Kamis, September 29, 2022
More
    GIIAS 2022New Mitsubishi Xpander Cross Ada Fitur AYC Seperti di Lancer Evo, Ini...

    New Mitsubishi Xpander Cross Ada Fitur AYC Seperti di Lancer Evo, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya?

    Mitsubishi Xpander Cross terbaru cukup menyedot perhatian pengunjung pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Ya, ini karena ubahan yang diberikan dianggap cukup pas, sehingga sangat berbeda dengan tipe sebelumnya.

    Hal ini juga disampaikan pengunjung bernama Ario yang datang ke GIIAS 2022 bersama sang istri.

    “Untuk secara keseluruhan saya suka dengan model sekarang, baik eksterior maupun interior,” ungkap Ario.

    Demikian juga dengan Taufan yang juga datang dari Jakarta. Dirinya sengaja ingin datang ke GIIAS 2022, karena selain melihat banyak mobil yang di pajang, dia ingin melihat lebih dekat Xpander Cross terbaru.

    “Mau lihat langsung seberapa besar ubahannya (Xpander Cross terbaru). Saya sendiri suka bagian eksteriornya,” ucap.

    Nah, di luar pendapat pengunjung perihal penyegaran secara visual, ternyata Mitsubishi Xpander Cross ada penambahan fitur yang tak kasat mata, namun sangat bermanfaat, yaitu Active Yaw Control atau AYC.

    Konon, fitur AYC ini bukanlah barang baru, melainkan sudah diterapkan pada mobil Mitsubishi lain, termasuk Lancer Evo. Mau tahu soal AYC, yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

    Fitur AYC pada Mitsubishi Xpander dimata Rifat Sungkar

    Mitsubishi Xpander Cross tes drive

    Di atas kertas, AYC merupakan bagian dari fitur keselamatan. Fitur ini diklaim dapat meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin.

    Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

    Fitur ini akan lebih maksimal berkat kerja sama dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC). Dengan adanya bantuan ini maka fitur ini tidak hanya untuk keselamatan dan keamanan, tapi memberikan rasa nyaman saat berkendara di berbagai cuaca serta kondisi jalan tak menentu.

    Keberadaan fitur AYC, menurut Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia merupakan sistem keamanan yang naik kasta atau berjenjang.

    “Jadi biasanya (mobil) entry level pasti ada rem ABS, kemudian ada TC (Traction Control) atau ASC. Nah, untuk kelas atasnya ada AYC, yang kita punya di mobil Mitsubishi,” ujarnya.

    Kata Rifat, fitur AYC beroperasi berkat keberadaan fitur ASC, dimana jika mobil terasa selip, maka putaran mesin akan berkurang. Tapi ketika mobil sudah berada di jalurnya maka mobil pasti akan terus melaju kencang, dan itu tandanya AYC bekerja.

    Fitur AYC sendiri, lanjut Rifat, bisa beroperasi dengan cepat karena ada empat variabel yang bekerja secara bersamaan, yaitu Wheel Speed sensor, Steering Angle, putaran mesin dan rem.

    “Empat-empatnya kerja bareng. Ini advanced sekali, setiap ASC mobil bekerja, pasti mobil kecepatannya lebih pelan, setelah itu dia akan berpikir lama setelah gripnya. Begitu dengan AYC, kecepatan akan disesuaikan dengan putaran mesin, putaran palang kemudi. Mobil ini akan menjaga momentum, kecepatan dalam setiap kondisi,” ujarnya.

    Warna dan Harga

    Jika OLXers ingin memiliki New Xpander Cross, maka ada lima pilihan warna yang bisa dipilih, yaitu Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver Metallic, Graphite Gray Metallic, dan warna baru Green Bronze Metallic.

    Mitsubishi Xpander Cross terbaru ada dua pilihan transmisi yaitu CVT Premium Package dan Manual Transmission (MT).

    Adapun untuk tipe CVT Premium Package dibanderol Rp 335.750.000, dan Manual Transmission (MT) dijual Rp 309.950.000. Kedua harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here