Jumat, Mei 20, 2022
More
    TipsMotor Dipake Mudik? Yuk Cek Bagian Rem Cakram

    Motor Dipake Mudik? Yuk Cek Bagian Rem Cakram

    OLXers yang sempat menggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran 2022 kemarin, sudah seharusnya melakukan berbagai pengecekan, termasuk pada bagian rem.

    Pasalnya, rem yang berfungsi mengontrol kecepatan, memperlambat dan memberhentikan laju roda juga perlu perawatan apalagi jika sering dipakai. 

    Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu), Muslian mengatakan, rem yang banyak fungsinya, harus dilakukan perawatan agar kinerjanya tetap maksimal, sehingga mengurangi resiko yang membahayakan keselamatan berkendara. 

    “Karena itu kami memberikan beberapa cara perawatan khususnya rem cakram agar mendukung kelancaran aktivitas menggunakan motor,” ungkap Muslian dalam keterangan tertulis.

    Seperti diketahui rem ada dua jenis tipe sesuai dengan konstruksi dan kegunaan pada kendaraan, yaitu tipe rem hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol).

    Khusus rem Cakram, tipe rem yang ini memang semakin banyak digunakan pada sepeda sepeda motor. Maka dari itu, kali ini kita sedikit mengulas perawatan rem cakam.

    Sebab pemilik sepeda yang menggunakan rem cakram perlu melakukan perawatan agar performa rem tetap maksimal.

    Tips perawatan rem cakram 

    rem cakram
    rem cakram. (Shutterstock)

    Nah, OLXers mau tahu bagaimana merawat rem cakram, berikut ulasannya.

    1. Lakukan pengecekan dan penggantian minyak rem secara berkala 

    OLXers yang menggunakan rem cakram pada sepeda motornya perlu secara rutin memeriksa kanvas rem atau mengganti minyak rem.

    Hal ini tentunya bermanfaat untuk menjaga agar kinerja rem cakram lebih optimal. 

    Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km, atau warna dari minyak rem sudah mengalami perubahan menjadi semakin gelap.

    Maka dari itu, jika kualitas minyak rem sudah jelek sudah seharusnya diganti.

    2. Membersihkan kaliper

    Pengguna sepeda motor juga harus secara rutin membersihkan kaliper. Pasalnya, rem cakram bersifat terbuka, sehingga debu dan kotoran bisa dengan mudah menempel pada kanvas atau piston. 

    Kondisi ini mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal, karenanya segeralah lakukan pembersihan pada bagian tersebut.

    Adapun jika ingin membersihkan rem cakram, ciri-cirinya gampang, jika handle rem terasa berat saat ditekan, maka bisa diperiksa atau ganti seal master rem bagian atas. 

    3. Perhatikan kaliper selalu dalam kondisi baik

    Efek yang cukup terasa apabila kaliper bermasalah adalah turunnya kualitas pengereman serta kerja handle rem menjadi berat atau blong, hal ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan. 

    Maka dari itu, pastikan kaliper pada motor dalam kondisi yang baik, serta lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi terdekat.

    Nah, itulah cara merawat rem cakram.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Baca juga  Alasan Motor Perlu Pakai Rem ABS dan Bagaimana Cara Perawatannya

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here