Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriReview Lengkap 3 Mobil Listrik Hyundai, dari Kona Electric hingga Ioniq 5

    Review Lengkap 3 Mobil Listrik Hyundai, dari Kona Electric hingga Ioniq 5

    JAKARTA – Mobil listrik saat ini menjadi salah satu mobil yang cukup banyak menarik minat masyarakat. Sebagai mobil yang ramah lingkungan dan tidak sedikitpun mengeluarkan emisi gas buang, kini mulai banyak orang beralih ke mobil listrik.

    Mobil listrik yang saat ini beredar di Indonesia pun sudah cukup banyak. Berbagai produsen mobil ternama dari berbagai negara pun saling berkompetisi untuk mendapatkan minat para konsumen.

    Salah satunya ialah produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai yang saat ini cukup banyak mengeluarkan versi mobil listriknya. Mobil listrik yang dirilis oleh Hyundai ini pun sudah banyak yang mengaspal di jalanan Indonesia.

    Beberapa di antaranya ialah Hyundai Kona Electric, Hyundai Ioniq Electric dan Hyundai Ioniq 5 yang paling banyak mendapat minat masyarakat. Mobil listrik ini memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda pada setiap tipenya. 

    Bagi Anda yang tengah berminat untuk membeli mobil listrik dari Hyundai, bisa menyimak sekilas review dari ketiga mobil tersebut.

    1. Hyundai Kona Electric 

    Mobil listrik indonesia kona electric

    Pada tahun 2020, Hyundai menghadirkan mobil listrik dengan nama Hyundai Kona Electric. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp600 jutaan yang memiliki beberapa kehebatan sebagai mobil listrik. 

    Punya desain yang keren dengan gaya crossover, desain eksteriornya pun terlihat gagah. Mobil ini juga ditawarkan dengan varian bahan bakar minyak. Namun yang membedakannya dengan varian listrik ialah tampilan depannya yang tidak menggunakan grill.

    Spesifikasi Hyundai Kona Electric

    Hyundai Kona Electric menawarkan dengan dua varian baterai, yaitu 39,2 kWh dan 64 kWh. Motor listrik pada versi 39,2 kWh memiliki kekuatan 136 HP dan torsi 395 Nm. Kalau versi 64 kWh, diberikan motor listrik yang bisa mencapai 201 HP.

    Meski terdapat perbedaan versi mesin, namun torsi yang dihasilkan oleh kedua mesin ini sama yaitu 395 Nm. Torsi ini sama halnya dengan mobil bahan bakar minyak Pajero Sport atau Nissan Terra yang berada di atas 400 Nm sedikit.

    Mobil listrik ini pun bisa melesat dengan kecepatan 160 Km/jam. Hyundai mengklaim mobil ini mampu berakselerasi mulai dari 0-100 km/jam hanya dalam 9,9 detik.

    Hyundai mengklaim, mobil ini dapat melaju dari daya baterai 100% sampai 0% itu bisa menempuh 289 km. Memiliki jarak tempuh seperti ini tentu sudah bisa memenuhi kebutuhan untuk perjalanan di dalam kota.

    Pengisian daya pada baterai baterainya menggunakan portable charger akan memakan waktu sekitar 2-4 jam untuk bisa memulihkan baterai dari 10% hingga 100%.

    Itupun masih tergantung dengan daya listrik yang ada di rumah. Semakin besar daya listrik rumah, tentu akan semakin cepat juga waktu pengisian dayanya.

    Sistem Kelistrikan Hyundai Kona Electric 

    Meski memiliki dua versi baterai yang ditawarkan, Hyundai Kona Electric yang ditawarkan di Indonesia ialah versi 39,2 kWh. Hal ini tentu berbanding lurus dengan harga unit yang ditawarkan. 

    Untuk kelistrikannya, baterai dari Hyundai Kona Elctric ini sangat handal dan dapat diisi ulang di bawah hujan sekalipun. 

    Baterai ini nantinya akan mengalirkan listrik ke motor listrik yang menggerakan 2 roda depan tanpa transmisi. Untuk mengisi daya pada Hyundai Kona Electric terdapat 3 pilihan arus, yaitu mulai 8 Ampere, 10 dan 12 Ampere.

    Perbedaan pada pilihan arus tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap lamanya waktu yang digunakan untuk mengisi daya.

    Fitur Hyundai Kona Electric 

    Terdapat beberapa fitur pada Hyundai Kona Electric, di antaranya ada rem parkir elektrik, pemanas dan pendingin kursi, auto hold dan pilihan drive mode. Pada dashboard nya pun tersedia head display.

    Sisi hiburan pada mobil ini pun sudah dibekali teknologi terkini yang terkoneksi dengan iPod, bluetooth, Apple CarPlay and Android Auto.

    Di sebelah kanan stir, ada beberapa tombol lagi. Diantaranya ada reaction control, VESS (Virtual Engine Sound System), dan tombol dengan colokan listrik bertuliskan auto.

    Fitur pada VESS ini bisa mengeluarkan bunyi dengan tujuan supaya pejalan kaki tahu kalau mobil ini mau lewat. 

    Mobil ini memiliki sistem pengereman regenerative yang bisa di setel levelnya. Pengereman regenerative itu terjadi ketika mobil melambat, energi kinetik dari mobil dipakai untuk menghasilkan listrik.

    2. Hyundai Ioniq Electric

    Pada tahun 2020, Hyundai merilis Hyundai Ioniq Electric yang memiliki banderol harga Rp600 jutaan. Mobil listrik ini menjadi salah satu mobil listrik yang cukup banyak diminati karena segi harganya yang masih di bawah Rp 1 milyar. 

    Selain itu mobil ini juga banyak digunakan oleh para influencer otomotif yang semakin banyak menarik minat masyarakat.

    Spesifikasi Hyundai Ioniq Electric

    Dibekali dengan baterai Li-ion Polymer berkapasitas 38.3 kWh. Mesin pada mobil listrik ini menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor yang menggerakan dua roda depan mobil. 

    mesin tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi otomatis bermekanisme Direct (Single Speed Reduction Gear). Sehingga, mampu memberikan dorongan daya hingga 100kW (134 Hp/136Ps0 dan torsi maksimum mencapai 295 Nm.

    Mobil ini diklaim mampu menghasilkan akselerasi 0-100 Km dalam waktu 9.9 detik. Mobil ini juga dapat melesat hingga 165 Km/jam. Untuk daya jelajahnya Hyundai Ioniq Electric ini mampu mencapai jarak 373 km.

    Sistem Kelistrikan Hyundai Ioniq Electric

    Dibekali dengan baterai Li-ion Polymer berkapasitas 38.3 kWh. Pengisian daya penuh pada mobil listrik ini diklaim mampu dicapai dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80% dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

    Fitur Hyundai Ioniq Electric

    Hyundai Ioniq Electric memiliki cukup banyak fitur, untuk keselamatannya sudah terdapat 7 titik Airbags. Selain itu dilengkapi fitur tambahan berupa Safety Power Window Control sebagai sensor yang secara otomatis akan menurunkan jendela kaca lebar 150 mm jika terdeteksi ada penghalang pada bagian kerangka.

    Di sisi lain, teknologi keselamatan aktif seperti rem ABS, Brake Assist (BA), dan EBD pun turut dihadirkan untuk memberikan kendali laju mobil secara lebih optimal tanpa membuat ban selip, khususnya ketika terjadi pengereman mendadak.

    Untuk hiburannya sudah disematkan layar sentuh audio seluas 8 inci sebagai pusat kendali yang menawarkan berbagai menu hiburan serta menyediakan koneksi total smartphone melalui layar sentuh yang mudah digunakan. Disematkan pula Audio System dengan 6 speaker aktif.

    Terdapat pula fitur rem parkir elektronik, sistem pengisian daya smartphone, dan AC di kabin belakang.

    3. Hyundai Ioniq 5

    Hyundai Ioniq 5 dirilis dengan dua varian, yaitu Prime dan Signature. Dalam setiap variannya terdapat dua jenis baterai yaitu Standard Range dan Long Range.

    Mobil ini sendiri ditawarkan mulai dengan harga Rp700 jutaan yang menjadikan mobil ini banyak diminati karena memiliki harga terjangkau sebagai sebuah mobil listrik. 

    Spesifikasi Hyundai Ioniq 5

    Hyundai Ioniq tipe Standard Range menggunakan baterai berkapasitas 58 kW dengan tenaga maksimal mencapai 170 ps dan torsi maksimum mencapai 350 Nm.

    Sedangkan tipe Long Range menggunakan baterai berkapasitas 72,6 kW dengan tenaga maksimal mencapai 217 ps dan torsi maksimum mencapai 359 Nm.

    Hyundai Ioniq 5 ini memiliki jarak tempuh lebih jauh dari dua mobil listrik sebelumnya. Mobil ini dapat menjelajah hingga 384 km untuk satu kali pengisian baterai pada Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range dan Ioniq 5 Signature Standard Range.

    Sementara untuk Ioniq 5 Prime Long Range punya jarak tempuh maksimum 481 km dan Ioniq 5 Signature Long Range menjanjikan jarak tempuh hingga 451 km.

    Sistem Kelistrikan Hyundai Ioniq 5

    Mobil ini pun membutuhkan waktu pengisian baterai  5 jam (Prime Standard Range dan Signature Standard Range) atau 6 jam (Prime Longe Range dan Signature Long Range) untuk pengisian daya hingga 100  persen menggunakan wall charger atau AC charger.

    Baterai Hyundai Ioniq 5 dapat diisi menggunakan charger AC dan DC. Untuk yang fast charging, pengisian baterai dari 0 hingga 80% hanya dalam 18 menit.

    Fitur Hyundai Ioniq 5

    Dalam Hyundai Ioniq 5 dapat ditemukan berbagai fitur yang melengkapi Hyundai Kona Electric maupun Hyundai Ioniq. Namun mobil ini juga memiliki fitur Vehicle to Load (V2L) yang mampu menambah fungsi kendaraan menjadi sumber listrik dengan daya maksimum 3,6 kW.

    Speedometer pada mobil ini pun semuanya sudah serba digital dengan penampilan yang menarik. Hyundai Ioniq 5 memiliki fitur safety bernama Hyundai SmartSense.

    Fitur ini terdiri dari Smart Cruise Control with Stop & Go Function, FCA (Forward Collision Avoidance Assist), LFA (Lane Following Assist), SEA (Safe Exit Assist), BCA (Blind Spot Collision-Avoidance Assist), RCCA (Rear Cross–Traffic Collision-Avoidance Assist, dan Surround View Monitor / Kamera 360. 

    Setelah menyimak ketiga review mobil listrik keluaran Hyundai tersebut, Anda pasti sudah memiliki gambaran untuk ketiganya. Nah, bagi Anda yang ingin beralih ke mobil listrik bisa menjual unit kendaraan melalui OLX Auto yang dapat memberikan penawaran terbaik. 

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait