Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    TipsMobil Tak Bisa Dibawa Mudik? Coba Periksa Ketiga Bagian Ini

    Mobil Tak Bisa Dibawa Mudik? Coba Periksa Ketiga Bagian Ini

    Pemerintah kembali melarang masyarakat menggelar ritual mudik lebaran. Bahkan seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri, pihak kepolisian bersiaga untuk mencegah pemudik pulang kampung.

    Ya, langkah yang dilakukan pemerintah mengenai larang mudik ini dianggap  dapat mengurangi risiko penularan virus Covid-19. Apalagi, dikhawatirkan masyarakat tidak mengindahkan penggunaan protokol kesehatan.

    Meski tak bisa mudik, namun OLXer yang secara khusus memiliki sebuah mobil, sudah seharusnya tetap melakukan pengecekan dan perawatan.

    Nah, jika OLXer masih kurang paham bagian mobil mana saja yang harus dilakukan perawatan jika tak akan dipakai, berikut ulasannya:

    Pertama yang harus diperhatikan adalah ban. Ya, ban memiliki tugas cukup berat, apalagi saat lebaran mobil sering diisi penuh oleh penumpang dan barang. Nah, walau tidak mudik dan digunakan untuk bepergian, namun tekanan angin pada ban mobil bisa saja berkurang.

    Oleh karena itu, periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan dan lakukan pemeriksaan ringan kondisi fisik ban dan pelek.

    Jangan lupa, bawa ban cadangan dan juga wajib diperiksa. Sekaligus cek kondisi kaki-kaki mobil seperti shock absorber, per, lengan ayun, dan komponen penggerak roda.

    Kedua, periksa berbagai cairan pada mobil yang menunjang kinerja kendaraan. Nah, beberapa cairan yang dimaksud adalah minyak rem dan minyak kopling untuk mobil manual. Kemudian ada juga air aki dan air wiper.

    Selain itu, periksa juga cairan lainnya termasuk oli mesin dan oli transmisi, termasuk minyak power steering. Kalau masih penuh artinya tidak ada kebocoran, kalaupun berkurang sedikit masih wajar karena adanya pemuaian.

    Ketiga, ada beberapa hal yang perlu dilakukan pengecekan pada bagian mesin. Nah, cara yang bisa OLXer lakukan seperti surat keterangan Auto2000 yaitu posisikan kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen apakah ada masalah.

    Jika tidak ada, bisa melanjutkan dengan menyalakan mesin dan dengarkan bila ada suara aneh. Jika sampai terdeteksi masalah, peluang terbaik untuk memperbaiki adalah dengan membawanya ke bengkel resmi.

    Nah, OLXer jika memang memiliki waktu luang karena tidak mudik, silahkan dicoba di rumah ya.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here