Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    LainnyaMoms Lagi Hamil? Ingat, Radiasi Handphone Lebih Berbahaya Daripada Pintu Mesin X-Ray

    Moms Lagi Hamil? Ingat, Radiasi Handphone Lebih Berbahaya Daripada Pintu Mesin X-Ray

    Tak sedikit rasa cemas menghampiri pada ibu hamil ketika melewati pemeriksaan keamanan berupa pintu mesin X-Ray (Sinar X) saat memasuki bandara, pusat perbelanjaan atau kantor.

    Hal tersebut lantaran alat pendeteksi memancarkan gelombang listrik dan gelombang radio yang dianggap memiliki radiasi sehingga beresiko terhadap janin atau bayi dalam kandungan.  

    Lantas apakah hal itu benar sangat berbahaya untuk ibu hamil?

    Menurut dr Dwi Santi yang merupakan Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi, radiasi memang sangat berbahaya bagi siapa saja, termasuk ibu hamil.

    “Kalau ibu lewat itu (X-Ray) memang ada radiasi, tapi kecil, nggak apa-apa,” ucap Dwi saat ditemui News OLX.

    Mesin X-Ray sendiri berguna untuk memindai tubuh. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada barang terlarang yang disembunyikan, termasuk senjata api, senjata tajam, hingga logam-logam berbahaya. Lain halnya di mall atau toko, pimindah ini berguna untuk mendeteksi atau menyelundupkan barang curian dari toko. 

    Hanya saja, kata Dwi, jika memang ibu sedang hamil, tak ada salahnya meminta petugas yang berjaga di pintu alat pendeteksi untuk tidak melewatinya.

    Dwi sendiri mengatakan, radiasi yang lebih besar dan sangat berbahaya bukan pada X-Ray, melainkan handphone atau telepon genggam.

    Radiasi handphone, kata Dwi sangat berbahaya karena dipercaya dapat beresiko membuat sang bayi mengalami masalah. Bahkan, lanjut Dwi, risiko paling buruk akibat terkena paparan radiasi bisa saja membuat cacat.

    “Makanya kalau ada anak kecil jangan cas di kamar. Kalau mau jauh-jauh di luar. Kalau mau tidur matiin saja. Karena radiasinya lebih besar,” ucap Dwi.

    Nah, kalau sedang hamil atau istrinya lagi hamil maka disarankan tidak selalu menggunakan handphone ya. Jika ingin mengisi waktu luang, bisa melakukan aktifitas lainnya yang tidak membahayakan. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here