuh maksimal mobil ini mencapai 300 km. Sistem penggeraknya mampu menyemburkan tenaga hingga 80 hp dan torsi puncak di 80 Nm.

    Harga Mitsubishi Outlander PHEV : Rp484 Juta

    9. Nissan Kicks e-POWER

    Mobil Listrik Nissan Kicks e-POWER 
    Nissan Kicks e-POWER 

    Nissan Kicks e-Power mengusung teknologi e-Power, sebuah sistem elektrifikasi yang berbeda dengan model lainnya. Dalam sistem hybrid konvensional, roda-roda digerakkan oleh motor listrik dan mesin bensin. Namun, dalam sistem e-Power, mesin bensin tidak terhubung ke roda. Mesin bensin hanya berfungsi untuk mengisi baterai. 

    Tidak seperti model full listrik, sumber tenaga Nissan Kicks e-Power bukan hanya dari baterai saja, melainkan dari mesin. Hal ini menghilangkan kebutuhan akan pengisi daya eksternal, sekaligus menawarkan output tinggi yang sama dengan EV.

    Nissan Kicks e-Power dilengkapi motor listrik EM57, generator dan inverter, serta mesin 1,2 liter DOHC 12-valve tiga silinder. Sistem e-Power menawarkan tenaga maksimum 95 kilowatt (kW) dan torsi 260 Nm, dan baterai lithium-ion­.

    Harga Nissan Kicks e-POWER : Rp451 juta

    10. Tesla Model 3

    Mobil listrik Tesla Model 3
    Tesla Model 3

    Merek Tesla masuk ke Indonesia melalui Prestige Motorcars. Di sektor mobil listrik, Tesla hadir dengan seluruh varian Tesla Model 3, termasuk model facelift yang baru meluncur.

    Tesla Model 3 ini ditawarkan dalam berbagai varian, pertama adalah Standard Range Plus yang dibekali satu motor listrik berkekuatan 241 dk penggerak roda belakang. 

    Proses charger baterai sampai penuh butuh waktu 107 menit menggunakan kabel tipe 2. Tapi dengan Tesal Supercharger, mobil listrik ini hanya butuh waktu kurang lebih setengah jam untuk terisi sampai 80 persen.

    Tesla Model 3 varian Standard Range Plus bisa menempuh jarak 429 km untuk sekali pengisian. Akselerasi 0-96 kpj butuh waktu hanya 5,3 detik dengan kecepatan maksimal 225 kpj. 

    Prestige Motorcars juga menawarkan varian Model 3 Long Range AWD dan Model 3 Performance.

    • Harga Tesla Model 3  : Rp1,5 miliar 
    • Harga Tesla Model 3 Facelift Long Range  : Rp2,85 miliar 
    • Harga Tesla Model 3 Performance  : Rp3 miliar 

    Baca juga: Sekali Cas, Mobil Listrik Kini Bisa Tempuh Jarak Sejauh 1.000 Km

    11. Toyota Corolla Cross Hybrid

    Mobil listrik Toyota Corolla Cross Hybrid 
    Toyota Corolla Cross Hybrid 

    Inilah mobil elektrifikasi paling laris di Indonesia sepanjang tahun lalu. Toyota Corolla Cross Hybrid berhasil terjual sebanyak 652 unit selama 2020. 

    Mobil yang dulu dikenal orang berbentuk sedan ini, sekarang berubah wujud menjadi SUV Crossover dibekali mesin berkode 2ZR-FXE 1.8L dikombinasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 ps dan torsi 162,7 Nm.

    Harga Toyota Corolla Cross Hybrid  : Rp510,5 juta

    12. BMW i4

    Mobil listrik BMW i4
    BMW i4

    BMW i4 adalah salah satu suksesor dari mobil listrik BMW yang dirilis sebelumnya, yakni i3S. Kedatangannya berbarengan dengan EV lainnya dari BMW yang lebih kekar yakni BMW iX. 

    Mobil ini didesain agar memiliki aura yang sporty dan premium. Dari segi interior memberikan kenyamanan berkendara yang maksimal dengan kabin 4 pintu yang lapang.

    BMW i4 dibekali dengan jantung pacu xDrive 40 dengan performa tenaga maksimal di 340 Tk dan torsi puncak di 430 Nm. Mobil ini memiliki kapasitas baterai Lithium-Ion 83,9 kWh. Daya jelajahnya mampu berjalan hingga 520 km dalam sekali pengisian.

    Untuk performa mobil ini, tentu saja akan membawa pengalaman menyenangkan bagi pengemudinya. Mobil ini mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,7 detik. Untuk top speed, mobil ini mampu menembus kecepatan maksimal di 190 km/jam.

    Harga BMW i4 : Rp2.061 miliar

    13. Nissan Leaf

    Mobil listrik Nissan Leaf
    Nissan Leaf

    Nissan Leaf memiliki kapasitas baterai lithium ion 40 kWh. Namun efisiensi penggunaan energinya sangat luar biasa, mampu menjelajah hingga 400 km!

    Walau irit, namun Nissan Leaf tidak berkompromi dari performanya. Motor listriknya mampu menyemburkan tenaga hingga 150 PS dan torsi puncak 320 Nm.  Dari klaim Nissan, mobil ini mampu meraih kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 7,9 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 155 km/jam.

    Dari segi desain, tampilan mobil ini juga sangat gagah, namun sekaligus menunjukkan kesan mewah. Dengan penerangan yang menunjukkan garis mata tegas, dan bodi belakang yang agresif, mobil ini akan bisa bersaing dengan mobil listrik lain di kelasnya.

    Harga Nissan Leaf: Rp730 Juta

    14. Tesla Model Y

    Tesla Model Y
    Tesla Model Y

    Pabrikan Tesla yang didirikan Elon Musk memanglah salah satu yang paling revolusioner di dunia otomotif. Produk-produknya yang konsisten membangun mobil bertenaga listrik, menaikkan pamor mobil listrik yang sebelumnya dipandang sebelah mata dibanding mobil bermesin BBM.

    Salah satu rilisan yang muncul dan bisa anda beli di Indonesia, yakni Tesla Model Y. Mobil ini memiliki banyak keunggulan, yang paling istimewa adalah performa mesinnya.

    Mobil ini mampu berakselerasi dengan kecepatan mencengangkan. 0-100 km per jam dalam 3,5 detik. Top speed mobil ini bahkan mampu mencapai kecepatan maksimum 241 km/jam.

    Tesla Model Y memiliki sistem kemudi All-wheel drive, dengan dapur pacu yang mampu menyemburkan tenaga hingga 384 hp, dan torsi puncak di 376 lb-ft. 

    Untuk sumber daya, Model Y menggunakan baterai lithium-ion 80.5-kWh. Daya jelajah maksimal untuk mobil ini mampu berjalan sejauh 531 km untuk tipe long range AWD dan 487 km untuk tipe Performance.

    • Harga Tesla Model Y Performance  : Rp2,3 miliar 
    • Harga Tesla Model Y Long Range AWD  : Rp2 miliar 

    15. Renault Twizy

    Renault Twizy
    Renault Twizy

    Mobil terakhir di daftar mobil listrik yang dijual di Indonesia  yakni Renault Twizy. Mobil mungil ini cukup menarik perhatian karena desainnya yang sangat unik dan futuristis, bahkan menyerupai caddy golf.

    Mobil ini dibangun dengan konsep yang simpel dan minimalis. Kapasitas tempat duduk 2 penumpang dengan konfigurasi 1+1. Di dashboardnya sendiri hanya disematkan econometer digital, dan tombol lampu hazard. Seperti mobil listrik lainnya, transmisi yang digunakan otomatis.

    Dapur pacu mobil ini menggunakan sistem penggerak 3CG-Electric asynchronous berteknologi Electric Direct Drive. Sumber daya menggunakan baterai berkapasitas 6.1 kWh.

    Untuk segi performa, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-45 km/jam hanya dalam waktu 6,1 detik. Sementara itu top speed mobil ini mampu berlari hingga 80 km/jam.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil LCGC Terbaik Di Indonesia

    Demikian beberapa mobil listrik yang kini sudah bisa Anda beli di Indonesia. Apakah tertarik untuk berganti ke kendaraan ramah lingkungan satu ini? 

    Jika Anda ingin membeli yang lebih terjangkau, tentu saja bisa membeli mobil listrik bekas yang kini banyak di pasaran. OLX Autos menyediakan banyak pilihan mobil listrik terbaik untuk anda miliki!

    Artikel ini pertama kali ditulis oleh Zainal Abidin, diperbarui pada 13 September 2022 oleh Bisma L.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here