Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    TipsMumpung Libur Panjang, Yuk Cek Kondisi Mobil Sendiri di Rumah

    Mumpung Libur Panjang, Yuk Cek Kondisi Mobil Sendiri di Rumah

    Cuti bersama dan libur perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW mulai 28 Oktober-1 November 2010 disarankan tidak melakukan bepergian. Hal ini untuk menghindari penyebaran Covid-19 di Indonesia yang belum mereda. 

    Adapun libur panjang selama lima hari ini, bisa juga kok kita mengisi waktu dengan maksimal di rumah. Termasuk melakukan perawatan mobil, karena selama ini selalu kita gunakan untuk menunjang mobilitas. 

    Dilansir Auto2000, ada beberapa hal bisa dilakukan dalam merawat mobil sendiri, yang notabene nya cukup mudah dilakukan. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya:

    1. Cuci Mobil

    Selagi ada waktu, bisa mencuci mobil sekaligus olahraga bersama keluarga.  Sebaiknya tidak mencuci di bawah terik sinar matahari atau di bawah pohon rindang. 

    Untuk peralatan yang dibutuhkan seperti sampo mobil, sikat plastik, kain lap dan kain microfiber. Jangan lupa untuk membersihkan seluruh bagian mobil termasuk kabin dan bagasi.

    2. Cek Ban Mobil

    Sekarang mulai masuk musim hujan dan merupakan momen yang tepat untuk memeriksa kondisi ban mengingat tugasnya yang penting di jalan. Sembari dibersihkan, pastikan seluruh ban dalam kondisi prima dengan mengecek tekanan angin serta kondisi telapak dan dinding ban. 

    Periksa kondisi ban cadangan yang sering terlupakan karena posisinya di kolong mobil. Jika memang aus cobalah ganti ban.

    3. Periksa Oli Mesin

    Sama seperti darah di tubuh manusia, oli mesin punya fungsi penting menjaga stamina mesin mobil. Perhatikan kapan terakhir ganti oli mesin. Segera ganti oli mesin bila ternyata waktu pemakaian atau jarak tempuh telah melewati batas yang ditentukan. 

    Selagi membuka kap mesin, periksa pula kondisi air radiator, minyak rem, air aki, serta cairan pembersih kaca mobil. Tambah kalau kurang dan ganti jika sudah waktunya diganti.

    4. Cek Kolong Mobil

    Karena sudah dicuci, kolong mobil yang bersih membuat mudah memeriksanya. Perhatikan jika ada rembesan oli atau cairan lainnya di bawah mesin. 

    Periksa pula kondisi kaki-kaki, baik depan maupun belakang. Perhatikan jika ada karet yang pecah atau sudah getas. Coba gerakkan dengan tangan bagian mekanis yang berkaitan dengan setir atau suspensi.

    5. Inspeksi Bodi Mobil

    Kalau ada bodi mobil yang penyok atau rusak, untuk mobil-mobil Toyota bisa membawa mobil ke fasilitas body repair Auto2000 untuk diperbaiki. Dan melakukan booking layanan perbaikan bodi mobil lewat Auto2000.co.id.

    Nah, segitu dulu ya tips liburan kali ini. Terima Kasih!

     

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here