Sabtu, Januari 22, 2022
More
    BeritaMobil Listrik Mungil Rp 71,4 Jutaan Muncul, Masuk Indonesia Nggak Ya?

    Mobil Listrik Mungil Rp 71,4 Jutaan Muncul, Masuk Indonesia Nggak Ya?

    Mobil listrik kini semakin banyak diterapkan sejumlah pabrikan otomotif. Bahkan desainnya kini dibuat terlihat mungil.

    Ya, setelah mobil listrik Wuling Hongguang Mini EV jadi salah satu mobil listrik terlaris di China, kini giliran Dongfeng melakukan hal yang sama dengan menghadirkan FengGuang Mini EV.

    Sekadar informasi, nama pabrikan Dongfeng jika di Indonesia dikenal dengan brand DFSK.

    Dilansir Carscoops, Dongfeng FengGuang Mini EV disebut mobil mikro yang memiliki panjang 2.995 mm, lebar 1.495 mm, dan tinggi 1.640 mm  dengan jarak sumbu roda 1.960 mm.

    Dongfeng FengGuang Mini EV . (Carscoops)

    Dongfeng FengGuang Mini EV terkesan identik, khususnya pada kaki-kaki yang kecil, dimensi hingga garis dekat spakbor, hingga penggunaan nama Mini EV pada bagian belakang.

    Akan tetapi perlu dicatat, meski disebut-sebut mirip, OLXers perlu tahu bahwa keduanya tidak sedang bekerja sama, melainkan rival.

    Nah, untuk membedakannya, Dongfeng FengGuang Mini EV, melakukan beberapa hal yang lebih menarik, seperti bodi dibuat berotot, dimana garis-garis dan lekukannya sangat terasa.

    Belum lagi penggunaan trim hitam seperti kumis di bumper depan, gril dibuat lebih lebar, lekukan garis pintu yang melintang, kemudian garis jendelanya juga dibuat berbeda.

    Dongfeng FengGuang Mini EV. (Carscoops)

    Belum lagi pada bagian belakang, Dongfeng disebut membuat bentuknya jadi kompak, kemudian lampu belakangnya dibuat menyatu dengan potongan trim hitam memanjang.

    Untuk jantung pacu, hingga artikel ini dibuat Dongfeng FengGuang Mini EV belum menyembutkan secara gambling.

    Namun disebutkan, mobil listrik mungil ini dibenamkan motor listrik tunggal yang menghasilkan 34 hp (25 kW), sehingga cocok untuk kendaraan ringan di wilayah perkotaan.

    Kabarnya, Dongfeng FengGuang Mini EV akan debut pada kuartal pertama tahun 2022 dengan harga terjangkau yang diperkirakan mulai dari sekitar US$5.000 atau sekitar Rp 71,4 juta..

    Sekadar informasi, kehadiran Dongfeng FengGuang Mini EV dengan bentuk kecil sebenarnya bukan hanya menemani Wuling Hongguang Mini EV saja, tapi ada juga Chery QQ Ice Cream, Baojun E300 EV, Baizhi Daxiong, dan Changan Benben E-Star yang sedikit lebih besar.

    Kira-kira Dongfeng FengGuang Mini EV bakal masuk Indonesia nggak yah!

    Mobil listrik mungil Wuling Motors

    Wuling GSEV
    Wuling Motors memperkenalkan beberapa mobil listriknya di acara GIIAS 2021, salah satunya Wuling GSEV. (Herdi Muhardi)

    Berbeda dengan Dongfeng yang baru memperkenalkan mobil listrik mungilnya di negeri asalnya China, Wuling Motors sudah lebih dulu perkenalkan ke Indonesia.

    Ya, ajang pameran otomotif GIIAS 2021, Wuling Motors menampilkan produk berbasis Global Small Electric Vehicle (GSEV), platform mobil listrik Wuling yang dipersiapkan untuk pasar global. 

    Platform tersebut sudah hadir dalam wujud enam produk, mulai dari E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, hingga Nano EV.

    GSEV menjadi platform mobil listrik yang diciptakan dan dipasarkan oleh Wuling dengan memadukan beragam pilar untuk menghadirkan mobilitas yang modern.

    Baca juga  DFSK Buatan Cikande Ternyata Laku di Negara Lain

    Keunggulan  

    Tentunya beragam keunggulan siap dihadirkan oleh Wuling Motors agar model elektrifikasi ini semakin mudah diterima oleh konsumen.

    Ya, keunggulan mulai dari dari sisi dimensinya compact, meski ukuran kecil membuat platform GSEV mudah dalam akselerasi hingga melakukan parkir. 

    Selain itu, dengan platform GSEV Wuling, maka mobil ini sangat cocok dalam penggunaan sehari-hari. 

    Kendala mobil listrik pada umumnya adalah soal daya tahan baterai dan jarak tempuh maksimalnya. Akan tetapi mobil ini bisa dipakai hingga menempuh jarak 120-300 km.

    Ditambah dengan fasilitas baterai fast charging, kendala umum di mobil listrik tentu bisa diatasi. 

    Baterai GSEV dijamin keamanannya melalui pengujian ketahanan tinggi, berstandar IP68 waterproof dan dilengkapi Smart Battery Management System.

    Sebagai mobil masa depan, platform GSEV juga sudah dibekali dengan berbagai fitur pintar seprti Internet of Vehicle (IoV), ADAS, Automatic Parking, hingga fitur Multimedia dengan dukungan Voice Command

    Disusul dengan fitur keselamatan berkendara yang merupakan salah satu pilar penting di GSEV.

    Mobil listrik dari Wuling Motors ini didukung dengan rangka baja yang menempel pada bodi serta sudah dilengkapi dengan airbag.

    OLXers yang ingin berencana jual mobil lama kalian bisa langsung ke OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here