Rabu, Desember 1, 2021
OLX Auto
More
    MotorMotor Listrik Karya Universitas Budi Luhur, BL-SEV01 Lakukan Pengujian di Sirkuit Sentul

    Motor Listrik Karya Universitas Budi Luhur, BL-SEV01 Lakukan Pengujian di Sirkuit Sentul

    News.OLX.co.id – Universitas Budi Luhur bulan lalu sempat memperkenalkan produk sepeda motor listrik bernama BL-SEV01, singkatan dari Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01. Motor listrik ini memang cukup menarik perhatian karena mengambil model motor sport yang berkesan futuristik.

    Belakangan, BL-SEV01 ini ternyata sudah melakukan uji performa di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

    Tujuannya tentu saja untuk mengetahui sejauh mana kinerja handling motor di lintasan balap sesungguhnya, dimana BL-SEV01 dipaksa untuk melahap trek lurus dan tikungan tajam dengan dorongan kekuatan paling maksimal. 

    “Ini merupakan pengujian pertama motor listrik BL-SEV01 di lintasan Sirkuit Sentul yang dilakukan langsung oleh pembalap profesional. Tugas pembalap tersebut adalah memberikan masukan mengenai performa sekaligus handling motor listrik ini,” ungkap Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono dalam sebuah siaran pers, Senin (15/2/2021).

    Hasilnya nanti menurut Sujono menjadi bahan evaluasi untuk melakukan penyempurnaan kembali di Lab Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur. 

    Galih Aji Prakoso adalah pembalap profesional yang ditunjuk untuk melakukan test ride perdana BL-SEV01 di Sirkuit Sentul. Pembalap muda sarat prestasi ini kebetulan adalah alumni Universitas Budi Luhur. 

    Pemuda kelahiran 1993 ini pernah menjuarai beberapa kejuaraan nasional mulai dari Indospeed Race Series, Indoclub Championship, Yamaha Sunday Race, Honda CBR Race Day, Kawasaki Racing Academy Race dan lain-lain.  

    Hasil Test Cukup Memuaskan Meski Tak Sampai Tuntas

    Didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt, baterai 48 Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere, secara spesifikasi motor BL-SEV01  memiliki tenaga maksimal mencapai 16 kW. Baterai motor akan terisi secara penuh dalam waktu 4 jam proses pengisian daya. 

    Di trek lurus sepanjang 900 meter, motor listrik kebanggaan Universitas Budi Luhur ini berhasil mencatatkan top speed hingga 100 km/jam. Walaupun pada akhirnya mengalami kendala teknis. 

    BL-SEV01 harus masuk ke paddock pit setelah gear set yang digunakan rontok saat memasuki tikungan S kecil Sirkuit Sentul. 

    “Saat kita evaluasi, ternyata permasalahan terjadi di gear set depan pada rantai yang giginya habis karena di push secara maksimal. Tapi kita tetap bersyukur karena bukan motor listrik dan baterainya yang bermasalah dan tetap berada dalam kondisi normal. Jadi untuk pengetesan pertama ini kami akhiri dahulu untuk kita evaluasi. Kita akan lanjut untuk tes kedua tetap di Sirkuit Sentul,” tambah Jono.

    Kasih Hanggoro, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti hadir dan melihat langsung pengetesan pertama BL-SEV01 ini. Secara keseluruhan ia merasa puas dan sangat senang civitas Universitas Budi Luhur serius dalam pengembangan teknologi sepeda motor listrik di Indonesia. 

    “Pengetesan pertama ini cukup memuaskan dan kita akan melakukan pengujian motor listrik BL-SEV01 sampai maksimal di lintasan balap. Akan ada pengetesan kedua di Sirkuit Sentul dengan sepeda motor yang sudah dikembangkan lebih baik lagi. Saya akan support terus pengembangan motor listrik BL-SEV01 sebagai karya anak bangsa yang dikerjakan langsung oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Budi Luhur serta bekerjasama dengan LIPI,” ujarnya. 

    Sementara itu, Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M juga menyambut baik aktivitas pengetesan perdana BL-SEV01 dan menyebut uji coba yang dilakukan ini menjadi langkah nyata dari Universitas Budi Luhur bagi dunia pendidikan Indonesia dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

    “Saya sangat bangga dengan tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur dengan terciptanya motor listrik BL-SEV01. Pengetesan pertama ini top speed-nya sudah mencapai 100 kilometer per jam, dan harapan masih bisa dilakukan peningkatan performa di pengaturan kedua. Saya mendukung penuh motor listrik BL-SEV01 sampai maksimal, serta untuk penelitian dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur,” pungkasnya.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here