Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruMobil SUV Ini Siap Jadi Rebutan Orang Kaya Indonesia

    Mobil SUV Ini Siap Jadi Rebutan Orang Kaya Indonesia

    PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) selaku distributor Jaguar Land Rover di Indonesia kembali menghadirkan mainan baru untuk kaum kaya raya di Tanah Air. Ya, merek mobil asal Inggris tersebut baru saja mendatangkan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ke Indonesia berupa All New Ranger Rover Evoque.

    Dengan beragam ubahan, mobil yang diklaim sebagai pelopor di kelas SUV kompak luxury ini dijual dengan banderol mulai dari Rp 1,7 miliar off the road atau naik sekitar Rp 50 jutaan dari generasi sebelumnya. Tentu saja jika dijual dengan status on the road harganya akan lebih melambung, karena ada penyesuaian pajak dan lainnya.

    Kendati demikian, mobil yang tergolong cukup mahal ini kemungkinan akan membuat orang-orang kaya berebutan. Pasalnya mobil ini hanya disuplai ke Indonesia cuma 15 unit saja.

    Bahkan menurut Brand Director Jaguar Land Rover PT WAE, Jentri Izhar, dari total unit yang sudah dialokasikan untuk pasar Indonesia, beberapa diantaranya sudah masuk daftar inden konsumen di Tanah Air.  

    “Sampai akhir tahun ini kita dapat kuota cuma 15 unit saja. Untuk tahun depan kita belum tahu karena masih menunggu kuota dari pabrik,” jelas Jentri beberapa waktu lalu.

    Lalu Apa Hebatnya New Range Rover Evoque?

    Kabin New Range Rover Evoque. (Istimewa)

    Sebelum masuk Indonesia, New Range Rover Evoque terlebih dahulu diperkenalkan secara resmi oleh Land Rover di pasar global pada November 2018 dengan menggunakan platform baru Premium Transverse Architecture milik Land Rover.

    Dengan platform ini pula, New Range Rover Evoque tampil dengan siluet serupa coupé namun tetap mempertahankan tampang gagah dan macho, ditambah garis bahu menonjol serta fender massif untuk mengakomodir lingkar roda hingga 21 inci untuk menciptakan sosok yang kokoh dan dinamis.

    Untuk wajah depan, New Range Rover Evoque hadir dengan lampu Matrix LED super tipis memberikan tampilan lampu depan terkesan canggih. Sementara pada bagian belakang membentang aksen hitam yang secara visual memperkuat sosoknya jadi lebar. 

    Sedangkan untuk bagian kabin, New Range Rover Evoque hadir dengan tampilan lebih mewah dipadukan material kontemporer sehingga diklaim memperkuat DNA sebuah Range Rover.

    Belum lagi, kabin jadi istimewa berkat material premium yang tak hanya sekadar bahan kulit, namun bahan ini telah dikembangkan oleh pakar tekstil asal Denmark, Kvadrat, yang materialnya juga dikombinasikan campuran wol dan kain katun Dinamica® yang terbuat dari 53 botol plastik daur ulang per mobil. Tak sampai disitu, mobil ini juga hadir dengan pilihan bahan tekstil serat alami yang berasal dari pohon Eucalyptus. 

    Namun yang tak kalah menarik adalah fitur-fitur yang cukup keren, seperti berkat teknologi unggulan berupa ClearSight Ground View yang merupakan realisasi konsep kap mesin transparan Land Rover yang sempat hadir pada konsep Discovery Vision.

    Bahkan penempatan kamera di grille depan dan di spion pintu yang memproyeksikan tampilan ke layar utama dapat menunjukkan apa yang ada di depan dan di bawah bagian depan mobil dengan tampilan virtual 180 derajat.

    Fitur ini membantu pengemudi memiliki akses untuk mengamati medan yang terhalang bagian depan mobil seperti rintangan di hutan ataupun trotoar tinggi di perkotaan.

    Kaca spion pintar di yang baru juga dapat berubah menjadi layar video HD hanya dengan satu sentuhan tombol. Dengan menampilkan tampilan kamera belakang, pandangan pengemudi tidak akan terhalang oleh penumpang atau barang besar di kabin belakang, sekaligus memberikan sudut penglihatan 50 derajat lebih luas berkat kamera yang berada di atas jendela belakang. Teknologi ini juga memberikan visibilitas yang lebih jelas dalam kondisi cahaya rendah.

    Tampilan sistem infotainment Touch Pro Duo New Range Rover Evoque. ()

    Menariknya lagi, ada dua layar besar dan tombol kendali menjadi pusatnya pengendali digital di dalam kabin. Sistem ini menggabungkan dua layar sentuh HD berukuran 10-inci serta layar panel instrumen 12,3 inci di balik lingkar kemudi plus head-up display berwarna yang diproyeksikan ke kaca depan.

    Berbagai tuas dan tombol di dalam kabin didesain ergonomis dan memungkinkan pengemudi dengan mudah mengendalikan berbagai teknologi yang ada melalui fitur Touch Pro Duo.

    Dudukan tablet Click & Go dengan kemampuan pengisian daya, hotspot WiFi 4G (yang dapat tersambung hingga delapan perangkat) dan enam slot USB yang terletak di seluruh kabin.

    Mobil ini juga hadir dengan kemampuan di berbagai medan berkat fitur Land Rover Terrain Response 2 yang menyuguhkan pengaturan pengendalian kendaraan sesuai dengan medan yang akan dihadapi.

    Mesin New Range Rover Evoque. (Istimewa)

    Selain itu masih ada Wade Sensing yang mampu mendeteksi adanya genangan yang harus dihadapi di depan mobil hingga 600 mm. Fitur pendukung pengendara juga termasuk All Terrain Progress Control (ATPC), Hill Descent Control (DSC) dan Low Traction Launch.

    Untuk dapur pacu,  New Range Rover Evoque  dibenamkan mesin Ingenium 4-silinder segaris berkapasitas 2,0 liter turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga puncak 245,5 Tk dan torsi maksimal 365 Nm. Mesin ini dipadu dengan transmisi otomatis 8-speed lansiran ZF yang telah dilengkapi dengan Command Shift. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here