Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaNew Mitsubishi Xpander Dimata Rifat Sungkar dan Sang Ahli

    New Mitsubishi Xpander Dimata Rifat Sungkar dan Sang Ahli

    Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross jadi salah satu magnet di ajang Gaikindo Indonesia International Autos Show (GIIAS) 2021 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten, 11-21 November 2021.

    Ya, ini tak lepas dari ubahan minor dari Xpander yang dilakukan oleh PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen pemegang merek Mitsubishi di Tanah Air di pameran tersebut. Bahkan Mitsubishi pun menyebutkan, bahwa Xpander terbaru dilengkapi dengan fitur-fitur mewah sebagai partner terpercaya untuk Ride the Life Adventure 

    Perlu diperhatikan, kehadiran New Xpander dan New Xpander Cross memang diklaim lebih memanjakan konsumen. Namun sebelum dipasarkan, pereli nasional sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar, sempat menjajal performa mobil penantang Avanza-Xenia.

    “Kemarin saya sempat mencoba beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan. Yang sangat berasa adalah saat RPM antara 3.000-3.500. Di situ seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali, lancar sekali dan seketika tenaganya akan selalu ada,” ungkap Rifat.

    Maka dari itu, Rifat mengaku saat mengemudi New Xpander performnya terasa berbeda jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

    “Kick down memang ada, tapi dipertahankan di RPM tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta,” ucapnya.

    Demikian pula penggunaan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) yang jadi hal baru pada New Xpander. Rifat mengatakan, mengendarai dengan transmisi CVT treatmentnya sangat berbeda dengan transmisi matik biasa.

    “Jujur saja sensasinya berkendara sangat berbeda, karena konsentrasi (Xpander transmisi CVT) untuk mendapatkan efisiensi berkendara yang baik dan ramah lingkungan,” katanya.

    Selain itu, kata Rifat, teknologi transmisi CVT kini jadi sebuah hal wajib di zaman sekarang, karena transmisi ini friksi yang terjadi di dalam komponen sangat sedikit dibandingkan transmisi matik.

    “Dengan friksi yang sedikit, mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan,” ujar Rifat.

    Menyoal efisiensi bahan bakar, pada dasarnya dipengaruhi gaya masing-masing si pengemudi dan juga kondisi jalan yang dilalui.

    Ubahan mesin menurut Mitsubishi

    New Mitsubishi Xpander mesin

    Terkait soal mesin yang sudah disetel ulang pada New Mitsubishi Xpander, membuat General Manager Product Strategy Division PT MMKSI Guntur Harling angkat bicara.

    Kata dia, meski menggunakan basic engine yang sama yaitu mesin 1.5 liter, namun New Xpander sudah dilengkapi dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR).

    “Keberadaan EGR bisa memberikan efisiensi (penggunaan bahan bakar minyak/ BBM) yang maksimal dan tingkat emisi yang baik,” ungkap Guntur saat acara video virtual bersama awak media.

    Guntur menyatakan, berkat EGR, maka Mitsubishi ikut mendukung regulasi pemerintah dalam menekan emisi gas buang pada sebuah kendaraan.

    Maka dari itu, lanjut Guntur, MMKSI sangat optimis New Xpander dan New Xpander Cross akan mendapatkan hasil maksimal terkait dengan pengujian emisi gas buang.

    “Sesuai dengan regulasi pemerintah pastinya kita selalu mengikuti yang disampaikan. Seluruh kendaraan harus diuji emisinya,” jelas Guntur.

    Kata Guntur, sampai saat ini seluruh tipe Xpander sudah dilakukan pengujian emisi CO2, dan Mitsubishi masih menunggu perpanjang uji emisi kembali.

    “Kami yakin New Xpander dan Xpander Cross dapat memberikan hasil yang optimum,” beber Guntur.

    Lebih jauh Guntur menyebutkan, New Xpander pada bagian mesinnya sudah melakukan reprogramming Electronic Control Unit (ECU), sehingga masalah yang ada pada model terdahulu kini sudah teratasi.

    Hal ini pun diakui General Manager of After Sales Division PT MMKSI, Boediarto. Menurutnya, ECU sudah di tuning ulang dan mendapatkan improvement cukup banyak.

    “Jadi, naik RPM-nya itu dibutuhkan supaya tidak mati karena ada beban yang mendadak dari load, baik transmisi maupun sistem electrical. Jadi supaya tidak drop atau mesin mati, maka dinaikkan RPM-nya,” sebut Boediarto.

    Spesifikasi mesin New Mitsubishi Xpander

    Sekadar informasi, terkait jantung pacu New Mitsubishi Xpander dan New Xpander Cross mengusung mesin MIVEC DOHC, 16 Valve, berkapasitas 1.5L dengan spesifikasi Euro4, yang menghasilkan daya 103,5 Tk pada 6.000 RPM, dan torsi 141 Nm pada 4.000 RPM.

    Tenaga tersebut disalurkan ke roda, melalui transmisi CVT delapan percepatan, sehingga akan jadi lebih minim hentakan saat dipacu dan akan berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar.

    Peningkatan kualitas juga dilakukan pada suspensi dan shock absorber dengan tuning terbaru, sehingga menghasilkan pengendalian dan stabilitas yang lebih nyaman untuk pengendaraan yang lebih stabil di jalan yang kasar.

    Harga Mitsubishi Xpander

    New Mitsubishi Xpander dijual mulai dari Rp 228,030.000 juta (dengan diskon PPnBM 100%). (Herdi Muhardi)

    Berikut rincian harga Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross:

    Mitsubishi New Xpander (tanpa diskon PPnBM 100%)

    • New Xpander GLS MT: Rp249.930.000
    • New Xpander GLS CVT: Rp259.570.000
    • New Xpander Exceed MT: Rp263.850.000
    • New Xpander Exceed CVT: Rp272.800.000
    • New Xpander Sport MT: Rp284.070.000
    • New Xpander Sport CVT: Rp297.370.000
    • New Xpander Ultimate CVT: Rp299.770.000

    Mitsubishi New Xpander (dengan diskon PPnBM 100%)

    • New Xpander GLS MT: Rp228.030.000
    • New Xpander GLS CVT: Rp236.490.000
    • New Xpander Exceed MT: Rp240.360.000
    • New Xpander Exceed CVT: Rp248.300.000
    • New Xpander Sport MT: Rp258.430.000
    • New Xpander Sport CVT: Rp270.440.000
    • New Xpander Ultimate CVT: Rp272.580.000

    Mitsubishi New Xpander Cross (tanpa diskon PPnBM 100%)

    • New Xpander Cross MT: Rp294.670.000
    • New Xpander Cross CVT: Rp309.170.000
    • New Xpander Premium Package: Rp320.270.000

    Mitsubishi New Xpander Cross dengan diskon PPnBM 100%

    • New Xpander Cross MT: Rp268.150.000
    • New Xpander Cross CVT: Rp281.000.000
    • New Xpander Premium Package: Rp 291.410.000

    Nah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru, nggak ada salahnya jual mobil lamamu di OLX Autos selama ajang GIIAS 2021. Adapun OLXer Anda juga bisa melakukan booking sekarang untuk bisa mendapatkan gift card hingga Rp 5 juta. Untuk yang ingin booking bisa klik DI SINI.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here