Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    TipsModel dan Jenis Motor Kita Sama, Tapi Kenapa Lebih Boros?

    Model dan Jenis Motor Kita Sama, Tapi Kenapa Lebih Boros?

    Jutaan sepeda motor baru muncul di jalanan Indonesia setiap tahunnya. Merek dan modelnya pun kini tak bisa lagi eksklusif. Sebaliknya, kita menyebutnya pasaran.

    Tapi entah mengapa, pasti ada saja pemilik sepeda motor beranggapan, ‘meski tipe dan model motor kita sama, tapi mengapa miliknyalah yang boros untuk urusan bahan bakar?’

    Menanggapi kasus tersebut, menurut dealer Honda Cengkareng, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan perbedaan tingkat penggunaan BBM pada motor, yaitu :

    Kondisi jalan

    Secara umum, pengendara yang menempuh kondisi jalan macet akan mengkonsumsi BBM lebih banyak dibandingkan pengendara yang menempuh kondisi jalan lancar.

    Hal ini disebabkan oleh pembukaan dan penutupan throttle lebih banyak pada jalan macet dibandingkan jalan lancar.

    Cara mengendarai motor

    Setiap pengendara memiliki style dan cara yang berbeda dalam mengendarai motornya. Gaya mengendarai yang suka membuka gas mendadak akan mengakibatkan pembuangan bahan bakar yang sia sia karena terlalu cepat dibandingkan putaran mesin. Untuk konsumsi BBM yang optimal, kami menyarankan anda untuk membuka gas lebih stabil.

    Setting pada mesin

    Selain itu settingan mesin juga dapat berpengaruh pada tingkat konsumsi BBM dari motor. Ada beberapa masalah setting mesin yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi BBM, seperti pada bagian karburator atau injektor, atau akibat busi.

    Karburator atau injektor merupakan bagian penting, karena bagian ini dapat menyalurkan bensin ke ruang bakar. Jika salah setting, maka bisa menyebabkan boros BBM. 

    Demikian juga pada busi, jika busi renggang atau salah pasang itu bisa sangat berpengaruh. Belum lagi jika spesifikasi busi tidak sesuai, maka fungsi untuk melakukan proses pembakaran maka akan jadi masalah.

    Air filter kotor

    Jika sepeda motor terasa boros, maka perlu juga memeriksa air filter, apakah kotor atau tidak. Sebab, jika kotor bisa membuat aliran udara jadi tersumbat. 

    Apabila hal itu terjadi, maka dapat mengakibatkan campuran bensin dan udara yang dibakar busi menjadi tidak sempurna dan menjadi berat, sehingga konsumsi bensin menjadi lebih banyak. 

    Ban kempis

    Perlu diketahui, tekanan angin akan berkurang dengan sendirinya setiap hari. Nah, jika tekanan angin berkurang biasanya tarikan gas akan terasa berat, sehingga mesin butuh tarikan ekstra. 

    Hal inilah yang membuat konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Maka dari itu sebaiknya dilakukan pengecekan minimal satu minggu sekali.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here