Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    MotorMotor Listrik Kymco RevoNEX Bakal Diseting Punya Suara Garang?

    Motor Listrik Kymco RevoNEX Bakal Diseting Punya Suara Garang?

    Ada yang menarik di pameran motor terbesar dunia, EICMA 2019 yang berlangsung di kota Milan, Italia. Merek sepeda motor asal Taiwan, Kymco merilis video teaser motor listrik konsepnya yang bernama RevoNEX.

    Karakter motor sport menempel kuat di RevoNEX. Ada ban ukuran besar serta tangki besar di bagian depan yang disinyalir menjadi tempat dudukan baterai sebagai sumber tenaga penggerak motor elektrik. 

    Informasi yang beredar terkait motor bar Kymco ini masih sangat terbatas. Tapi dengan penamaan RevoNEX, mungkin ini menjadi line up baru di keluarga NEX Kymco listrik yang sebelumnya sudah hadir dengan SuperNEX. Meski konsepnya hampir mirip.

    Sebagai informasi, Kymco SuperNEX merupakan motor sport listrik yang punya performa luar biasa. Dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 2,9 detik. Sementara untuk posisi 0-250 km/jam bisa diraih dalam waktu 10,9 detik, wow.

    Kymco SuperNEX, motor listrik konsep yang sudah diperkenalkan di ajang EICMA 2018 (Sumber: Visordown)

    Yang menarik mungkin apa yang disematkan di motor listrik Kymco ini. Besar kemungkinan Kymco RevoNEX dilengkapi perangkat Motor Acoustic Active Motor sama seperti di SuperNEX yang melantai tahun lalu.

    Memang sudah menjadi isu global bahwa satu-satunya kekurangan dari kendaraan listrik terletak pada minimnya suara mesin yang disebut berpotensi membawa celaka bagi pengguna jalan lainnya, termasuk pejalan kaki.

    “Pengendara perlu merasakan hubungan emosional dengan sepeda motornya. Dan suara adalah sumber paling penting dari keterlibatan emosional dengan sepeda motor model sport,” jelas perwakilan Kymco kala debut SuperNEX tahun lalu dilansir dari VisorDown beberapa hari yang lalu. 

    Motor ini (SuperNEX) memiliki generator akustik multi-frekuensi yang merekonstruksi suara dinamis motor dengan keaslian yang luar biasa,

    “Suara baik itu vrooming, raungan, gemuruh, atau teriakan, di motor sport punya karakter berbeda dalam nada, intensitas, tekstur, dan pengiriman. Ini bukan sekadar suara saja, tapi sudah menjadi bentuk deklarasi dari masing-masing pemilik motor.”  

    Active Acoustic Motor yang dibenamkan di model listrik Kymco diharapkan bukan sebagai penanda eksistensi motor terhadap lingkungan sekitarnya, tetapi juga untuk jiwa pengendara,” pungkas perwakilan perusahaan Kymco.

    Melihat dari produk sebelumnya, Kymco punya panel instrumen yang dinamai Full Engagement Performance (FEP) yang berfungsi untuk memaksimalkan suplai tenaga ke bagian roda penggerak belakang. 

    Sekilas memang terlihat bila RevoNEX menjadi model konsep yang sudah sangat siap untuk diproduksi. Melihat bentuknya, besar kemungkinan inilah versi SuperNEX yang sudah siap masuk ke line produksi. Mungkin saja…. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here