Kamis, September 29, 2022
More
    InformasiInilah Daftar 15 Mobil Termahal di Dunia Tahun 2022

    Inilah Daftar 15 Mobil Termahal di Dunia Tahun 2022

    Mobil kini tak hanya dipandang sebagai kendaraan, tetapi juga sebagai gaya hidup, nilai prestise, bahkan karya seni yang bisa dikendarai. Untuk itu, pembahasan mengenai mobil termahal di dunia akan selalu menarik di dunia otomotif.

    Beberapa pabrikan otomotif bahkan hanya berfokus untuk mengeluarkan mobil dengan nilai prestise tinggi, misalkan Ferrari, Rolls Royce, Bugatti atau  Koenigsegg. Hal ini karena pengalaman berkendara menjadi nilai tambahan dari sekedar memindahkan pengemudinya dari satu tempat, ke tempat lain.

    Mobil-mobil termahal di dunia umumnya berfokus pada besarnya tenaga penggerak, nilai kenyamanan, atau desainnya yang “berbeda” dari mobil yang umum dimiliki orang lain. Jika Anda penasaran dengan apa mobil termahal di dunia? Berikut daftar dari mobil termahal dunia di Tahun 2022

    Urutan Daftar Mobil termahal Di Dunia

    15. Pagani Huayra Range – Rp20,8 Miliar

    Masuk ke mobil urutan ke 15 termahal di dunia, yakni dari pabrikan mobil elit dari Italia, Pagani. Brand ini merilis salah satu mobil termahalnya yakni Huayra. Berapa harga pagani huayra? Untuk tipe termurahnya dibanderol dengan harga sebesar $1.4 Juta atau sekitar Rp20.8 Miliar.

    Mobil ini merupakan perpaduan harmonis dengan spesifikasi teknik mumpuni ala mobil Jerman dan desain Italia yang rupawan. Mesin dari Hypercar ini berkapasitas 6.0-liter, twin-turbo, AMG-sumber V-12, yang di produksi oleh Mercedes khusus untuk Huayra.

    Rilis performanya berkekuatan hingga 730 tenaga kuda dan torsi 738 nm. Desain bodinya dibuat dengan prinsip windbreaker. Mobil ini semakin buas karena dikombinasikan dengan bahan konstruksinya yang ringan dengan serat karbon dan titanium. Huayra mampu berlari dengan kecepatan yang menakjubkan yakni dengan top speed 370 Kpj.

    mobil termahal di dunia ferrari monza
    Ferrari Monza

    14. Ferrari Monza – Rp26,7 Miliar

    Bicara mengenai mobil mewah, sudah pasti harus membahas Ferrari. Di Awal kehadirannya, Ferrari sukses selalu menjadi terbaik dalam ajang balapan mobil yang prestisius. 

    Ferrari didirikan oleh engineer tersohor asal Italia, Enzo Ferrari. Pada awalnya, ia hanya terobsesi untuk membangun mobil yang tercepat dan bertenaga. Namun untuk mendukung hobinya tersebut dari segi keuangan, Ferrari mulai masuk dalam pasar mobil komersial. Ferrari Monza kini dihargai dengan nilai  $1.8 Juta atau sekitar Rp26.7 Miliar. 

    Monza dibekali dengan mesin gahar V-12 kapasitas 6,5 liter. Mesin ini mampu menghasilkan 799 tenaga kuda dan torsi 530 nmi yang memungkinkannya mencapai 100 Kpj dalam 2,9 detik dan top speed mengagumkan hingga 302 Kpj.

    Baca juga: 12 Mobil Sport Langka di Dunia yang Dibuat Tak Sampai 10 Unit

    13. McLaren Elva  – Rp27,2 Miliar

    McLaren Elva adalah mobil kelima di Seri Ultimate McLaren. Dengan produksi terbatas hanya 149 unit, mobil ini sangat langka dan dibanderol dengan harga mulai dari $1.83 juta atau Rp27,2 Miliar.

    Brand yang terkenal dengan tim balapnya di F1 ini, membekali Elva dengan mesin V8 twin-turbo 804 tenaga kuda. Transmisinya menggunakan gearbox 7-percepatan yang dan torsi puncak hingga 590 nm.

    Nilai spesial dari mobil ini adalah ketika pembeli ingin memboyong Elva, harus melalui pesanan terlebih dahulu. Karena setiap Elva akan dibuat sesuai pesanan dan selera dari pembeli. Hal ini membuat harga jualnya lebih tinggi bahkan hingga menyentuh $2 Juta Dollar AS.

    12. Bentley Mulliner Bacalar – Rp28,2 Miliar

    Bentley tentunya mengisi daftar mobil termahal di dunia. Seri terbaru dari Mulliner yakni Bacalar hanya diproduksi sebanyak 12 unit.  Harga setiap mobilnya dibanderol sebesar $1.9 Juta USD atau sekitar Rp28.2 Miliar. 

    Secara mekanis, Bentley Bacalar hampir identik dengan Continental GT. Mobil ini diperkuat dengan mesin 6.0L twin-turbo W-12  dengan transmisi 8-percepatan. Tenaga maksimal yang digenjot bisa mencapai 650 tenaga kuda dan torsi puncak di  667 nm.

    Dengan produksi terbatas hanya 12 unit, yang telah habis terjual, Bacalar tidak diragukan lagi adalah salah satu mobil yang paling indah dan salah satu yang paling mahal di dunia.

    mobil termahal di dunia Bentley Mulliner Bacalar
    Bentley Mulliner Bacalar

    11. Pininfarina Batista – Rp29,7 Miliar

    Belum pernah mendengar nama tersebut? Pininfarina merupakan firma desain yang fokus pada pengembangan tampilan mobil-mobil terkencang di dunia termasuk Ferrari. Batista merupakan proyek mobil listrik yang masuk dalam daftar mobil termahal.

    Produksi Batista dimulai pada 2022, dengan penjualan terbatas hanya sebanyak 150 unit. Semua penjualan disebar secara merata untuk pembeli dari Amerika Utara, Eropa, Asia, dan Timur Tengah.

    Spesifikasi teknikal dari mobil ini sangat mencengangkan. Mobil listrik ini menggunakan sumber tenaga AC quad dengan paket baterai 129 kWh, dengan performa maksimum hingga 1.900 tenaga kuda dan torsi puncak hingga 1.741 nm. Mobil ini mampu melesat hingga 100 Kpj hanya dalam waktu 1,8 detik. Top speed dari mobil ini mampu melaju dengan kecepatan 350 Km/jam

    Baca juga: Daftar Mobil Pajak Termurah di Indonesia

    10. Mercedes-AMG One – Rp37,1 Miliar

    Masuk ke 10 besar mobil termahal, yakni Mercedes AMG One. Mobil ini adalah proyek paling ambisius dengan desain pembakaran yang sama dengan mobil F1 pemenang kejuaraan. 

    AMG-One memang berkomitmen untuk membawa teknologi F1 ke jalanan dengan banderol harga $2,5 juta atau sekitar Rp37 miliar. Hal ini menjadikannya mobil  Mercedes legal road termahal dalam sejarah.

    Hypercar satu ini berbahan dasar karbon yang ditenagai Mesin 1.6 single-turbo V-6 yang serupa dengan mobil Lewis Hamilton Juara F1 2015. Dari segi transmisi menggunakan gearbox semi-otomatis 8-kecepatan untuk akselerasi yang optimal. 

    9. Aston Martin Victor  – Rp44,4 Miliar

    Aston Martin Victor adalah mahakarya. Mobil ini hanya diproduksi satu unit untuk seluruh dunia dan telah laku dibeli oleh pembeli anonim dari Belgia. Mobil ini begitu buas dengan mesin V-12 7,3 liter dan sentuhan maskulin transmisi manual 6-speed.

    Mobil ini menjadi ikon neo-retro dari sebuah supercar. Karena sangat langka, banderol mobil ini tidak main-main dan menyentuh angka $3.000.000 atau sekitar Rp44.4 Miliar.

    Mobil ini secara eksplisit memberikan sejarah. Dimana nama Victor yang digunakan berdasarkan nama salah satu orang yang istimewa, Victor Gauntlett. Dia adalah orang yang sendirian menghidupkan kembali Aston Martin setelah hampir bangkrut pada tahun 80-an, dan berperan penting dalam mengembalikan James Bond ke Aston Martin dalam film The Living Daylights.

    Baca juga: Bukan Ferrari atau Lamborghini, Ini 5 Mobil Tercepat di Dunia

    8. Aston Martin Valkyrie  – Rp44,4 Miliar

    Valkyrie adalah salah satu seri paling premium yang dikeluarkan oleh Aston Martin. Mobil ini didukung oleh V-12 7.0 liter dengan redline 11.000 rpm dan harga dasar yang sama ekstremnya yakni sebesar $3 Juta USD atau Rp44.4 Miliar.

    7. Lykan Hypersport  – Rp50,4 Miliar

    Tidak semua pabrikan mobil mewah berasal dari Eropa, ternyata masih ada negara lain yang bersaing pada segmen mobil termahal. Ialah Lykan yang diproduksi oleh W Motors, pabrikan otomotif asli Timur Tengah.

    Mobil ini memiliki tenaga penggerak yang serupa dengan Porsche CTR3 twin-turbo, Yakni mesin flat-six 3.7 liter yang menghasilkan 750 tenaga kuda. Dari tes performa, 0 hingga 100 Kpj dapat dicapai hanya dalam waktu 2,8 detik dan kecepatan tertinggi 394 Km/jam.

    mobil termahal di dunia Lamborghini Sian
    Lamborghini Sian

    6. Lamborghini Sian – Rp54,8 Miliar

    Sian adalah mobil pertama besutan Lamborghini untuk menghadirkan supercar dengan sistem bahan bakar hybrid.  Mobil ini hadir dengan jumlah produksi yang sangat terbatas, di dunia, hanya ada sebanyak 63 unit yang masing-masing dengan harga jual minimum $3.7 Juta USD atau Rp54.8 Miliar.

    Mobil ini sebagian besar komponennya diadopsi dari saudara satu pabrikannya yakni Aventador SVJ. Dapur pacu yang diusung yakni Naturally Aspirated 6.5 liter V-12 yang mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 774 tenaga kuda.

    Satu hal yang membuat Sian begitu spesial dibanding mobil hybrid lainnya, motor listrik Sian ditempatkan di dalam gearbox dan ditenagai oleh superkapasitor dan sistem ini menghasilkan output daya hingga 804 tenaga kuda. Hal ini membuat performa Lamborghini Sian begitu impresif, 0-100 Km/Jam ditempuh hanya dalam 2,8 detik dan kecepatan tertinggi 350 Km/jam.

    5. Lamborghini Veneno -Rp59.3 Miliar

    Veneno adalah Hypercar yang sangat langka yang dibuat oleh Lamborghini sebagai perayaan 50 Tahun dari Lamborghini. Dengan harga perkenalan $4.000.000. Veneno adalah mobil legal road termahal yang diproduksi oleh Lamborghini pada saat peluncurannya.

    Veneno memiliki dasar seperti Aventador dan menggunakan dapur pacu yang sama. Yakni V-12 6,5 liter dan transmisi manual otomatis kopling tunggal 7-Speed. Seperti ciri khasnya Lambo, mobil ini berpenggerak tenaga ke keempat roda.

    Baca juga: Daftar Mobil Canggih Dengan Fitur Autopilot

    4. Bugatti Bolide – Rp71.2 Miliar

    Bugatti merupakan salah satu merek mobil mewah yang paling menyita banyak perhatian. Brand ini sukses menjadi ikon mobil sport bergengsi dan dipilih oleh publik figur seperti Cristiano Ronaldo.

    Sama seperti supercar lainnya yang diproduksi sangat terbatas untuk menjaga eksklusifitasnya, Bugatti Bolide hanya dijual sebanyak 30 unit. Mobil ini masih dalam tahap pemesanan dan perkiraan harganya mencapai $ 4,8 Juta. atau Rp71.2 Miliar.

    Nilai spesial dari mobil jutaan dollar yang satu ini, ialah penyematan rangka karbon monocoque yang didesain agar jauh lebih ringan dan lebih aerodinamis daripada Chiron. Dari perubahan ini, Bugatti mengklaim bahwa Bolide hanya seberat 1.451Kg atau 453kg lebih ringan dibanding Bugatti Chiron.

    Perbedaan berat kendaraan ini yang menjamin bahwa Bolide dapat melesat jauh lebih kencang dibanding Chiron dan tentunya jauh lebih mahal harga jualnya. Kecepatan jet darat ini diklaim mampu menembus 100 Kpj hanya dalam waktu 2,17 detik. Top speed Bolide mampu menembus 500 kpj hanya dalam waktu 20,16 detik.

    3. Pagani Zonda HP Barchetta – Rp261.2 Miliar

    mobil termahal di dunia Pagani Zonda HP Barchetta
    Pagani Zonda HP Barchetta

    Pagani Zonda HP Barchetta merupakan mobil sangat istimewa dan langka. Hal ini karena pabrikan mobil yang bermarkas di Modena, Italia, hanya memproduksi tiga unit dengan harga saat ini US$17,6 juta atau sekitar Rp 261,2 miliar.

    Hypercar yang satu ini dibekali mesin Mercedes-AMG M120 V12 berkapasitas 7.3 liter yang mampu menyemburkan daya 789 Tk dan torsi 850 Nm. Dengan mesin tersebut, mobil ini diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 3,1 detik dan melesat hingga 355 km per jam.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Bekas Murah Terbaik di Tahun 2022

    2. Bugatti La Voiture Noire – Rp277.5 Miliar

    Bugatti La Voiture Noire masuk jajaran dua teratas mobil termahal di dunia karena harganya saat ini mencapai US$18,7 juta atau Rp 277.5 miliar.

    Mobil ini dibekali dengan Mesin W16 quad-turbo berkapasitas 8.0-liter, yang bisa menyemburkan tenaga 1.479 hp dan torsi 1.600 Nm. Dengan mesin ini Bugatti La Voiture Noire mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam 2,5 detik dan kecepatan maksimum tembus 420 km per jam.

    1. Rolls-Royce Boat Tail – Rp415 Miliar!

    mobil termahal di dunia Rolls Royce Boat Tail
    Rolls Royce Boat Tail

    Inilah dia, mobil yang menjawab pertanyaan mobil apa yang paling mahal. Mobil termahal di dunia saat ini, perkenalkan Rolls-Royce Boat Tail dengan harga yang mencengangkan, US$ 28 juta atau sekitar Rp 415 miliar! Alasan mobil ini mahal, tak lain karena selain dibuat bagaikan handcraft, mobil yang hanya dibuat tiga unit ini memiliki barang-barang mewah.

    Di dalam mobil ini memiliki barang-barang yang diklaim mahal dan mewah, seperti jam tangan analog pada dashboard, portable picnic dan masih banyak lainnya.

    Disebutkan juga, waktu yang dibutuhkan Rolls-Royce untuk menggarap satu unit Boat-Tail ini memakan waktu hingga empat tahun. Sesuai nama dan fungsinya, Boat-Tail adalah mobil yang juga didesain mirip kapal pesiar.

    Uniknya, sebelum Rolls-Royce Boat Tail muncul, ada salah satu konsumen yang ingin membeli mobil tersebut, mengajukan permintaan untuk Rolls-Royce membuat mobil yang belum pernah dilihatnya. 

    Tentu saja orang yang memesan Rolls-Royce Boat Tail adalah kaya raya, salah satunya disebut-sebut adalah selebritis Jay-Z dan Beyonce.

    Disebutkan, Rolls-Royce Boat Tail 2022 menggunakan mesin sama dengan Rolls-Royce Cullinan, dan Rolls-Royce Phantom yaitu menggunakan V12 biturbo dengan kapasitas 6,75 liter yang menghasilkan daya 563 Tk.

    Apa Kriteria Mobil Mewah dan Mahal?

    Lamborghini Aventador

    Istilah mobil mewah memang identik dengan harga mahal. Tapi menurut beberapa sumber, kategori mobil mewah juga bisa dilihat dari seberapa banyak dan canggih fitur yang dibenamkan serta seberapa hebat teknologi paling baru yang diciptakan.

    Namun begitu, mobil mewah yang dibahas kali ini harus merupakan buatan di atas tahun 2000 yang sudah dijual atau masih dijual, meskipun jumlahnya terbatas. Beberapa mobil dengan kriteria tersebut, antara lain:

    Jika OLXer menyebut Ferrari LaFerrari merupakan mobil mahal, itu benar adanya karena dibanderol sekitar Rp 20,1 miliar. Akan tetapi, mobil yang diproduksi sekitar tahun 2013-2016 di Maranello, Italia ini tidak masuk 10 mobil termahal di dunia.

    Meski begitu, tidak dipungkiri bahwa LaFerrari juga telah menggunakan mesin berperforma tinggi, yaitu  dibenamkan sebonggol mesin hybrid V12 berkapasitas 6,3 liter yang menghasilkan daya mencapai 950 Tenaga kuda (Tk) dan kecepatan tertingginya bisa melesat 354 km per jam.

    Lalu apakah OLXer mengira Lamborghini Aventador sebagai mobil termahal? Bukan juga. Hanya saja, mobil ini bisa digolongkan mobil mahal karena harganya sekitar US$ 450-500 ribu atau Rp 6,4 – 7,2 miliar.

    Diketahui, model Lambo ini sudah mengusung mesin DOHC 48-valve V12, aluminum block and heads, port fuel injection, yang dapat menyemburkan daya 759 Tk dan torsi 531 lb-ft ini.

    Mobil mewah tapi belum jadi termahal di dunia

    Para produsen mobil mewah memang memiliki supercar dan hypercar. Bagi masyarakat biasa, mendapatkan mobil-mobil ini mungkin hanya di alam mimpi, atau sekedar menikmati di layar televisi, media sosial, atau jalan raya.

    Namun faktanya, mereka yang tajir dan mengerti otomotif, meski masa pandemi seperti ini justru tetap membeli mobil mewah dan mahal sebagai koleksi di garasi rumah mereka.

    Jika bisa disimpulkan, apa merek mobil termahal di dunia? Jawabannya mungkin akan terus berubah karena pabrikan otomotif akan terus bermunculan dan berinovasi untuk membuat mobil terbaik dengan harga selangit.

    Demikian daftar mobil termahal di dunia pada tahun 2022 dari OLX Autos. Semoga artikel ini bermanfaat!

    Artikel ini pertama kali ditulis oleh Herdi Muhardi, diperbarui pada 31 Agustus oleh Bisma L.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here