Minggu, Januari 16, 2022
More
    MobilMobil BaruMobil Listrik Mungil Renault Twizy, Apa Spesifikasi dan Kelebihannya?

    Mobil Listrik Mungil Renault Twizy, Apa Spesifikasi dan Kelebihannya?

    Prestige Motorcars selaku distributor mobil mewah yang juga bagian dari PT Maxindo Renault Indonesia menawarkan mobil listrik imut Renault Twizy untuk konsumen di Tanah Air. 

    Ya, merek mobil asal Prancis ini dijajakan Prestige Motorcars di situs jual beli online dengan banderol Rp 408 juta. Namun jika OLXer menginginkan mobil listrik dengan kapasitas dua orang penumpang, konsumen harus gerak cepat karena jumlahnya terbatas, yaitu hanya 30 unit dan terlebih dahulu melakukan booking fee sebesar Rp 25 juta.

    Jika melihat harganya yang bisa disebut tak murah dengan bentuk mobil kecil, lantas seberapa menarik spesifikasi  Renault Twizy?

    Eksterior

    Renault Twizy
    Bagian belakang Renault Twizy.

    Dilihat dari bentuknya, Renault Twizy memiliki desain mungil namun tidak seperti mobil pada umumnya dengan panjang 2.338 milimeter (mm), lebar 1.381mm (depan) dan 1.080 mm (belakang), serta tingginya 1.454 mm. Sedangkan berat keseluruhan mobil ini bisa mencapai 450 kg.

    Pada bagian kaki-kaki depan dan belakang juga unik karena terlihat menjorok keluar dan terpisah dari bodi mobil. Adapun kaki-kaki mobil ini menggunakan velg ukuran 13 inch yang dibalut ban 125/80 pada bagian depan dan ban 145/80 untuk bagian belakang. Semua roda mobil ini menggunakan rem cakram.

    Mobil ini juga memiliki headlamp yang bulat dan bumper depan terlihat maju yang juga digunakan untuk pengisian daya. Pada bagian dilengkapi lampu LED dan lampu sein terpisah yang ada di bawah.

    Sedangkan saat hendak masuk ke dalam mobil, kita akan disambut dengan desain pintu bergaya scissors door atau pintu gunting. 

    Interior

    Renault Twizy
    Renault Twizy. (Prestige Motorcars)

    Masuk ke dalam kabin memang tentunya akan sangat berbeda dengan mobil lainnya, salah satunya kapasitas tempat duduk berkonfigurasi tempat 1+1. 

    Oia, layaknya transportasi umum bajaj dan sepeda motor yang posisi pengemudi ada di bagian tengah. Hanya saja, untuk mengendalikan arah roda sudah menggunakan lingkar kemudi. 

    Memang terlihat simple bagian kabin Renault Twizy, seperti pada bagian dashboard hanya terpampang Econometer digital, tombol lampu hazard, tombol transmisi dengan tiga pilihan R, N, dan D. 

    Tidak ada sistem hiburan seperti mobil-mobil pada umumnya. Akan tetapi mobil ini tersedia slot 12v yang dapat digunakan untuk pengisian daya baterai ponsel, handbrake berbentuk tuas, serta sabuk dua sabuk pengaman.

    Meski kecil, Renault Twizy sudah mempunyai sensor parkir, yang disebut  parking master.

    Performa 

    Untuk jantung pacu, Renault Twizy  dibekali mesin 3CG-Electric asynchronous berteknologi Electric Direct Drive ditambah baterai berkapasitas 6.1 kWh yang mampu menghasilkan daya 13 kW yang ditransfer melalui transmisi otomatis gear reduction

    Dengan motor listrik, Renault Twizy yang tenaga baterainya bisa terisi hanya dalam waktu 3,5 jam mampu berakselerasi dari 0-45 km per jam dalam waktu 6,1 detik dan mampu melesat hingga 80 km per jam. 

    Untuk memberikan rasa nyaman, Renault Twizy sudah menggunakan suspensi Pseudo MacPherson – combination coil springs.

     

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here