Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruMobil Listrik Nissan Leaf Resmi Dijual Di Indonesia, Ini Kelebihannya

    Mobil Listrik Nissan Leaf Resmi Dijual Di Indonesia, Ini Kelebihannya

    PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) secara resmi  meluncurkan mobil listrik Nissan Leaf di Indonesia. Tentu saja kehadiran Nissan Leaf menambah pilihan daftar mobil listrik di Tanah Air. 

    Menurut Presiden Direktur, PT NMDI Evensius Go, kehadiran Nissan Leaf jadi bukti komitmen Nissan untuk membawa mobilitas elektrifikasi semakin dekat bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, bukan tak mungkin akan lebih banyak lagi mobil yang lebih ramah lingkungan didatangkan ke Indonesia. 

    “Kami percaya bahwa The All New Nissan LEAF akan mengubah cara konsumen mobil di Indonesia berkendara dan menikmati kehidupannya,” ungkap Evensius saat peluncuran melalui virtual, Rabu (18/8/2021).

    Nah, OLXer yang ingin punya mobil listrik Nissan Leaf, nggak ada salahnya mencari tahu apa saja kelebihan dari mobil yang sudah diproduksi sejak 2010 dan dipasarkan di 59 negara.

    Eksterior Nissan Leaf

    Nissan Leaf
    Nissan Leaf menawarkan dua pilihan harga yaitu Rp 649 juta (one tone) dan Rp 651 juta (dual tone). Kedua harga ini dijual dengan status on the road DKI Jakarta. 

    Secara tampilan Nissan Leaf memiliki panjang 4,480 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.540 mm, dan wheelbase 2.700 mm. Ground clearance mobil ini 150 mm, radius putar 5,4 m, dan beratnya 1.523 kg.

    Secara desain eksterior, Nissan LEAF memang terlihat seperti hatchback, dengan bentuk yang ramping dengan tampilan tajam khususnya pada bagian depan, serta aerodinamis. 

    Wajah mobil listrik ini menggunakan grille V-motion Nissan, yang khas bernuansa warna biru jernih ditambah dengan lampu utama berbentuk boomerang di bagian depan dan belakang. 

    Oia, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Daytime Running Lights (DRL) berteknologi LED. Sedangkan aksen pada bumper belakang berwarna biru.

    Interior Nissan Leaf

    Jika masuk ke dalam kabin, interior Nissan Leaf cukup terpusat pada pengemudi, dengan setir Flat-Bottom Sporty berlapis kulit dan dilengkapi tombol multifungsi. 

    Beberapa hal menariknya lainnya terlihat dari panel instrument dengan layar 7 inci, kursi berlapis Kulit Alcantara, sistem infotainment dengan head unit layar sentuh 8 inch, yang bisa terkoneksi dengan Bluetooth, Voice Command, dan dapat terhubung dengan ponsel pintar melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

    Semua fasilitas dari kabin ini memberikan kesan mewah sebuah mobil listrik yang premium. Belum lagi, mobil listrik ini suasana ruang kabin terasa senyap dan membuat penumpang merasa tenang.

    Fitur Keselamatan dan Keamanan Nissan Leaf

    Nissan Leaf sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang agar tetap selamat, seperti Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA), Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD), Driver Attention Alert (DAA), dan Electronic Parking Brake (E-PKB).

    Tidak hanya itu, Nissan Leaf juga dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, Side Airbag dan Curtain Airbag serta telah mendapatkan penghargaan peringkat keselamatan bintang  lima atau maksimum yang diberikan Japan New Car Assessment Program (JNCAP), Euro NCAP, Australia ANCAP dan US NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration).

    Baterai Nissan Leaf

    Nissan Leaf sudah menggunakan baterai lithium-ion 40 kWh yang jika terisi penuh dalam sekali pengisian daya mampu menempuh jarak sejauh 311 km. Hal ini setara dengan penggunaan rata-rata harian 40 km selama satu minggu, hanya dengan satu kali pengisian penuh.

    Baterai mobil ini diklaim telah diuji secara ketat dan telah membuktikan keandalan yang luar biasa. Tidak ada permasalahan serius yang terjadi pada baterai dari total 10 miliar kilometer jarak yang ditempuh Nissan Leaf yang telah terjual di seluruh dunia.

    Selain itu, Nissan Leaf juga telah menjalani berbagai pengujian kualitas dan ketahanan yang paling ketat, termasuk uji banjir dan uji petir.

    Pengisi daya kendaraan listrik dapat dipastikan aman dalam berbagai kondisi cuaca dan dirancang khusus untuk melindungi kendaraan dan penumpang dari sengatan listrik, yang berarti pengisian daya Nissan Leaf dapat dilakukan dengan aman bahkan saat hujan.

    Mengisi daya listrik Nissan Leaf dapat dilakukan dengan di rumah, pemilik mobil dapat mengisi daya dengan pengisi daya Portable (3.3 Kw), yang memungkinkan baterai dapat terisi penuh dalam waktu 12-15 jam, atau menggunakan pengisi daya Home Charger (AC 7.4 kw) yang dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5-7 jam. Jika tidak sempat diisi ulang di rumah, maka penggunaannya dapat dilakukan di SPKLU atau di dealer terdekat yang menyediakan charging station.

    Performa Nissan Leaf

    Nissan Leaf dijejali motor EM57 tipe AC3 Synchronous yang menghasilkan daya hingga 110 kW atau setara dengan 148 Tk dan torsi maksimum 320 Nm. 

    Dengan mesin ini, Nissan Leaf diklaim mampu berakselerasi 0 – 100 km per jam hanya dalam waktu 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km per jam. 

    Oia, Nissan Leaf juga sudah dilengkapi teknologi Nissan Intelligent Driving, yang memiliki keunggulan berupa penggunaan e-Pedal sehingga memungkinkan pengemudi memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti menggunakan hanya satu pedal dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas. 

    Ketika akselerator dilepaskan sepenuhnya, rem regeneratif dan friksi akan bekerja secara otomatis, membuat mobil berhenti total. 

    Garansi Nissan Leaf

    Nissan Leaf diklaim telah dimiliki lebih dari 500.000 konsumen di seluruh dunia. Hal ini karena mobil ini lebih aman dan ramah lingkungan. 

    Nah, konsumen yang membeli Nissan Leaf, maka akan mendapatkan warranty atau garansi kendaraan selama tiga tahun atau 100.000 km, garansi baterai selama delapan tahun atau 160.000 km, serta bebas biaya perawatan selama lima tahun atau 70.000 km.

    Harga Nissan Leaf

    Untuk pasar otomotif nasional Nissan Leaf hadir dalam 11 warna pilihan baik untuk opsi one tone maupun dual tone.

    Menyoal harga, ada dua pilihan yaitu Rp 649 juta (one tone) dan Rp 651 juta (dual tone). Kedua harga ini dijual dengan status on the road DKI Jakarta. 

    Masyarakat yang ingin memiliki dan menjajal Nissan Leaf  dapat mengunjungi Nissan MT Haryono (Jakarta Timur), Nissan TB Simatupang (Jakarta Selatan) dan Nissan Puri Indah (Jakarta Barat), Nissan Roxy (Jakarta Pusat), Nissan Bekasi Barat (Bekasi).  

    Di dealer tersebut Nissan juga menyediakan fasilitas charging station yang dapat digunakan oleh konsumen The All-New Nissan Leaf.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here