Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    BeritaMobil-Mobil Listrik Kumpul di Balai Kartini, Bisa Test Drive Juga

    Mobil-Mobil Listrik Kumpul di Balai Kartini, Bisa Test Drive Juga

    Era kendaraan listrik sudah didepan mata, hal ini pula membuat Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menghadirkan acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Balai Kartini, Jakarta, mulai 4-5 September 2019.

    Ajang pameran khusus kendaraan bermotor listrik pertama di Indonesia dengan dengan tajuk ‘Electric Vehicle for Smart Transportation’ ini dihadiri sejumlah pabrikan otomotif yang ada di Tanah Air.

    Menurut Kepala BPPT Hammam Riza, acara ini mempunyai misi untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa penggunaan kendaraan yang bersifat ramah lingkungan sudah sepatutnya mendapat tempat di masyarakat.

    “Respon positif dan antusias masyarakat secara luas, saya harapkan dapat tercermin dalam kegiatan ini,” ungkap Riza saat membuka acara IEMS 2019.

    Lebih lanjut, Riza juga mengatakan, IEMS 2019 jadi ajang sebagai upaya atau inisiatif untuk memperdalam dan memperluas pemahaman masyarakat Indonesia mengenai kendaraan bermotor listrik sebagai salah satu contoh disruptive technology terbaru.

    Gelaran soal seputar kendaraan listrik ini didukung Kementerian Koordinator Kemaritiman, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, dan Kementerian Perhubungan, PLN (Persero,) dan Pertamina (Persero), serta berkolaborasi dengan Majalah Transportasi Indonesia ini akan menampilkan berbagai kendaraan listrik maupun hybrid, beragam komponen pendukung, baterai, charging station, hingga test drive kendaraan listrik.

    IEMS 2019 akan menyuguhkan seminar, sharing knowledge, dan pengenalan produk kendaraan listrik secara lebih mendalam yang menghadirkan para stakeholder, pakar, akademisi, dan pelaku industri kendaraan listrik.

    Adapun pada 7 September 2019, recananya akan digelar konvoi bersama menggunakan berbagai jenis kendaraan listrik dari Kantor BPPT Thamrin Jakarta menuju Kantor BPPT Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

    Peserta konvoi akan diajak untuk menyaksikan teknologi fast charging station, Battery Testing Lab, hingga test drive kendaraan listrik.

    Acara ini juga sekaligus menjadi garis finish dari perjalanan Tim Jambore Raily Mobil Listrik ITS Surabaya Jakarta. Jambore tersebut merupakan rally kendaraan listrik melewati Jalur Selatan sejauh 800 km dari Surabaya menuju Jakarta yang dimulai pada 28 Agustus 2019 lalu.

    Sejumlah 45 exhibitor IEMS 2019 yang diikuti kementerian, BUMN, akademisi, stakeholder, industri komponen pendukung, dan para pelaku industri otomotif merek ternama, yang berasal dari Jepang, China, Eropa, dan produk dalam negeri Indonesia hadir untuk memamerkan teknologi dan produk kendaraan listrik. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait