Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMobil Siap Digunakan Harian Lagi, Ini 5 Hal yang Perlu Anda Lakukan

    Mobil Siap Digunakan Harian Lagi, Ini 5 Hal yang Perlu Anda Lakukan

    Lebaran sudah selesai. Ya, momen perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah kali lini masyarakat tidak seperti biasanya untuk melakukan ritual mudik atau liburan bersama.

    Meski begitu, sudah sewajarnya jika mobil sedang tidak dipakai, sebaiknya coba melakukan beberapa hal yang penting pada mobil agar kondisinya tetap prima saat kembali dipakai untuk harian.

    Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, dimana pemilik mobil harus ekstra menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, termasuk kabin mobil.

    Oleh karena itu, seperti keterangan tertulis bengkel mobil Toyota Auto2000, ada beberapa langkah sederhana yang bisa OLXer lakukan sebelum kembali digunakan sehari-hari, di antaranya:

    1. Cuci Mobil Hingga Bersih

    Sebelum mobil digunakan sebaiknya cuci dengan bersih, baik body hingga kolong mobil, ruang mesin, kabin, hingga bagasi. Kabin menjadi salah satu prioritas mengingat di situlah kita menetap hampir setiap hari.

    Keluarkan seluruh karpet, cuci dengan sabun pembersih dan keringkan hingga sempurna agar tidak meninggalkan bau tidak sedap.

    2. Manfaatkan Penyedot Debu

    Masuk ke dalam kabin mobil, gunakan alat penyedot debu alias vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran halus yang menempel di dalam kabin.

    Mulai dari area dashboard, panel pintu, jok, hingga kolong jok dan lantai jangan sampai terlewatkan. Lanjut masuk ke bagasi mobil, termasuk rongga penyimpanan ban cadangan yang ada di bawah bagasi.

    Waspada celah antar panel sebagai lokasi bersembunyinya debu dan kotoran.

    3. Bersihkan dengan Cairan Pembersih

    OLXer juga perlu membersihkan panel pada kabin mobil menggunakan cairan pembersih khusus otomotif. Secara garis besar, material interior mobil berasal dari fabric, plastik, vinyl, kulit asli dan sintetis, kayu, serta logam.

    Sesuaikan bahan pembersih yang dipakai dengan material kabin dan pelajari cara memakainya supaya tidak merusak panel interior.

    4. Periksa Filter

    Keberadaan filter kabin yang berfungsi sebagai penyaring kotoran kerap terabaikan. Padahal filter kabin memiliki peran yang begitu penting yakni menyaring kotoran dalam sistem sirkulasi AC mobil dimana umumnya filter berada di balik laci dashboard.

    Jangan disemprot angin bertekanan, filter kabin yang kotor harus diganti di bengkel karena memegang peran penting dalam menjaga kebersihan udara di dalam mobil sehingga wajib menggantinya dengan yang asli dan bergaransi.

    5. Semprotkan Cabin Disinfectant

    Langkah terakhir adalah menyemprotkan cabin disinfectant ke dalam kabin mobil untuk membunuh bakteri di udara. Adapun Ketika memilih produk cabin disinfectant  pastikan tidak mengandung benzena yang termasuk dalam Substance of Concern (SoC) karena dapat membahayakan manusia serta telah dites oleh laboratorium IPB dan memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan RI.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait