Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasMobil SUV Langka dan Legendaris Berstatus Bekas yang Masih Banyak Dicari

    Mobil SUV Langka dan Legendaris Berstatus Bekas yang Masih Banyak Dicari

    Mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) memang tengah popular di Indonesia. Namun yang perlu diketahui, mobil-mobil jenis ini sejatinya sudah banyak beredar di era tahun 80-90’an.

    Ya, sebelum banyak bermunculan mobil keluarga atau Multi Purpose Vehicle (MPV) seperti sekarang, konon di tahun 70-90an, mobil SUV sempat berjaya dan banyak digemari dengan berbagai alasan.

    Hanya saja, mobil berjenis SUV yang sudah muncul puluhan tahun lalu, kini bentuk dan desainnya sudah berbeda, bahkan beberapa diantaranya tak lagi diproduksi.

    SUV langka dan legendari, begitulah sebutan untuk mobil-mobil SUV yang tak lagi diperjualkan oleh agen resmi, namun namanya masih harum serta banyak diincar di pasar mobil bekas, termasuk platformnya jual beli mobil bekas OLX.co.id.

    Nah, OLXer mau tahun SUV langka lawas apa saja yang tak lagi dijual resmi, namun tetap dicari, berikut ulasannya:

    Daihatsu Taft

    Daihatsu Taft termasuk mobil yang banyak dicari, karena performanya dan kehebatannya mampu melibas berbagai kondisi jalan. Hal ini karena mobil yang diproduksi sejak 1974 hingga 2007 ini memiliki model dengan sistem penggerak 4×4 dan 4×2.

    Selama diproduksi, mobil ini sudah menghasilkan sejumlah tipe. Salah satunya F10 yang pertama kali dijual pada tahun 1976. Selain itu, Daihatsu Taft juga hadir dalam empat model, yaitu F50, Hiline, Rocky, dan Taft Reborn.

    Di platform jual beli mobil bekas OLX.co.id, Daihatsu Taft bekas dibanderol mulai dari Rp 55-230 jutaan. Tentu saja untuk harga bekas ini tergantung kondisi.

    Daihatsu Feroza

    Meski terlihat mirip dengan Daihatsu Taft, pada dasarnya Daihatsu Feroza sangatlah berbeda. Ya, perbedaan Daihatsu Feroza ini karena mobil tersebut menggunakan sistem penggerak roda depan 4×2, ditambah mesin bensin 1600 cc yang menghasilkan daya 94 Hp pada 5.700 rpm dan torsi 127 Nm pada 4.800 RPM.

    Oia, Daihatsu Feroza dijual ke pasar otomotif nasional pada tahun 1992. Namun begitu mobil tersebut telah hadir di Jepang sejak 1987. Kehadiran Daihatsu Feroza sendiri akhirnya dihentikan produksinya pada tahun 1999, dan kemudian digantikan Daihatsu Taruna, lalu Terios.

    Meski begitu, pamor Daihatsu Feroza tetap belum padam, bahkan harga bekasnya di platform jual beli mobil bekas OLX.co.id, sangat bervariasi, mulai dari Rp 40-100 jutaan.

    Suzuki Jimny/Katana

    Suzuki Jimny Bekas
    Suzuki Jimny 4×4  bekas lansiran 1986 dijual Rp 92,5 juta di OLX.co.id

    Suzuki Jimny, mobil yang satu ini juga masuk dalam daftar SUV banyak peminatnya. Bahkan Jimny model terbaru sangat fenomenal, karena untuk melakukan pemesanan butuh waktu hingga tahunan, dan itu terjadi tak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia.

    Ya, Suzuki Jimny atau Katana ini merupakan mobil bergaya jip dengan sistem penggerak 4×2 yang eksis di era 80 sampai 2000’an awal. Mobil dengan perawakan mungil ini dibenamkan mesin 4 silinder berkapasitas 1.000cc

    Jika Anda tak ingin menunggu lama untuk memiliki Suzuki Jimny terbaru dengan alasan waktu dan harganya cukup mahal, maka tidak ada salahnya memilih Jimny model lawas, yang dijual mulai dari Rp 60 jutaan tergantung kondisi dan tahun produksi.

    Toyota Land Cruiser/ FJ40

    Bagi mereka pecinta off road, pasti mengenal salah satu mobil legendaris yang akrab disapa mobil ‘Hardtop’. Sejatinya mobil bergaya ala jip tersebut merupakan Toyota Land Cruiser yang sempat ngetren di Tanah Air pada tahun 70-80’an.

    Oia, mobil yang juga dikenal dengan sebutan FJ40 ini awal mulanya digunakan untuk armada militer Jepang. Hingga akhirnya mobil tersebut ikut diimpor dan juga dipakai untuk kendaraan militer Tentara Nasional Indonesia di era Presiden Soekarno.

    Toyota FJ40 juga sempat diproduksi lokal di Indonesia pada tahun 1970 tepatnya di PT Gaya Motor, Tanjung Priok, Jakarta.

    Nah, di Indonesia, Toyota FJ40 menggunakan mesin bensin seri F OHV 6 silinder segaris berkapasitas 3.878 cc, yang menghasilkan daya hingga 125 Tk dan torsi 256 Nm. Tenaga yang dimiliki disalurkan melalui transmisi manual 4 percepatan dengan sistem penggerak 4×4.

    Di platform OLX.co.id, Toyota FJ40 ini yang sudah legendaris ini dibanderol mulai dari Rp 125 juta sampai Rp 300 jutaan.

    Suzuki Vitara/ Escudo/ Sidekick

    Suzuki Escudo bekas
    Suzuki Escudo bekas banyak dijual di OLX.co.id

    Mobil SUV dari Suzuki yaitu Vitara memang sangat legendaris. Awal mula munculnya Vitara sendiri yaitu sejak tahun 1988. Hingga saat ini mobil tersebut masih diproduksi dan dijual di Indonesia.

    Suzuki Vitara merupakan produk global. Hanya saja penyebutan namanya berbeda-beda. Hal ini membuat Suzuki Vitara dikenal dengan sebutan Sidekick, dimana mobil tersebut dipasarkan di kawasan Amerika Utara dan Amerika Selatan. Kemudian Vitara juga disebut dengan nama Escudo, yang dipasarkan di negara asalnya Jepang, Taiwan dan Skandinavia.

    Di Indonesia, sendiri sebenarnya mobil ini dipasarkan dengan nama Suzuki Vitara sejak 1992. Kala itu, mobil ini masih mengusung sistem penggerak 4×4. Namun karena Vitara dengan sistem penggerak 4×4 dianggap mahal, maka tak lama munculah Suzuki Escudo yang mengusung sistem penggerak 4×2 dengan fitur yang melimpah.

    Meski saat itu banyak peminat, namun bagi sebagian orang yang ingin memiliki Escudo merasa masih teramat mahal. Hingga akhirnya muncul versi Sidekick pada tahun 1995 yang disebut versi termurah dari keluarga Vitara.

    Untuk Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick dengan tahun produksi lawas, saat ini harganya dijual mulai dari harga Rp 40 jutaan.

    Nissan Terrano

    Nissan Terrano juga masuk jajaran SUV langka dan legendaris. Diketahui, mobil yang masuk pasar Indonesia pada tahun 1995 ini sudah dilengkapi sistem penggerak 4×4, sehingga Terrano jadi mobil yang gagah dan tangguh.

    Nissan Terrano mengalami beberapa perubahan, seperti pada 1997 muncul Terrano Spirit, GrandRoad XT-R, dan KingRoadF1, dimana desain mobil ini tak lagi kota. Kemudian pada 2003 muncul lagi Nissan Spirit (S1-S2-S3), GrandRoad (G1-G2-G3), KingsRoad yang desainnya lebih cembung.

    Nah, dengan perkembangan teknologi yang mengalami peningkatan, Nama Nissan Terrano seakan dihilangkan, dan muncullah titisannya berupa Nissan Terra pada tahun 2018.

    Jika OLXer ingin membeli Nissan Terrano, coba cek di platform OLX.co.id dimana mobil ini dijual mulai dari Rp 35 jutaan.

    Honda CR-V Gen 1

    Honda CRV Bekas
    Honda CRV Bekas

    Pamor Honda CR-V sebagai mobil SUV modern memang tak terbantahkan. Namun OLXer perlu tahu, bahwa Honda CR-V generasi pertama yang masuk Indonesia pada tahun 1996 ternyata masih banyak diminati.

    Tak sedikit orang yang tertarik dengan Honda CR-V Gen 1 ini lantaran desainnya yang menarik, ditambah fitur yang dibenamkan cukup melimpah dan mesinnya dianggap tetap bandel, serta sensasi handlingnya yang masih mantap.

    Saat ini Honda CR-V gen 1 di OLX.co.id ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 40 jutaan.

    Nah, menurut OLXer apalagi ya mobil SUV langka dan Legendaris di Indonesia?

    Jika OLXer ingin mendapatkan mobil SUV, bisa mencarinya di   

    OLXer juga bisa menjual mobil SUV secara instan, aman dan nyaman di 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here