Kamis, April 25, 2024
Lainnya
    BeritaMobil Listrik Hyundai Juga Bisa Bersuara, Begini Caranya

    Mobil Listrik Hyundai Juga Bisa Bersuara, Begini Caranya

    Hyundai di Indonesia rupanya tak hanya ingin jadi follower di kancah otomotif nasional. Bagaimana tidak, perusahaan asal Korea Selatan ini mencoba lebih maju dengan menjajakan mobil listrik di Tanah Air.

    Hasilnya, melalui PT Hyundai Mobil Indonesia selaku distributor, Hyundai baru saja memperkenalkan mobil listrik Ioniq dan langsung di borong perusahaan jasa transportasi online Grab sebanyak 20 unit di tahap awal.

    Bicara soal mobil listrik, tentu saja rasa penasaran akan timbul bagaimana suara dari Hyundai Ioniq? Pasalnya, tidak adanya suara pada mobil listrik dianggap akan sangat berbahaya bagi pengguna jalan lain, khususnya pejalan kaki.

    Karena sangat senyap, kehadiran mobil listrik diperdebatkan. Bahkan sebelumnya produsen kendaraan bermotor listrik diharuskan memproduksi kendaraan sesuai PM nomor 33 tahun 2018, yang di antaranya mewajibkan ada suaranya, termasuk dimensi atau ukuran yang sesuai syarat.

    Menanggapi hal tersebut Deputy Marketing Director PT HMI Hendrik Wiradjaja, pada dasarnya Hyundai Ioniq yang masuk ke Indonesia sudah melalui tahap uji tipe atau uji kendaraan.

    “Sertifikat sudah dimiliki kita, yang menyatakan bahwa layak digunakan di jalanan. Sejauh ini tidak ada aturan suara atau yang lainnya termasuk mobil listrik lainnya tidak ada juga. Tapi kalau diminta (pasang suara) siap,” ungkap Hendrik saat ditemui di Hyundai Simprug, Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Sebaliknya, Hendrik mengatakan, jika memang mobil listrik Hyundai Ioniq diharuskan memiliki suara, maka Hyundai sudah memiliki teknologi VESS yang kepanjangan dari Virtual Engine Sound System. 

    “Jadi dengan VESS, mobil listrik biasa ada keluar suara. Itu kita sudah siap,” tuturnya.

    Ya, dengan tambahan teknologi VESS maka mobil listrik buatan Hyundai bisa mengeluarkan suara buatan yang notabenenya pengguna jalan lainnya terutama pejalan kaki bisa mengetahui keberadaan mobil listrik Hyundai. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait