Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaMotor Trail Rakitan Karawang Mulai Digemari di Luar Negeri

    Motor Trail Rakitan Karawang Mulai Digemari di Luar Negeri

    Sejak meluncur pada 2017, Honda CRF150L memang cukup menarik perhatian. Hal ini karena para motor trail mulai beragam, dan itu dimanfaatkan Honda sebagai pemimpin pasar roda dua di Indonesia.

    Namun ternyata, motor yang mengusung konsep adventure itu tak hanya laku di pasar otomotif nasional, melainkan juga dilirik pasar ekspor.

    Bahkan berdasarkan keterangan tertulis Honda, pada Agustus 2019 lalu, PT Astra Honda Motor mencatat sebanyak 1.160 unit trail Honda CRF150L terjual di luar negeri atau melonjak naik 71 persen dari periode yang sama di 2018 yang hanya tercatat 680 unit.

    Menurut General Manager Overseas Business Division PT AHM Kurniawati Slamet, Honda memiliki komitmen untuk terus meningkatkan volume ekspor sepeda motor Honda di setiap bulan. 

    “Kami senantiasa berupaya untuk menghasilkan produk sepeda motor yang memiliki kualitas terbaik berstandar global. Kami optimis hingga akhir tahun ekspor unit dan komponen sepeda motor Honda akan meningkat,” ungkap Kurniawati.

    Di Indonesia, motor dengan konsep trail memang sedang digandrungi. Pasalnya, jika mereka bosan dengan ban tau, maka ban motor diganti dengan ban aspal, sehingga menjadi supermoto.

    Ekspor Honda

    Nah, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) pada Agustus 2019, ekspor motor secara nasional dalam kondisi utuh atau Completely Built Up (CBU) tercatat sebanyak 81.497 unit. Sedangkan sepeda motor Honda berkontribusi untuk pasar ekspor mencapai 37 persen atau 30.342 unit.

    Kontribusi ekspor sepeda motor Honda terbanyak dalam kondisi CBU pada Agustus 2019 berasal dari segmen skutik yaitu 28.893 unit, diikuti segmen sport sebanyak 1.329 unit, dan segmen motor bebek 120 unit.

    Adapun dari sisi tipe, kontribusi ekspor terbanyak berasal dari Honda Vario series sebanyak 15.792 unit. Pada bulan yang sama, AHM pun melakukan ekspor motor CKD Honda yang tercatat sebanyak 33.080 set.

    Sementara itu, selama periode Januari-Agustus 2019, AHM telah mengirimkan 180.422 unit sepeda motor Honda dalam bentuk CBU dan 189.500 set dalam bentuk CKD. Ekspor unit motor dalam bentuk CBU tersebut didistribusikan ke beberapa negara seperti Filipina dan Bangladesh. 

    Sementara itu, ekspor motor Honda secara terurai (CKD/Completely Knocked Down) memiliki beberapa negara tujuan yaitu Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Kamboja.

    Mau cari motor trail Honda CRF150L bekas, bisa lihat di sini. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here