Senin, Agustus 8, 2022
More
    MotorRakata NX3 dan NX8 Motor Listrik Terbaru Hadir di PEVS 2022

    Rakata NX3 dan NX8 Motor Listrik Terbaru Hadir di PEVS 2022

    Pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2022 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada 22-31 Juli 2022 jadi momentum khusus untuk produsen motor listrik, Rakata Motorcycle, agar lebih dikenal masyarakat.

    Untuk pertama kalinya berpartisipasi di event pameran kendaraan listrik berskala nasional, PT Artas Rakata Indonesia selaku produsen Rakata Motorcycle, turut meluncurkan dua produknya yaitu Rakata NX3 dan NX8.

    Menurut General Manager PT Artas Rakata Indonesia Fitrian Djovani, kehadiran Rakata RX3 dan NX8 menjawab kebutuhan konsumen yang menginginkan motor listrik cepat dan sanggup menempuh jarak jauh.

    “Rakata NX8 dan NX3 akan segera dipasarkan, dan akan turut meramaikan market motor listrik,” ungkap Fitrian saat di PEVS 2022.

    Fitrian menyatakan, kedua motor listrik yang diluncurkan merupakan hasil riset, dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Tanah Air.

    “Cocok dengan lingkungan Jakarta, ya seperti ini,” ujar Fitrian.

    Spesifikasi Rakata NX3 dan Rakata NX8

    Rakata NX3 dan Rakata NX8
    Rakata NX3 dan NX8 hadir di pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2022 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada 22-31 Juli 2022.

    Rakata NX3

    Rakata NX3 merupakan motor listrik bergaya skuter maxi dengan body bongsor. Bentuk yang besar ini sekilas bisa jadi pesaing Yamaha NMax. Hanya saja, NMax masih bermesin bensin.

    Motor listrik Rakata NX3 yang memiliki dimensi panjang 1.930 mm, lebar 800 mm, dan tinggi 1.320 mm, mempunyai wajah depan sporty dan gahar. Hal ini terlihat dari garis-garis yang tegas sehingga terkesan berotot.

    Selain itu, tampilan motor ini juga cukup kekinian, karena didukung pencahayaan sudah menggunakan lampu-lampu LED. Termasuk layar panel instrumen yang memperlihat informasi, mulai dari kapasitas baterai, kecepatan dan lainnya.

    Rakata NX3
    Rakata NX3

    Untuk memberikan kenyamanan, Rakata NX3 sudah menggunakan suspensi teleskopik dan dipasang velg berukuran 12 inci yang dibalut ban tubeless 120/70, ditambah sistem pengereman menggunakan disk brake.

    Performa motor ini disokong baterai Removable Lithium Ion 72V 26Ah, dan motor 2.000 W BLDC pada bagian belakang.

    Di atas kertas, sekali pengecasan motor sampai penuhi mampu menempuh jarak hingga 80 km, dengan kecepatan antara 70 – 80 Km per jam.

    Motor listrik ini juga diklaim mampu melaju di kondisi jalan menanjak dengan sudut kemiringan 30 derajat.

    Rakata NX8

    Rakata NX3 dan NX8 hadir di pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2022 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada 22-31 Juli 2022.
    Rakata NX8 hadir di pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2022 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada 22-31 Juli 2022.

    Berbeda dengan Rakata NX3 yang jadi model skuter, untuk Rakata NX8 ini memiliki desain motorsport. Bahkan motor ini terlihat memiliki tangki depan. Yang pasti, logam cembung di depan ini bukan untuk mengisi bensin ya!

    Segmen motor listrik bergaya sport sejatinya sudah ada beberapa brand yang membuatnya. Bahkan sebelumnya ada juga  Energica dan Zero. Hanya saja keduanya harganya cukup mahal.

    Rakata NX8 yang memiliki dimensi panjang 2.040 mm, lebar 815 mm, dan tinggi 1.040 mm terlihat gagah berkat desainnya.

    Secara tampang, Rakata NX8 memiliki tampilan wajah depan yang dilengkapi cangkang lampu utama bulat seperti model jadul, namun sudah mengusung teknologi LED untuk pencahayaan.

    Motor ini juga memiliki layar instrument LCD untuk membaca indikator informasi, terkait baterai, kecepatan dan lainnya.

    Rakata NX8 sudah menggunakan velg berukuran 17 inci, yang dibalut ban 110/70 pada bagian depan, dan 140/70 di bagian belakang.

    Untuk performa mesin, Rakata NX8 disematkan mesin built-in baterai Lithium-ion 72V 50Ah, ditambah motor 2.000 BLCDC.

    Di atas kertas, sekali pengecasan hingga penuh, baterai tersebut bakal melaju hingga jarak tempuh 100 km dan kecepatan maksimalnya 80 km per jam, serta sanggup menanjak dengan sudut kemiringan 30 derajat.

    Harga

    Menyoal harga, Rakata NX3 dijual Rp 41,1 juta, sedangkan Rakata NX8 dibanderol Rp 54,75 juta. Kedua harga ini dijual dengan status on the road Jakarta. 

    Oia, selama pameran PEVS 2022, khusus untuk 50 pemesan pertama berhak mendapatkan bonus eksklusif berupa potongan harga, di luar bonus spesial.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here