Kamis, September 29, 2022
More
    BeritaMobil Listrik Wuling Air ev Resmi Dibuat di Cikarang, Apa Hebatnya?

    Mobil Listrik Wuling Air ev Resmi Dibuat di Cikarang, Apa Hebatnya?

    Mobil Listrik Wuling Air ev akhirnya secara resmi diproduksi PT SGMW Motors Indonesia (Wuling Motors) di pabriknya yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Tak hanya untuk pasar domestik, mobil listrik ini akan diekspor ke sejumlah negara.

    Menurut President Director Wuling Motors, Shi Guoyong , Wuling Air ev merupakan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) terbaru yang dikembangkan oleh Wuling untuk dunia.

    Kata dia, Indonesia menjadi negara pertama yang memproduksi mobil listrik tersebut.

    “Kami berharap melalui produk dan inovasi terbaru ini dapat selaras dengan strategi dan kampanye global mengenai penghematan energi, pengurangan emisi, perlindungan terhadap lingkungan serta akselerasi elektrifikasi kendaraan di Tanah Air,” Shi Guoyong, Senin (8/8/2022).

    Peresmian produksi perdana mobil listrik Wuling di Indonesia ditandai dengan pengisian daya Air ev secara simbolis  di Admin Plaza Wuling Motors oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, didampingi  Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

    “Berbagai regulasi turunan Perpres yang sudah terbit bisa mendorong untuk diproduksinya BEV. Saya berharap PT SGMW, yang usianya sudah tujuh tahun, bisa menjadi leading EV producer di Indonesia,” ungkap Airlangga. 

    Selain itu ada juga Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia Lu Kang, kemudian Staf Khusus Presiden RI Diaz Hendropriyono, dan Bupati Bekasi Dani Ramdan.

    Mobil Listrik Wuling Air ev pasti berkualitas

    Wuling Air ev pabrik
    Wuling Air ev pabrik

    Seperti disebutkan di atas, mobil listrik Wuling Air ev akan di ekspor ke luar negeri. Ya, ini karena mobil tersebut dibuat langsung oleh putra putri Indonesia yang dikenal memiliki kualitas.

    Setidaknya, di pabrik seluas 60 hektar ini ada lebih dari 1.000 karyawan, dimana jumlah total pegawai secara keseluruh di sistem Wuling sudah melebihi 10.000 orang.

    Hal ini juga ditunjang dengan pengaplikasian ‘Global Manufacturing System’ (GMS), yang memastikan pabrik Wuling mampu untuk mencapai efisiensi proses produksi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi.

    Pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang ini didukung dengan empat fasilitas produksi dan terintegrasi dengan supplier park yang berada di dalam satu kawasan.

    Nah, fasilitas tersebut terdiri dari Press Shop, area untuk memproduksi komponen rangka dan bodi melalui proses stamping yang canggih. 

    Kemudian ada juga Body Shop yang dirancang untuk menyatukan seluruh komponen rangka dan bodi dengan proses welding yang akurat.

    Kemudian ada juga Paint Shop untuk mengecat seluruh bodi mobil yang memenuhi syarat dengan teknologi cat terdepan. 

    Lalu ada juga General Assembly yang dirancang untuk merakit seluruh komponen mobil. Terakhir adalah fasilitas pengujian kualitas  untuk memastikan kualitas terbaik dari Wuling Air ev sebelum sampai ke tangan konsumen.

    Mobil Listrik Wuling Air ev sendiri didukung telah dibenamkan teknologi modern, dan dengan desain eksterior future-tech yang memadukan unsur teknologi serta futuristis.

    Wuling Air ev

    Dengan mengusung desain yang compact, Wuling Air ev dibekali kabin berkonfigurasi 4 seater serta beragam fitur cerdas.

    Wuling memastikan  bahwa keamanan baterai di kendaraan listriknya ini terjamin sehingga konsumen dapat merasa tenang selama perjalanan. Pengisian dayanya juga terbilang mudah karena dapat dilakukan di rumah saja.

    Untuk sebuah mobil perkotaan, Wuling Air ev yang dilengkapi dua kantung udara ini memiliki jarak tempuh cukup jauh. 

    Lihat saja tipe Standar Range memiliki baterai dengan kapasitas 18 kWh mampu menempuh hingga jarak 200 km, sedangkan tipe Long Range baterainya berkapasitas 26,5 kWh bisa 300 km.

    Hal menarik lainnya yaitu, mobil ini bisa dicas dengan daya listrik rumah minimum 2.200 watt dan voltase normal 220 Volt.

    Kendati demikian, jika menggunakan daya lebih besar seperti 6.600 watt, tentunya akan lebih cepat lagi untuk pengisiannya.  

    Adapun lama waktu pengecasan, jika daya di rumah sekitar 2,2kW maka pengisian antara 20-100 persen bisa sekitar 8,5 – 11 jam. Sementara jika dayanya sekitar 6,6 kW, untuk pengisian 20-100 persen bisa memakan waktu cuma 4 jam.

    Soal harga, estimasinya dijual sekitar Rp 250 juta untuk tipe Standar Range dan Rp 300 untuk tipe Long Range. 

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here